30 Kata-Kata Bijak Motivasi Islami Tentang Belajar, Kehidupan, dan Cinta

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 3 Mei 2021 14:00
30 Kata-Kata Bijak Motivasi Islami Tentang Belajar, Kehidupan, dan Cinta
Kata-kata bijak motivasi Islami ini akan membantu kita selalu bersemangat dan lebih arif dalam menjalani kehidupan

Diakui atau tidak kata-kata bijak motivasi Islami ini akan membantu kita selalu bersemangat dan lebih arif dalam menjalani kehidupan. Karena kata-kata ini sarat akan nasihat serta petuah bijak dari tokoh-tokoh Islam dunia.

Selain itu, kita bisa membagikan kata-kata bijak motivasi Islami ini mulai tentang belajar, kehidupan, dan cinta ini ke siapapun. Ya secara nggak langsung ini adalah penjagan vibes positif dalam keseharian kita hehe.

Diadona.id telah merangkum beberapa kata-kata bijak motivasi Islami ini dari berbagai sumber. tentu saja ini bisa kita jadikan refrensi bersama dan semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Motivasi Islami Tentang Belajar

Kata Motivasi Islami © Diadona

1. " Aku belajar adab (budi pekerti) selama 30 tahun dan aku mempelajari ilmu selama 20 tahun. Orang-orang saleh terdahulu akan belajar adab terlebih dahulu, baru kemudian mencari ilmu" . – Abdullah bin Mubarak

2. " Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya" . – Imam Syafi'i

3. " Engkau tak dapat meraih ilmu kecuali dengan enam hal yaitu; cerdas, selalu ingin tahu, tabah, punya bekal dalam menuntut ilmu, bimbingan dari guru, dan dalam waktu yang lama" . – Ali bin Abi Thalib

4. " Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan" . – Imam Ghazali

5. " Sebagian orang tetap miskin ilmu karena kemampuan buruk mereka untuk tetap diam" . – Ibnu Qayyim

6. " Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa" .

7. " Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh" . – Boona Mohammed

8. " Belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan, belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh sesorang yang bukan penakut" .

9. " Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Makin kamu mengenal Allah, makin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya" .

10. " Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap" . – Ali bin Abi Thalib

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Motivasi Islami Tentang Kehidupan

Kata Motivasi Islami © Diadona

11. " Terkadang orang-orang dengan masa lalu yang buruk bisa menciptakan masa depan yang cerah." - Umar bin Khattab

12. " Jangan jadi orang yang terlalu keras, kau bisa hancur. Jangan juga jadi terlalu lembut, kau bisa diperah." - Ali bin Abi Thalib

13. " Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." - Buya Hamka

14. " Jangan kenali kebenaran berdasarkan individu-individu. Kenalilah kebenaran itu sendiri, otomatis kamu akan kenal siapa di pihak yang benar." - Ali bin Abi Thalib

15. " Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna." - Imam Syafi’i

16. " Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat." - Umar bin Khattab

17. " Jangan berduka. Apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

18. " Saat engkau memperbaiki hubunganmu dengan Allah, saat itu pula Allah memperbaiki hidupmu." - Dr. Bilal Philips

19. " Jika semua orang menjauh ketika engkau mendapat kesulitan, maka ketahuilah bahwa Allah akan membuatmu kuat dan Ia akan menjadi penolongmu." - Imam Syafi’i

20. " Orang yang paling kaya dalam hidup adalah yang tidak tenggelam oleh ketamakan." - Ali bin Abi Thalib

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Motivasi Islami Tentang Cinta

Kata Motivasi Islami © Diadona

21. " Aku ingin cinta yang akan berkata: “ Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah."

22. " Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

23. " Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

24. " Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

25. " Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." (Khalil Gibran)

26. " Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

27. " Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

28. " Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."

29. " Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

30. " Aku akan memohon pada Allah SWT untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

Jadi itulah beberapa kata-kata bijak motivasi Islami tentang belajar, kehidupan, dan cinta. Sekali lagi meskipun nggak banyak semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua dan sedikit membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik hehe.

Beri Komentar