7 Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan untuk Pemula, Bisa nih Dicoba

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 20 September 2021 11:00
7 Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan untuk Pemula, Bisa nih Dicoba
Lumayan banget nih buat ngisi waktu cari penghasilan tambahan hehe

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu hanya berkutat di kegiatan domestik rumah. Di sela-sela kegiatan inti di rumah, ternyata kamu tetap bisa melakukan dan menjalankan berbagai jenis usaha rumahan yang ringan namun tetap menguntungkan secara finansial.

Prinsip utama dari jenis usaha rumahan ini adalah kamu nggak perlu keluar dari rumah namun tetap bisa menuai hasil yang nyata. Jadi kamu tetap bisa menunaikan semua pekerjaan domestik, plus juga bisa mencari pengalaman baru atau bahkan tambahan penghasilan dari usaha-usaha tersebut.

Sebetulnya ada cukup banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Tapi biar nggak bingung-bingung banget, Diadona.id telah merangkum sedikit ulasan tentang jenis usaha rumah yang menjanjikan untuk pemula. Yuk simak ulasan sederhana di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Menjadi Dropshipper

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga © Diadona

Dunia e-Commerce kini sedang rame-ramenya digandrungi orang. Kemudahan mendapatkan barang serta mudahnya transaksi di dalamnya membuat berbagai platform belanja online penggunanya banyaknya minta ampun. Nah, di sinilah kamu bisa menjajal jenis usaha rumahan dengan menjadi dropshipper.

Cara kerja dropshipper juga sanagt mudah. Pada dasarnya ini adalah jenis usaha yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari distributor ke konsumen. Jadi peran droshipper ini seperti halnya penjual bayangan.

Jenis usaha ini sanat cocok untuk ibu rumah tangga loh, dengan menjadi dropshipper kamu nggak perlu takut untuk perkara stock barang, karena semua sudah dihandle oleh supplier. Tapi, ketika memulai usaha ini ya pastikan dulu supplier yang akan kita ikuti itu benar-benar profesional dan bertanggung jawab.

2 dari 5 halaman

2. Menjadi Penulis Lepas

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga © Diadona

Jenis usaha rumahan yang kedua adalah menjadi penulis lepas atau freelance. Di zaman serba digital ini, kehadiran penulis untuk memenuhi berbagai konten internet cukup banyak dibutuhkan. Namun jenis pekerjaan ini tidak semua orang menguasainya.

Tapi jika kamu punya skill yang cukup mumpuni dalan bidang ini, menjadi penulis lepas sepertinya bisa kamu lakukan selagi mengurusi seluk-beluk kegiatan rumah tangga. Menjadi penulis lepas adalah pekerjaan yang pengerjaannya cukup fleksibel, sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

3. Membuka Bimbingan Belajar atau Kursus di Rumah

Selanjutnya, jenis usaha rumahan yang cukup menjanjikan adalah membuka kelas bimbingan belajar atau pun kursus di rumah. Usaha ini padasarnya tidak membutuh waktu yang banyak selain itu kamu juga bisa menentukan sendiri di waktu apa les ini berlangsung jadi bisa disesuaikan dengan kesibukan kamu.

Dewasa ini, jasa les privat ini sepertinya cukup banyak yang membutuhkan. Selain karena kegiatan belajar siswa yang padat, banyak orang tua yang tidak punya cukup waktu untuk menemani buah hatinya belajar sepanjang waktu. Nampaknya, jenis usaha yang satu ini cukup menjanjikan.

3 dari 5 halaman

4. Budidaya Tanaman atau Ikan Hias

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga © Diadona

Budidaya ikan atau tanaman hias sepertinya juga bisa menjadi jenis usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Seperti budidaya apapun pada umumnya, tanaman dan ikan membutuhkan waktu pemeliharaan yang lama.

Namun, tidak seperti tanaman atau hewan yang lain, tanaman hias dan ikan ini tidak begitu menyita banyak waktu si pemilikinya. Yang penting konsisten dalam memberikan perawata, hasil dari budidaya tanaman dan ikan hias ini juga lumayan buat passive income loh.

5. Membuat Jasa Catering Rumahan

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga © Diadona

Kemudian, jenis usaha rumahan untuk pemula adalah jasa catering rumahan. Jadi, jika kamu cukup mempunyai skill dalam hal masak-memasak, membuka catering ini bisa kamu jadikan kegiatan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah tambahan.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa mengawalinya dengan menu sederhana seperti nasi kotak ataupun prasmanan kecil yang tidak begitu membutuhkan layanan.

4 dari 5 halaman

6. Membuat Kue

Masih berhubungan dengan makanan, jenis usaha rumahan yang selanjutnya adalah membuat kue. Hal ini mengingat cukup banyak ibu rumah tangga yang mempunyai hobi membuat kue-kue dan juga berbagai inovasinya. Nah, hal ini jika ditelateni dan dipasarkan dengan baik juga bisa mendatangkan keuntungan finansial loh.

Jika kamu belum begitu percaya diri dengan kue buatanmu, baik itu kue basah atau pun kue kering kamu bisa mensiasatinya dengan membuka pre-order terlebih dahulu. Dengan ini kamu bisa membuat kue sesuai dengan kebutuhan orang yang minat dengan masakanmu serta tidak takut akan tidak terjual ataupun sisa.

7. Membuat Kerajinan Tangan

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga © Diadona

Terakhir, jenis usaha rumahan yang bisa kita lakukan adalah membuat kerajinan tangan. Beberapa yang bisa kita buat adalah seperti item-item fashion rajut, kemudian souveniir lucu atau pun karangan bunga.

Modal utama dari jenis usaha ini adalah kreativitas yang kita miliki. Untuk waktunya juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan pun. Ya, ini bisa lah dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin mencoba mencari penghasilan tambahan.

Jadi itulah beberapa jenis usaha rumahan ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan untuk dilakukan. Tentu saja ini semua hanya gamabaran besar ya. Jika kmu memiliki ide susah lain yang lebih cemerlang kamu bisa saja langsung melakukannya. Jadi, apa nih ide usaha yang akan kamu lakukan?

Beri Komentar