25 Kata-Kata Ucapan Belasungkawa dalam Islam dan Kristen, Tulus dan Menyentuh Hati

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 9 Juni 2021 11:00
25 Kata-Kata Ucapan Belasungkawa dalam Islam dan Kristen, Tulus dan Menyentuh Hati
Kata-kata belasungkawa ditujukan untuk siapapun yang mengalami duka atau musibah. Baik musibah seperti bencana alam atau pun duka karena kepergian orang tercinta untuk selama-lamanya.

Musibah dan duka adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dan sebagai manusia yang memiliki sikap toleran, kita harus berempati kalau ada dari orang-prang di sekitar kita mengalami musibah. Salah satu caranya dengan mengucapkan kata-kata belasungkawa.

Kata-kata belasungkawa ditujukan untuk siapapun yang mengalami duka atau musibah. Baik musibah seperti bencana alam atau pun duka karena kepergian orang tercinta untuk selama-lamanya. Dengan kata-kata ini diharapkan bisa menenangkan dan sedikit mengurangi kesedihan.

Kata-kata belasungkawa ada yang versi islam dan kristen. pemilihan kata-kata ini harus sedikit diperhatiakn karena jika tidak justru hanya akan menyinggung perasaan si penerima. Yuk simak bareng kumpulan kata-katanya yang telah dirangkum Diadona.id dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa dalam Islam

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa © Diadona

1. " Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

2. " Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya."

3. " Kami yakin kalau Allah SWT tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya, maka kamu harus merasa tegar."

4. " Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian."

5. " Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin."

6. " Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

7. " Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin."

8. " Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali."

9. " Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

10. " Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Amin ya rabbal’alamin."

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa dalam Kristen

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa © Diadona

11. Tuhan tahu mana manusia baik dan manusia tidak baik. Kembalinya Bapak… di pangkuan Tuhan karena almarhum adalah manusia baik. Tuhan suka dengan manusia-manusia baik. Semoga almarhum tenang di sisi-Nya.

12. Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.

13. Meskipun rumahmu telah berbalut tanah, namun kebaikanmu selama hidup akan terus membuatmu bernapas dalam hati dan jiwa kami. Selamat jalan sahabatku, terima kasih telah mewarnai hidup kami dengan kegembiraan.

14. Karena engkau telah bersama-Nya. Berada dalam lingkungan surga bersama dengan telaga yang menganak sungai. Engkau berenang dengan penuh gembira. Yang airnya mengalir dalam tangis duka kami yang kehilangan. Tinggallah bersama Kristus dalam keabadian.

15. Kita punya rencana, Tuhan juga punya rencana, dan rencana Tuhanlah yang terbaik. Kami dari keluarga ….. mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Ibu…. Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.

16. Engkau telah berpulang sahabatku, tinggallah bersama Kristus dengan damai. Selamat jalan dalam tidur panjang, dalam pelukan Yesus yang hangat.

17. Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar .... tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah.

18. Tuhan memberi, Tuhan pula yang mengambil. Selamat jalan ke surga Bapa saudaraku. Segala teladan iman Kristiani akan selalu kami wariskan ke anak-anak cucu kita kelak.

19. Jika hari kemarin adalah hujan itu, maka hari esok Tuhan menjanjikan sebuah kebahagiaan di atas tanah yang dihujani-Nya. Percayalah, ayat di Filipi 4:13, 'Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.' Ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini.

20. Selamat jalan sahabatku, selamat kembali ke surga Bapa yang damai. Segala kebaikan dan kemurahan hatimu akan menjadi pohon yang berbuah lebat. Doa kami menuntun jalanmu.

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris dalam Kristen

Kata-Kata Ucapan Belasungkawa © Diadona

21. God gives, God also takes. Goodbye to heaven, Father, my brother. We will leave all examples of Christian faith to our children and grandchildren.

22. Goodbye, God loves you so he lifts up all your pain. May all goodness and faith will accompany your path to a bright paradise.

23. Because you have been with Him. Being in a paradise environment along with a lake that ripens the river. You swim happily. Whose water flows in the weeping we lose. Abide with Christ in eternity.

24. You have passed away my friend, stay with Christ in peace. Goodbye in a long sleep, in the warm embrace of Jesus.

25. Goodbye, my best friend, it's already the way you get the chance to live in the beautiful paradise of Christ. Pray for us who are still on pilgrimage in this world. We will always remember your kindness.

Jadi itulah beberapa kata-kata belasungkawa dalam islam dan juga kristen yang bisa kita gunakan. Yuk rangkul siapapun yang sedang mengalami musibah ataupun duka. Kehadiran dan perhatian kita pasti sangat berarti hehe.

Beri Komentar