Nama Ibu Kota Singapura dan Fakta Unik tentang Negara ini

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 12 Mei 2022 14:31
Nama Ibu Kota Singapura dan Fakta Unik tentang Negara ini
Karena sangat maju dan berukuran seukuran kota, Singapura disebut dengan negara kota.

Nama ibu kota Singapura sama dengan nama negara tersebut, yakni Singapura. Kota ini berada di bagian selatan Pulau Singapura yang merupakan lokasi strategis antara Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Dengan posisi tersebut serta dilengkapi dengan pelabuhan laut dalam, mejjadikannya sebagai pelabuhan terbesar di Asia Tenggara dan salah satu pusat komersial terbesar di dunia.

Nama ibu kota Singapura yakni Singapura merupakan pusat dari pemerintahan negara. Negaranya bernama Singapura dengan nama ibu kota Singapura, semoga nggak membuat kamu jadi bingung ya!

1 dari 3 halaman

Tapi kota Singapura ini punya konsep yang berbeda dengan kota yang selama ini kita ketahui. Negara Singapura adalah negara kota. Trus nih pembagian wilayah ini bukan tiap kota melainkan tiap wilayah atau planning area.

Oh iya apa sih yang dimaksud dengan negara kota? Jadi karena wilayahnya yang sangat kecil, Singapura nampaknya hanya seukuran kota aja. alih-alih sebuah negara.  Oleh karena itu di sana berupa kota-kota yang sangatlah maju. Nah makanya itu nih disebut dengan negara kota.

Ibu kota negara Singapura merupakan tempat kedudukan pusat pemerintahan negara, tempat dihimpunnya unsur administratif yakni eksekutif, legislatif dan juga yudikatif. Di kota ini juga terdapat kantor kepala Negara atau kepala pemerintahan, kantor DPR atau Parlemen, Kantor Kedutaan Besar, hingga kantor pusat perusahaan. Yah sama seperti Jakarta bagi Indonesia deh!

2 dari 3 halaman

Tentang Negara Singapura

Nama Ibu Kota Singapura © Diadona

Singapura terdiri dari 63 pulau termasuk diantaranya daratan Singapura. Pulau utamanya yakni pulau Singapura atau yang secara resmi disebut dengan Pulau Ujong. Negara ini adalah salah satu dari 20 negara terkecil di dunia. Pulau utamanya aja cuman sepanjang 42 kilometer dan lebar 23 kilometer dan memiliki total luas daratan hanya 683 kilometer persegi.

Setiap bangunan yang berada di sini punya batas maksimum ketinggian yakni 280 meter. Cuman nih ada satu gedung yang melebihi batas yakni 290 meter yaitu Tanjong Pagar Centre.

Singapura punya empat bahasa resmi yakni Inggris, Cina, Melayu, dan Tamil trus juga ada bahasa Singlish

Perekonomian negara yang memiliki nama ibu kota Singapura ini sangatlah maju. Ekonominya bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur. Negara ini jadi adalah satu empat macan Asia bersama dengan Taiwan, Hongkong dan juga Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Fakta Unik Tentang Singapura

Nama Ibu Kota Singapura © Diadona

Biar kamu lebih mengenal tentang negara ini, yuk cek beberapa hal unik di sana berikut ini:

Tahu nggak sih kalau Singapura tuh punya Taman Safari yang bukan di malam hari dan merupakan yang pertama di dunia. Dibuka pada tahun 1994 lalu, tempat ini memiliki luas 35 hektar dengan seribu binatang dari 120 spesies.

Piknik ke Singapura kurang lengkap rasanya kalau belum mengunjungi air terjiun indoor buatan manusia yang berada di Bandara Changi.

Bernama HSBCRain Vortex, air terjun ini memiliki ketinggal sekitar 40 meter dan dikelilingi olah taman dan hutan buatan yang memukau.

Meskipun merupakan negara yang maju dengan bangunan moder, sekitar setengah dari daratan Singapura ditutupi oleh area hijau lho. Muali dari taman, area bermain atau wilayah hijau tempat tumbuh beragam tumbuhan.

Chinatown Complex Food Center adalah pusat jajanan terbesar di seluruh Singapura dengan lebih dari 260 kedai makanan.

Pemerintah Singapura sangat melarang penggunaan kendaraan pribadi, dan pemilik mobil di Singapura harus membayar 1,5 kali lipat dari harga mobil untuk mendapatkan sertifikasi kendaraan.

Bandara Changi yang berada di Singapura terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk keempat kalinya berturut-turut di tahun 2016.

Tahu nggak sih kalau untuk mendapatkan kemerdekaan Singapura, nggak perlu ada perang atau pertempuran. Malaysia memilih untuk melepaskan Singapura secara demokratis.

Beri Komentar