A - Z Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 November 2022 19:19
A - Z Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Mulai dari mas kawin hingga menu yang akan disajikan pada rangkaian acara ngunduh mantu mendatang

Kaesang pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi akan menikah dengan Erina Gudono. Akad nikah bakal digelar pada 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman. Selanjutnya acara Ngunduh Mantu akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu, 11 Desember 2022

Helatan yang tinggal menunggu hitungan hari ini tentu akan menarik perhatian publik. Banyak netizen yang tertarik dengan persiapan pernikahan anak dari orang nomor satu di Indonesia tersebut, mulai dari konsep foto prewedding, mahar yang diberikan oleh pihak mempelai pria hingga siapa saja saksi pernikahan.

1 dari 4 halaman

Potret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina GudonoPotret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono © instagram.com/erinagudono

Mas Kawin Kaesang untuk Erina

Sebagai anak presiden dan memiliki sederet bisnis bercuan, nilai mas kawin Kaesang kepada Erina tentu jadi sorotan. Adapun mas kawin yang diberikan oleh Kaesang Pangarep kepada Erina Gudono yakni seperangkat alat salat beserta uang tunai sebesar Rp300 ribu.

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang - Erina

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan diawali pada hari Kamis, 8 Desember 2022, dengan kegiatan semaan Al-Quran di rumah mempelai wanita.

Keesokan harinya yakni Jumat 9 Desember 2022, prosesi dilanjutkan dengan adat jawa, berupa siraman dan malam midodareni. Akad nikah akan berlangsung pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman.

Dari Sleman, rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina berlanjut di Solo pada hari Minggu, 11 Desember 2022, dengan acara resepsi dan ngunduh mantu yang akan digelar di Puro Mangkunegaran.

2 dari 4 halaman

Potret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina GudonoPotret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono © instagram.com/erinagudono

Rapat Panitia Dilakukan Hampir Setiap Hari

Pada akhir Oktober lalu, Gibran Rakabuming Raka menyebut kalau panitia acara pernikahan Kaesang dan Erina menyelenggarakan rapat hampir setiap hari. Dirinya sampai mengaku bosan dan tak pernah hadir.

" Pokoke bendino rapat, aku ngasih bosen. Aku ra tau melu (Intinya setiap hari rapat, saya sampai bosen. Tapi saya tidak pernah ikut)," kata Gibran saat ditemui di Lodji Gandrung, Solo, Sabtu (29/10/2022), seperti dikutip dari Detik.com.

Libatkan Empat Menteri

Dirangkum dari berbagai sumber, ada empat menteri yang ikut andil dalam persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erino Gudono. Mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Apa saja peran mereka?

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan diketahui ikut mendampingi Kaesang ke rumah Erina pada 23 Oktober lalu. Saat itu, Kaesang ditemani oleh Luhut mendatangi kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman untuk membahas tentang persiapan pernikahan. Tapi diketahui kalau Luhut nggak masuk dalam daftar panitia acara pernikahan.

Sementara itu tampak ada tiga menteri, yakni Erick Thohir, Budi Karya Sumadi, dan Bahlil Lahadalia dalam acara geladi acara pernikahan pada Minggu (27/11) kemarin. Mereka terlihat melakukan koordinasi di dalam Puro Mangkunegaran yang merupakan lokasi acara ngunduh mantu mendatang.

3 dari 4 halaman

Kaesang Pangarep dan Erina GudonoKaesang Pangarep dan Erina Gudono © instagram.com/erinagudono

Dua Menteri Jadi Saksi Pernikahan Kaesang - Erina

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didapuk menjadi saksi pernikahan Kaesang dan Erina pada 10 Desember mendatang. Fakta tersebut diungkap oleh Kepala KUA Kapanewon Depok, Sleman, Muhammad Wiyono.

Menurutnya, Mensesneg Pratikno menjadi saksi nikah untuk pihak Erina sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah dari pihak Kaesang.

Bebek Peking dan Sup Iga Bakar jadi Hidangan Acara Ngunduh Mantu

Seperti dilaporkan oleh Kompas.com, beragam sajian Nusantara dan beberapa camilan akan disajikan untuk para tamu undangan pada gelaran ngunduh mantu mendatang. Ada menu bebek peking dan juga sup iga bakar, juga puding dan dori goreng. Selai itu ada potato bryon hingga steamboat. Beragam hidang tersebut disajikan oleh Sonokembang Katering yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah.

Gelaran acara di Pendopo Pura Mangkunegaran dilakukan untuk jamuan tasyakuran para tamu. Tidak ada perhelatan adat sama sekali dalam momen tersebut hanya jamuan berkonsep gala dinner.

4 dari 4 halaman

Puro Mangkunegaran untuk Pesta Nikah

Potret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang Disebut Mirip Poster Film HororPotret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang Disebut Mirip Poster Film Horor © instagram @kaesangp

Kaesang dan Erina menjadi pasangan pengantin pertama yang menggunakan Puro Mangkunegaran untuk lokasi pesta pernikahan mereka. Seperti diketahui, Pura Mangkunegaran adalah salah satu keraton dari kota Solo yang hingga saat ini masih digunakan untuk aktivitas kerajaan sampai tempat penyimpanan benda bersejarah.

Menjadi yang pertama kali sebagai lokas acara pernikahan, bukan tak mungkin Puro Mangkunegaran bisa dinikmati oleh masyarakat umum untuk menggelar acara serupa.

Pengguna ke depan untuk masyarakat umum) bisa dibicara nanti, ada prosedurnya juga," ujar GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, kakak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Foto Prewed Tak Habis-abis

Terhitung sampai berita ini ditulis, pasangan Kaesang dan Erina sudah melakukan 1sebelas kali foto prewedding dengan konsep yang berbeda. Dimulai dari foto di stadion sepak bola dengan mengenakan kostum pemain, foto bertema adat Nusantara mulai dari Bali, Nusa Tenggara dan masih banyak lagi.

Ada pula konsep sederhana di mana keduanya mengenakan baju serba putih, berdiri berdampingan di bawah pohon bambuyang menurut netizen nih seperti poster film horror.

Nggak sabar pengen menyaksikan acaranya nggak sih?

Beri Komentar