8 Grup Band Indonesia dengan Personel Kakak Beradik

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 18 Agustus 2020 21:37
8 Grup Band Indonesia dengan Personel Kakak Beradik
Bersaudara di bawah dan atas panggung.

Tergabung dalam sebuah band artinya harus ada chemistry di antara para personel agar permainan musik berjalan harmonis. Dalam taraf kekompakan tertentu, para personel band bisa sangat dekat seperti saudara. Namun, beberapa band justru memiliki ikatan saudara dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat band.

Berikut ini adalah delapan band Indonesia yang para personelnya terdiri dari kakak beradik.

1 dari 9 halaman

Koes Plus

Grup band legendaris Koes Plus adalah grup lanjutan dari Koes Bersaudara. Saat masih bernama Koes Bersaudara, seluruh personel merupakan kakak beradik. Terdiri dari Tony Koeswoyo, Yok Koeswoyo, Yon Koeswoyo, dan Nomo Koeswoyo. Formasi tersebut bertahan sejak 1963 - 1968, 1977, dan 1986 - 1987.

Perubahan nama terjadi setelah Nomo Koeswoyo memutuskan untuk meninggalkan grup dan digantikan oleh Murry. Jadilah Koes Bersaudara plus Murry yang kemudian lebih dikenal sebagai Koes Plus.

Koes Plus disinyalir merupakan grup band Indonesia yang membuat aliran rock and roll menjadi populer di Indonesia.

2 dari 9 halaman

Panbers

Di era yang berdekatan dengan meledaknya Koes Plus, hadir grup band lain yang juga beranggotakan kakak beradik. Grup tersebut bernama Panbers yang merupakan singkatan dari Pandjaitan Bersaudara. 

Grup band Panbers beranggotakan Hans Pandjaitan, Benny Pandjaitan, Doan Pandjaitan, dan Asido Pandjaitan.

Sama seperti Koes Plus, Panbers juga sempat mengalami perubahan formasi dengan anggota non saudara. Salah satu yang pernah menjadi anggota Panbers adalah pemain biola legendaris, Hendri Lamiri.

3 dari 9 halaman

Tielman Brothers

Koes Plus boleh jadi grup band yang membuat rock and roll populer. Namun, sejatinya grup band Indonesia pertama yang memainkan musik rock and roll adalah Tielman Brothers.

Aktif sejak tahun 1947 hingga 1976, Tielman Brothers beranggotakan empat orang bersaudara yakni Andi Tielman, Reggy Tielman, Ponthon Tielman, dan Loulou Tielman.

Pengaruh besar Tielman Brothers tidak hanya dirasakan di tanah air. Di dunia musik internasional pun Tielman Brothers dipercaya sebagai band pertama yang memperkenalkan musik rock, jauh sebelum The Beatles.

4 dari 9 halaman

The Lucky Laki

Darah musisi mengalir di dalam darah Ahmad Al Ghazali, Ahmad Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani. Tak heran, tiga jagoan yang merupakan putra dari Ahmad Dhani dan Maia Estianty itu kemudian mengikuti jejak kedua orang tuanya untuk bermusik.

Al, El, dan Dul tergabung dalam grup band The Lucky Laki yang melakukan debutnya pada 2009 lewat single berjudul 'Superman'. Dalam band tersebut, Al menempati posisi sebagai gitaris dan vokalis utama, El menjadi drummer dan backing vocal, sementara Dul menjadi pembetot bass sekaligus juga backing vocal.

Lama vakum, rumornya The Lucky Laki bakal segera melakukan comeback lho! Patut ditunggu nih.

5 dari 9 halaman

Ahmad Bersaudara

Selagi Al sibuk dengan dunia barunya sebagai DJ, El dan Dul memutuskan untuk membuat proyek sampingan di bawah nama Ahmad Bersaudara.

Konsep retro sangat kental dibawakan oleh Ahmad Bersaudara, terlihat dalam single mereka yang berjudul 'Jika Kau Percaya'. Sayangnya, El kemudian harus pergi ke luar negeri untuk melanjutkan studi sehingga seperti The Lucky Laki, Ahmad Bersaudara juga harus vakum untuk sementara waktu.

Kalau The Lucky Laki comeback, Ahmad Bersaudara juga bisa dong?

6 dari 9 halaman

Bragi

Kamu yang besar di tahun 90-an pasti tidak asing dengan grup band yang satu ini.

Bragi adalah grup band yang beranggotakan tiga orang saudara Aldi, Rendi, dan Echa ditambah dengan Erwin yang melengkapi formasi band.

Sejak awal berdiri hingga akhir masa aktifnya, Bragi telah menelurkan empat buat album.

7 dari 9 halaman

The Finest Tree

Duo yang beranggoakan kakak beradik Elang Nuraga dan Cakka Nuraga ini adalah grup musik yang dibesut langsung oleh gitaris Sheila on 7, Eross Chandra.

Cakka sendiri adalah jebolan ajang pencarian bakat Idola Cilik season ke dua. Eross yang melihat potensi bermusik Cakka kemudian mengajak serta Elang untuk kemudian ia produseri.

Prestasi The Finest Tree pun terbilang baik. Setelah meluncurkan album debut berjudul 'Hijau The Finest Tree' pada 2012, mereka juga sempat masuk dalam nominasi Dahsyatnya Awards (2014) dan Indonesian Choice Awards (2018).

8 dari 9 halaman

The Overtunes

The Overtunes adalah grup musik beranggotakan tiga kakak beradik Mada Emmanuelle Brahmantyo, Reuben Nathaniel Brahmantyo, dan Mikha Angelo Brahmantyo.

Nama terakhir, Mikha Angelo, adalah jebolan ajang pencarian bakat X Factor Indonesia season pertama (2012). Lepas dari ajang tersebut, Mikha kemudian mengajak serta kedua kakaknya untuk membentuk The Overtunes. Hasilnya adalah single debut berjudul 'Sayap Pelindungmu' yang langsung meledak di pasaran pada 2013.

The Overtunes telah menelurkan lima album dan menghasilkan deretan single yang beberapa di antaranya menjadi original soundtrack untuk film layar lebar.

Beri Komentar