7 Sinetron Indonesia Terpanjang yang Mencapai Ribuan Episode, Mana Aja yang Pernah Kamu Ikuti?

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 15 Juli 2020 16:12
7 Sinetron Indonesia Terpanjang yang Mencapai Ribuan Episode, Mana Aja yang Pernah Kamu Ikuti?
Sinetron Indonesia panjang-panjang banget!

Sinetron Indonesia adalah fenomena tayangan tersendiri. Lebih dari sekedar isi cerita, sinetron juga sangat mengedepankan rating. Nggak heran kalau beberapa sinetron kemudian tayang setiap hari dengan sistem kejar tayang. Dampaknya, beberapa sinetron kemudian memiliki jumlah tayangan yang mencapai ribuan episode.

Sinetron Indonesia dalam daftar ini tidak tercipta untuk kamu yang kebiasaan nonton serial Netflix atau drakor dengan jumlah episode belasan sampai puluhan saja. Penasaran judul-judul apa saja yang masuk dalam daftar?

Berikut ini adalah sinetron Indonesia dengan jumlah episode terbanyak berdasarkan data per 15 Juli 2020.

1 dari 8 halaman

7. Cinta Fitri

Cinta Fitri © Diadona

Sinetron Cinta Fitri menempati urutan ke tujuh dengan 1002 episode. Cinta Fitri tayang perdana pada 9 April 2007 di stasiun televisi SCTV, namun menutup kisahnya pada 8 Mei 2011 di Indosiar. Total, seluruh kisah Cinta Fitri dikemas dalam tujuh season.

Cinta Fitri menjadi sinetron yang mengorbitkan banyak bintang baru seperti Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, dan Adly Fairuz.

2 dari 8 halaman

6. Jodoh Wasiat Bapak

Jodoh Wasiat Bapak © Diadona

Jodoh Wasiat Bapak merupakan sebuah sinetron dengan genre crosover, sedikit mistis dengan paduan kisah religi.

Tema tersebut agaknya sangat diterima di masyarakat, terbukti tayangannya di ANTV bertahan hingga mencapai 1042 episode.

3 dari 8 halaman

5. Bajaj Bajuri

Bajaj Bajuri © Diadona

Salah satu sitkom terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia. Mengisahkan keseharian keluarga Bajuri sang supir Bajaj bersama Oneng dan Emak, serta tetangga sekitar seperti Ucup dan Said, kisah Bajaj Bajuri sangat diterima pemirsa sehingga mampu bertahan hingga 1291 episode.

Sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 2002 di TransTV, Bajaj Bajuri mengalami banyak perubahan mulai dari penambahan durasi sampai pemunculan judul lanjutan seperti Bajaj Baru Bajuri, Bajaj Bajuri edisi Salon Oneng, serta Bajaj Bajuri Narik Lagi.

4 dari 8 halaman

4. Anak Langit

Anak Langit © Diadona

Anak Langit merupakan sekuel langsung dari sinetron Anak Jalanan yang sebelumnya tayang di RCTI. Meskipun berpindah ke SCTV, namun sebagian besar pemeran masih sama dengan judul sebelumnya. Stefan Wiliam juga masih menjadi pemeran utama sebagai pentolan anak motor baik hati.

Sayang, pandemi COVID-19 menyebabkan sinetron Anak Langit berhenti secara tiba-tiba di episode ke 1560 yang tayang pada 30 Maret 2020.

5 dari 8 halaman

3. Dunia Terbalik

Dunia Terbalik © Diadona

Dunia Terbalik memiliki premis yang unik, mengisahkan para suami yang mengurus rumah tangga sementara para istri meninggalkan kampung halaman untuk bekerja menjadi TKW di luar negeri. Kisah unik itu didukung pemeran kawakan seperti Agus Kuncoro, Mieke Amalia, dan Sutan Simatupang.

Dunia Terbalik merupakan sinetron striping yang tayang tiap hari di RCTI. Kisahnya pun masih berlangsung. Tayang sejak 5 Janurai 2017, hingga saat ini Dunia Terbalik telah ditayangkan hingga 2097 episode.

6 dari 8 halaman

2. Tukang Bubur Naik Haji The Series

Tukang Bubur Naik Haji The Series © Diadona

Serial kedua Mat Solar yang masuk ke dalam daftar sinetron dengan episode terbanyak adalah Tukang Bubur Naik Haji The Series. Mat Solar lagi-lagi menjadi tokoh sentral dalam cerita dengan memerankan sosook Haji Sulam sang penjual bubur ayam.

Sayang, kemunculannya hanya sampai 200 episode awal. Mat Solar kemudian berhenti membintangi sinetron tersebut karena alasan kesehatan.

Tayang di RCTI sejak 28 Mei 2012, Tukang Bubur Naik Haji The Series kemudian berakhir pada tahun 2017 setelah menayangkan 2185 episode.

7 dari 8 halaman

1. Tukang Ojek Pengkolan

Tukang Ojek Pengkolan © Diadona

Pucuk klasemen sinetron dengan jumlah episode terbanyak dipegang oleh Tukang Ojek Pengkolan, menggeser sesama sinetron RCTI, Tukang Bubur Naik Haji The Series, sebagai pemegang rekor sebelumnya.

Tukang Ojek Pengkolan terbilang cermat membaca momen. Memanfaatkan fenomena pergeseran transportasi dari ojek konvensional menjadi ojek online dan menceritakan ulang situasi tersebut.

Dibintangi nama-nama beken seperti Eza Yayang, Tika Bravani, dan Furry Sety, Tukang Ojek Pengkolan telah menayangkan sebanyak 2414 episode. Jumlah itu masih akan terus bertambah mengingat sinetron tersebut masih tayang secara striping hingga kini.

Beri Komentar