Bikin Hati Terenyuh, Mahasiswa IAIN Purwokerto Ini Wisuda di Samping Makam Ayahnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 25 November 2020 15:03
Bikin Hati Terenyuh, Mahasiswa IAIN Purwokerto Ini Wisuda di Samping Makam Ayahnya
Mahasiswa ini berharap ayahnya bisa ikut bangga meliatnya jadi sarjana.

Momen wisuda virtual di masa pandemi virus Corona atau COVID-19 menjadi momen spesial bersama keluarga di rumah. Namun, Mochamad Nadif Nasrulloh (23) memilih wisuda virtual di depan makam sang ayah.

Momen wisuda Nadif di area pemakaman membuat terenyuh. Beralaskan matras, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto itu duduk di depan laptop dan ponsel miliknya. Dia pun tampak khidmat mengikuti prosesi wisuda meski di areal pemakaman yang berjarak sekitar satu kilometer dari rumahnya. Nadif pun tampak ditemani seorang temannya yang membantunya memindahkan kuncir toga.

1 dari 2 halaman

Mahasiswa IAIN Purwokerto Wisuda Online di Makam Ayahnya © Diadona

Usai mengikuti wisuda, warga Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan Banjarnegara itu juga sempat membersihkan areal makam ayahnya, almarhum Ali Maksum. Anak bungsu dari 16 bersaudara itu juga terlihat mendoakan bapaknya sebelum pergi meninggalkan makam.

" Harusnya ibu saya juga menemani disini (makam). Tetapi karena jalannya susah, akhirnya menunggu di rumah saja," ujar Nadif.

2 dari 2 halaman

Mahasiswa IAIN Purwokerto Wisuda Online di Makam Ayahnya © Diadona

Dilansir dari laman Detik.com, Nadif bercerita ayahnya meninggal di usia 66 tahun. Almarhum ayahnya itu meninggal setahun lalu, kepergiannya pun terbilang mendadak.

" Bapak meninggal November tahun lalu. Jadi ini pas satu tahun meninggalnya Bapak. Meninggalnya mendadak bukan karena sakit-sakitan," terangnya.

Dia pun berharap ayahnya bisa turut merasakan kebahagiaannya lulus dari jurusan hukum ekonomi syariah di IAIN Purwokerto.

" Semoga bapak bisa bangga dan bisa merasakan anak terakhirnya bisa menjadi kebanggaan keluarga," harap Nadif.

Seperti harapan Nadzif, semoga ayahnya di sana bisa ikut bangga melihatnya menjadi sarjana. Amin~

Beri Komentar