Bocah Ini Rela Kerja Cari Rongsokan agar Bisa Terus Sekolah, Bikin Salut

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 4 Maret 2022 08:27
Bocah Ini Rela Kerja Cari Rongsokan agar Bisa Terus Sekolah, Bikin Salut
Gigih sekali perjuangannya. Simaknya kisahnya berikut ini.

Setiap orang pasti mempunyai perjuangan sendiri dalam menjalani hidup. Ada orang yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Ada juga yang bekerja keras untuk menggapai cita-citanya. Bahkan ada juga yang bekerja demi bertahan hidup.

1 dari 5 halaman

Bocah Bernama Andhika © Diadona

Begitu pula yang dialami oleh seorang bocah bernama Andhika. Ia masih sekolah dan memiliki cita-cita yang tinggi. Namun, Andhika bisa dibilang memiliki keterbatasan ekonomi.

Andhika rela ikut mencari uang dengan bekerja mencari rongsokan. Setiap hari ia membawa karung, berjalan kaki panas-panasan tanpa mengenakan alas kaki. Ia berharap karungnya penuh dengan rongsokan.

2 dari 5 halaman

Andhika mengatakan bahwa 1 kilo karing rongsokan saja itu hanya mendapatkan 15 ribu. Namun, pendapatnya tersebut belum tentu. Karungnya belum tentu bisa penuh.

" Upah yang aku dapetin ga nentu. Gimana banyaknya rongsok aja. Kalo bisa dapet 1 kilo rongsok upahnya gede kak. Aku dapet 15 ribu. Tapi susah dapetnya."

 

3 dari 5 halaman

Bocah Bernama Andhika © Diadona

Dhika rela bekerja begitu untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Misalnya aja Dhika ingin membeli sepatu yang sudah tidak layak pakai lagi, serta seragamnya juga.

" Aku ingin beli seragam sama sepatu. Soalnya udah sobek dimana-mana, sepatunya juga sudah kecil jadi kalo dilepas nanti kakinya lecet-lecet. Semoga celenganku cepat penuh dan banyak isinya biar bisa beli sepatu."

 

4 dari 5 halaman

Ia bekerja seperti itu juga kasihan dengan orangtuanya. Sang ayah bekerja serabutan. Upahnya tidak nentu. Kadang berbulan-bulan baru upah.

" Kasihan ayah. Tiap hari, nyari kerjaan tapi seringnya ga dapet atau upahnya cuma cukup buat beli makan. Ayah suka minta maaf ke aku belum bisa ngasih uang jajan. Aku ga apa-apa karena ayah udah berusaha buat bekerja."

 

Beri Komentar