Cara Ini Bisa Membantu Kamu Mengubah Kebiasaan Buruk Terlambat

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 31 Desember 2019 21:51
Cara Ini Bisa Membantu Kamu Mengubah Kebiasaan Buruk Terlambat
Disiplin adalah salah satu sikap yang menjadi panutan dalam segala aktivitas, tetapi datang terlambat sering dilakukan. Berikut tips membantu kamu dalam mengubah kebiasaan buruk datang terlambat.

Siapa sih yang tidak pernah terlambat. Yap, meskipun itu hanya dalam kurun waktu 1 menit dalam jam yang telah ditentukan. Jika kamu masih memiliki kebiasan terlambat, maka kamu harus segera mengubahnya. Budaya terlambat mencerminkan sikap ketidakseriusan kamu dalam suatu pertemuan. Kamu dirasa tidak memiliki gairah yang baik dalam pertemuan dan hasil akhir yang mungkin akan didapatkan dari pertemuan tersebut.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan butuk terlambat.

1 dari 4 halaman

Manajemen Kalender

Manajemen Kalender © Diadona

Setiap kali kamu memiliki rencana kegiatan, pastikan untuk mencatatnya dalam kalender. Kamu bisa menambahkan setiap tanggal ke dalam tugas-tugas yang tidak jatuh tempo pada tanggal-tanggal dalam to-do-list. Ini berarti kamu dapat melihat langsung kapan kamu akan segera bergegas dan menyesuaikan semua kegiatan dalam porsi yang pas pada setiap pertemuan.

2 dari 4 halaman

Belajar Mengatakan Tidak

Katakan Tidak © Diadona

Dalam situasi tertentu, biasakan untuk berkata " tidak" pada kegiatan atau acara yang membuat kamu memiliki potensi datang terlambat dan tidak akan fokus disepanjang pertemuan. Alih-alih jika memang itu adalah kegiatan yang penting, tentunya kamu sudah memiliki porsi kedatangan kamu sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Beri Waktu Tambahan

Tambahan Waktu © Diadona

Yap, ini merupakan kebiasaan yang jarang dan bahkan mungkin sudah tidak kamu lakukan. Juka kamu memilki janji temu pukul 09.00, tentunya kamu harus berangkt pukul 08.30. Kamu bisa menyesuaikan dan memberikan prediksi jarak tempuh perjalanan menuju lokasi pertemuan.

4 dari 4 halaman

Jangan Takut untuk Memberikan Pemahaman pada Rekan yang Telat

Ilustrasi Memberikan Pemahaman © Diadona

Pada suatu pertemuan kamu berusaha melakukan manajemen waktu agar datang tepat waktu atau datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Tetapi di sisi lain, kamu memiliki rekan kerja yang melanggar aturan kedatangan. Jangan pernah kompromi di sini. Meskipun orang yang menjadi rekan kerja kamu adalah orang dengan posisi di atas kamu, beri pemahaman kepadanya. Kamu berkomitmen untuk berada di suatu tempat pada waktu tertentu. Kamu memeriksa kalender kamu, kamu tahu kapan kamu membuat komitmen tentang rapat dan karenanya, kamu memiliki kewajiban untuk menindaklanjuti dengan komitmen kamu, yang sebagian waktunya tepat waktu.

Budaya terlambat itu memang tidak baik. Hal ini mencerminkan bahwa kamu tidak kompeten dalam menjalankan kegiatan dan aktivitas kamu. Sudah terbayang bagaimana kamu akan mengubah kebiasaan terlambat kamu? Bagaimana pengalaman terlambat yang pernah kamu alami? Share jawaban kamu di koiolom komentar ya!

Beri Komentar