Bayinya Terkena TBC, Ibu Ini Ingatkan Agar Jangan Sembarangan Cium Anak Orang

Reporter : Nasa
Minggu, 11 April 2021 09:06
Bayinya Terkena TBC, Ibu Ini Ingatkan Agar Jangan Sembarangan Cium Anak Orang
Bagaimana kronologinya?

Seorang ibu bernama Rima Amalia membagkan pengalaman pilunya, saat bayinya harus berjuang melawan Tuberkulosis (TB/TBC). Adalah Terra, bayi perempuan berusia 1 tahun yang didiagnosa terkena TBC oleh dokter.

Lewat video Tiktok yang diunggahnya di Tiktok belum lama ini, Rima Amalia mengisahkan bayinya yang kemungkinan terpapar TBC karena dicium oleh orang lain. Asumsi tersebut muncul berdasar keterangan dari dokter, yang menyebut lingkungannya miliki angka kasus TBC cukup tinggi.

1 dari 2 halaman

Jelaskan Soal Tetangga yang Ramah

@terrazayn

Peringatan buat semuanya. Waspada anak stunting. yuk bisa yuk bun!. #stunting #fyp #foryourpage #tiktokpintar #tiktoksamasamabelajar

? Bahasa Kalbu - Raisa & Andi Rianto

Menurut info dari laman Detik, Minggu (11/4/2021), Rima Amalia menyebut bahwa tetangga-tetangganya memang sangat ramah. Mereka suka terhadap anak kecil, bahkan juga suka berinteraksi secara langsung atau bahkan secara fisik.

" Di rumah saya tetangganya ramah-ramah. Saking ramahnya ya mungkin itu jadi suka cium-cium dan pegang anak orang," kata Rima seperti dikutip dari laman Detik.com, Minggu (11/4/2021).

" Saya bukan nyalahin orang ya. Cuma memang menurut dokter anak yang periksa anak saya, cium itu salah satu media penyebaran bakteri yang paling umum pada anak-anak," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Mulai Didiagnosis TBC Pada 2020

Ilustrasi Bayi Menangis © Diadona

Lebih lanjut, diceritakan oleh Rima, bayi Terra mulai menunjukkan tanda-tanda sakit saat berat badannya stagnan pada usia yang seharusnya mengalami pertumbuhan pesat. Karena bayinya terlihat kurus, keluarga akhirnya putuskan jalani tes kesehatan.

Hingga pada Agustus 2020, Terra kemudian didiagnosis TBC dan harus rutin mengonsumsi obat antibiotik setiap hari selama sekitar sembilan bulan. Sejak saat itu, Terra harus kontrol ke dokter secara rutin, untuk memastikan kondisinya.

" Yang pasti saya bikin postingan itu buat mengingatkan banyak orang aja kalau sama anak orang jangan sembarangan dipegang-pegang kalau enggak diizinin orang tuanya. Apalagi kalau dirinya lagi sakit," tandasnya.

Kita harus mulai ambil pelajaran ya Dizens, jangan sampai yang terjadi sama bayi Terra kembali terulang. Gimana nih Diazens menurut kalian?

Beri Komentar