Buktikan Kemampuannya di Tingkat Global, Ini 7 Lagu BTS yang Pernah Masuk Billboard

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 6 Oktober 2020 14:21
Buktikan Kemampuannya di Tingkat Global, Ini 7 Lagu BTS yang Pernah Masuk Billboard
Nggak cuma satu atau dua, tapi sampai 8 lagu BTS yang sudah tembus Billboard!

Nama BTS memang sudah sangat ramai menjadi topik perbincangan publik, bahkan sampai di tingkat global. Tentu saja pencapain besar BTS ini nggak lepas dari usaha RM cs mewujudkan mimpi mereka ditambah dukungan tim produksi dan Army.

Hal ini membuahkan hasil yang mana lagu-lagu BTS pernah masuk Billboard Hot 100. Kalau sebelumnya hanya ada beberapa musisi KPop yang berhasil menembus chart Billboard, seperti PSY, CL dan Wonder Girls, kali ini BTS berhasil bertengger di chart bergengsi tersebut dengan 8 lagu.

Chart Billboard sendiri dihitung berdasarkan jumlah layanan streaming, penjualan pengunduhan lagu dan pemutaran di radio. Kita ulik yuk apa saja lagu BTS yang pernah masuk Billboard!

1 dari 7 halaman

BTS - DNA


Lagu BTS berjudul DNA ini menjadi debutnya mereka masuk di Billboard Hot 100 yang mana menempati posisi 85. Saat itu, pencapaian BTS ini sampai jadi trending topik dunia di Twitter loh! DNA sendiri bercerita tentang cinta pada pandangan pertama.

Dari catatan Billboard, lagu DNA ini sudah diputar sebanyak 5,3 juta kali di Amerika Serikat pada minggu pertamanya rilis di situs streaming. Sedangkan jumlah pengunduhannya sampai 14 ribu loh guys!

2 dari 7 halaman

BTS - Fake Love


Kalau tadi ada DNA yang vibes-nya happy, kali ini BTS membawakan lagu tentang keberadaan seseorang dengan cinta palsu. Lagu Fake Love ini title track dari full lenght album ketiga mereka, Love Yourself: Taer pada Juni 2018 lalu.

Fake Love menjadi lagu Billboard mon-Inggris ke-17 yang sukses nangkring di urutan 10 besar Chart Billboard Hot 100, wow daebak! Lagu ini juga yang membuat BTS meraih posisi puncak di chart Digital Song Sales pertama kalinya dengan penjualan sebanyak 29 ribu unduhan untuk minggu pertama doang.

3 dari 7 halaman

BTS feat Halsey - Boy With Luv


Keluar dari zona nyaman, BTS juga pernah kolaborasi dengan artis mancanegara, seperti Halsey. Di lagu Boy with Luv ini BTS berhasil mematahkan lagunya sendiri, Fake Love yang berhasil bertengger di posisi ke-8 pada 27 April 2019.

Lagu title track dari mini album keenam BTS. Map of The Soul: persona ini membuat mereka jadi idol KPop pertama yang meraih peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 loh! Boy with Luv juga dapat sertifikasi platinum nih dari RIAA (RIAA).

MV Boy with Luv juga memecahkan rekor musik video paling banyak ditonton dalam 24 jam, yaitu lebih dari 74,6 juta kali sejak dirilis. Keren banget emang boy group asuhan BigHit Entertainment ini.

4 dari 7 halaman

BTS feat Nicky Minaj - IDOL


Kalau tadi bareng Halsey, kali ini BTS menggandeng Nicky Minaj lewat lagu Idol. Nicky Minaj. Kali ini BTS dan Nicky membawakan lagu berjudul Idol yang langsung berhasil menempati posisi 11 pada September 2019. Keren banget kan?

Menurut Billboard, Idol punya BTS ini berhasil menduduki puncak chart Digital Song Sales setelah minggu pertama dirilisnya lagu tersebut. Jumlah pengunduhan lagunya mencapai angka 43 ribu guys! Bahkan lagu ini juga mendapat sertifikasi emas dari RIAA.

5 dari 7 halaman

BTS feat Lauv - Make It Right


Kolaborasi lagi bareng artis mancanegara, kali ini BTS dan Lauv merilis lagu Make It Right yang merupakan n-side dari album Map of The Soul: Persona. Kerennya nggak sampai kolaborasi sama Lauv aja guys, tapi lagu ini juga diproduseri langsung sama Ed Sheeran loh!

Make It Right berhasil menempati posisi ke-76 di Billboard Hot 100 pada 2 November 2019. Lagu ini sendiri menggambarkan tentang cinta seseorang untuk dia yang sudah mempercayai kita dari awal. Seperti penggambaran BTS dan Army gitu guys.

6 dari 7 halaman

BTS - Mic Drop (Steve Aoki Remix) ft. Desiigner


Meski bukan title track dari album BTS yaitu Love Yourself: Answer, lagu ini punya keistimewaannya sendiri guys. RM bilang, Mic Drop terinspirasi dari Barac Obama yang pernah menjatuhkan mikrofonnya di penghujung acara perjamuan makan malam di Gedung Putih.

Sementara itu, liriknya sendiri memang menggambarkan kepercayaan diri mereka. Mic Drop juga tentang bagaimana BTS menghadapi para haters. Mantap banget deh pokoknya! Menurut Nielsen Music, di Amerika sana Mic Drop versi remix sudah diputar sebanyak 9,8 juta kali dengan pengunduhan sebanyak 45 ribu!

7 dari 7 halaman

BTS - Black Swan


Kalau lagu terbaru BTS yang dirilis awal tahun 2020 ini merupakan bentuk eksplorasi BTS sebagai seniman. MV-nya sendiri menampilkan MN Dance Company asal Slovenia loh! Hal ini terinspirasi dari Martha Graham, seorang penari dan koreografer modern yang legendaris di Amerika.

Meski lagu Black Swan cenderung kelam, namun melodi hits dan uniknya berhasil membawa nama BTS di peringkat ke-56 pada 1 Februari 2020. Videonya keren, lagunya pun candu buat didengerin dan masuk playlist favorit.

Kalau itu tadi 7 lagu BTS yang pernah masuk Billboard, mana nih yang jadi favoritmu?

Beri Komentar