Babak Baru Pasca Video Syur Viral, Gisel Bakal Dipanggil Kepolisian Sebagai Saksi?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 16 November 2020 15:10
Babak Baru Pasca Video Syur Viral, Gisel Bakal Dipanggil Kepolisian Sebagai Saksi?
Gisel bakal diperiksa sebagai saksi pada Selasa (17/11) besok.

Kasus Video syur yang menyeret nama artis Gisella Anastasia memasuki babak baru. Video 19 detik yang didalamnya terdapat wanita yang dianggap mirip dengan Gisel ini sempat membuat jagat media sosial gempar dibuatnya.

Mengetahui video yang diduga mirip dengan mantan suami Gading Marten itu, pakar telematika, Roy Suryo angkat bicara.

1 dari 4 halaman

Tanggapan Roy Suryo

Roy Suryo © Diadona

Roy Suryo akhirnya angkat bicara terkait dengan video tersebut. Ia pun menganalisis berbagai temuan dari berbagai foto dan juga video yang viral tersebut. Ia pun sempat menyoroti adanya persamaan tahi lalat yang dimiliki Gisel.

" Kalau saya lihat, saya tidak spesifik hanya melihat pada bagian tertentu, ya. Tapi di sini missalnya ada tahi lalat pada sisi bagian hidung. Kemudian saat kita bandingkan dengan foto lain, kita juga bisa mendapatkan hal yang sama. Artinya memang di situ ada tahi lalt," jelas Roy Suryo mengutip dari Cumicumi.

Meskipun begitu, Roy Suryo tidak mau langsung mengambil kesimpulan. Ia pun juga melihat dari berbagai aspek seperti mulut, warna mata, dan lainnya. Ia pun juga menyoroti adanya perbedaan alis di video dengan foto yang dimiliki Gisel.

" Tapi sekali lagi, jangan hanya menggunakan satu parameter. Dalam hal uji menggunakan metriks ini, saya melihat di sini dari warna mata, bentuk mulut, meskipun ada juga perbedaan dalam bentuk alis," jelasnya.

Dari berbagai perbandingan yang ia lakukan, Roy Suryo kemudian melakukan skoring yang akhirnya menemukan apakah video tersebut benar atau tidak adalah artis yang bersangkutan dalam hal ini Gisella Anastasia.

" Apa yang ada ini kemudian di-skor semuanya. Mata dibandingkan dengan mata, hidung dengan hidung, mulut dengan mulut. Lebar juga kita ukur. Apakah itu dimungkinkan persamaan atau tidak," terangnya.

Dari hasil analisanya, Roy Suryo mendapat nilai 72 persen untuk kemiripan video tersebut dengan Gisella Anastasia.

" Ini yang kemudian memunculkan hasil 72 persen. Saya pun ketika 72 persen menggunakan sample foto yang berbeda dengan yang 74 persen," jelasnya.

Roy Suryo tetap sangat berhati-hati dalam menganalisa gambar tersebut. Ia pun tidak ingin jika hasilnya ini nantinya bakal berbeda.

" Karena juga harus berhati-hati, karena jangan sampai kemudian apa yang sudah kita cek ini berbeda," kata Roy Suryo.

2 dari 4 halaman

Menjadi Petunjuk Pihak Kepolisian

Hasil dari apa yang sudah ia lakukan ini kemudian ia sampaikan bisa menjadi petunjuk bagi pihak kepolisian untuk bisa memeriksa lebih dalam terkait dengan kasus ini.

" Dengan menggunakan perbandingan-perbandingan ini, sudah bisa digunakan ini sebagai hipotesis awal atau petunjuk untuk pihak kepolisian untuk menindak lanjuti," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Roy Suryo terkait Kemiripan Gorden

Tak hanya kesamaan wajah, publik juga sempat digemparkan dengan adanya persamaan gorden dan rak yang ada di video tersebut. Banyak yang mengatakan jika gorden tersebut mirip dengan beberapa video TikTok yang diunggah oleh Gisel.

Menanggapi hal ini, Roy Suryo pun justru punya pendapat lain. Menurutnya, banyak hal yang berbeda anatara video 19 detik, dengan video TikTok yang ada di konten Gisel.

" Disebut mirip padahal nggak ya. Rak di video 19 detik itu warnanya putih. Rak yang berada di kamar artis yang bersangkutan itu warnanya kayu," terangnya.

" Kemudian jarak antara gorden dengan plafon itu berbeda," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Gisel Akan Diperiksa Sebagai Saksi

Beberapa waktu lalu, pihak kepolisian mengungkapkan telah menangkap pelaku penyebaran video tersebut. Pihak kepolisian, disampaikan oleh Kombes Pol Yusru Yunus bakal memanggil Gisel sebagai saksi untuk menuntaskan kasus video tersebut.

" Pada saat kita melakukan pemeriksaan, tersebut nama artis berinisial GA. Rencana kita lakukan pemeriksaan sebagai saksi yang bersangkutan kita renacanakan hari selasa (17/11). Kita undang ke sini," ucap Kombes Pol Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Tonton selengkapnya di sini!

Beri Komentar