7 Ciri-Ciri Teks Anekdot dari Segi Kebahasaan yang Menandainya dari Jenis Teks Lain

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 4 Februari 2021 11:20
7 Ciri-Ciri Teks Anekdot dari Segi Kebahasaan yang Menandainya dari Jenis Teks Lain
Ciri-ciri teks anekdot cuman berisi humor doang? Eits, ada enam ciri yang lainnya lho!

Ciri-ciri teks aneksot yang utama yakni berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. Namun nggak cuman memuat kisah lucu doang nih melainkan juga terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan tentang suatu kebenaran
secara umum.

Tapi apa sih yang disebut dengan teks anekdot? Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu kan kalau ini adalah jenis teks lucu yang mengundang tawa. Dikutip dari buku Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, secara definisi, teks anekdot adalah karangan cerita atau kisah yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu dengan berbagai topik, mulai dari pendidikan, sindiran, kritik atau yang lainnya.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa sih teks anekdot dan ciri-ciri teks anekdot tersebut, yuk simak ulasana Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Teks Anekdot

Ciri-Ciri Teks Anekdot © Diadona

Sering dibahas, tapi tahu kah kamu apa yang dimaksud dengan ciri kebahasaan? Yakni menyangkut dengan kata ganti, frasa, verba, dan juga kata sambung waktu yang digunakan.

Nah untuk ciri-ciri teks anekdot dari sisi kebahasaannya adalah sebagai berikut.

Keterangan Waktu

Menggunakan kata keterangan waktu lampau, misalnya dahulu, tahun lalu, bulan lalu, waktu itu

Penggunaan Kata Kerja

Karena menceritakan kejadian, maka ada kata kerja (verba) yang digunakan misalnya : berjalan, berdiam diri, tertawa.

Urutan Waktu

Penceritaan anekdot dilakukan berdasarkan waktu

Kata Penghubung

Menggunakan kata penghubung (konjungsi), yang dibagi menjadi: konjungsi antara kata yang satu dengan kata yang lain, konjungsi antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain, dan konjungsi antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lain.

Pertanyaan Retorik

Ciri-ciri teks anekdot adalah menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak mengharuskan untuk dijawab.

Penggunaan Kalimat Perintah

Misalnya nih : perhatikanlah, pukullah, buanglah

2 dari 3 halaman

Ciri Bahasa Teks Anekdot, Tujuan dan Isi

Ciri-Ciri Teks Anekdot © Diadona

Di bagian awal artikel Diadona ini sudah membahas mengenai apa sih ciri-ciri teksi anekdot ini. Tapi tahu nggak sih apa tujuannya dari teks ini?

Yup, salah satu tujuannnya adalah untuk membuat orang tertawa dan terhibur. Namun dari ciri-ciri teks anekdot tersebut juga ada tujuannya lain misalnya sebagai sarana untuk mengkritik.

Kritikan disematkan peda orang penting pembuat kebijakan, misalnya, dari mereka yang tak setuju dengan kebijakan tersebut. Namun, kritikan dibalut dalam teks anekdot yang lucu sehingga tak terdengar tajam dan tetap santun.

Di dalam teks anekdot termuat dua isi, yakni yang tersirat dan juga yang tersurat. Isi yang tersebut yaitu isi yang tertulis secara langsungd an bisa dibaca dari teks anekdot tersebut sedangkan isi yang tersirat berhubungan dengan situasi, kondisi dan bisa juag berupa pesan yang ingin disampaikan.

3 dari 3 halaman

Ciri - Ciri Apa Saja yang Menandai Teks Anekdot

Ciri-Ciri Teks Anekdot © Diadona

Ada beberapa ciri-ciri teks anekdot yang membautnya beda dengan teks lainnya. Apa saja diantaranya?

Bersifat Humor

Artinya nih ciri-ciri teks anekdot yaitu berisikan kisah lucu atau bualan belaka

Menghibur

Teks anekdot kudu bisa membuat pembacara merasa terhibur
dengan kelucuan yang ada dalam teks.

Menyindir

Ciri-ciri teks anekdot nggak cuman lucu aja, tapi biasanya mengandung sindiran. Sindiran ini berhubungan dengan apa tujuan teks anekdot tersebut dibuat.

Bisa Mengenai Orang Penting

Karena ciri-ciri teks anekdot yang bisa aja memuat sindiran pada suatu kondisi, maka di dalamnya biasanya nih menyenggol orang-orang penting misalnya pejabat pembuatan kebijakan dan lainnya.

Menyerupai Dongeng

Kisah yang disajikan dalam teks anekdot ini kadang menyerupai dongeng karena sifatnya yang bualan.

Ada Tujuan Tertentu

Nggak cuman bikin orang tertawa, ciri-ciri teks anekdot yaitu punya tujuan tertentu, misalnya untuk mengkritik kebijakan, menyindir suatu golongan atau yang lainnya. atau bisa juga nih untuk menyampaikan protes atau pendapat nggak setuju terhadap suatu pilihan namun dilakukan dnegan cara yang santun.

Karakter Hewan dan Manusia yang Terhubung

Kedua karakter tersebut terhubung secara umum dan realistis.

Ciri-ciri teks anekdot nggak cuman lucu doang nih melainkan kudu memuat poin yang udah Diadona jelaskan di atas. Semoga kamu bisa memahami ya!

Beri Komentar