5 Orang Tewas dalam Kecelakaan Lift di Ayuterra Resort Bali

Reporter : Aditia
Senin, 4 September 2023 15:31
 5 Orang Tewas dalam Kecelakaan Lift di Ayuterra Resort Bali
Lift diduga sudah bermasalah sebelum jatuh

Lima orang tewas dalam kecelakaan lift di Ayuterra Resort, Desa Kedewatan, Ubud, Gianyar, Bali, pada Jumat (1/9/2023) siang. Korban merupakan karyawan hotel yang sedang bekerja membersihkan lift tersebut.

Berdasarkan rekaman CCTV, kejadian bermula saat lima orang korban, dua laki-laki dan tiga perempuan, masuk ke dalam lift. Mereka membawa alat-alat kebersihan untuk membersihkan lift. Setelah semua masuk, lift bergerak naik pelan-pelan.

Namun, tiba-tiba tali lift seling baja tersebut tidak kuat menarik beban berat hingga akhirnya meluncur bebas ke jurang karena safety pengganjal atau rem yang tidak berfungsi. Kapolsek Ubud Komisaris Polisi I Made Uder, memberikan keterangan kronologi kejadian. Peristiwa naas ini terjadi sekitar pukul 13.00 WITA saat para karyawan sedang naik di dalam lift.

"Tali seling baja tersebut tidak kuat menarik beban ke atas yang cukup berat dan safety pengganjal atau rem tidak berfungai sehingga lift meluncur dengan kecepatan tinggi ke bawah sehingga tidak bisa dihindari terjadi musibah tersebut. Akibatnya, kelima penumpang lift tersebut meninggal dunia," kata Made Uder melansir ANTARA.

1 dari 2 halaman

(Facebook) © Diadona

Kapolsek menerangkan ada 3 orang korban yang ditemukan di lokasi kejadian sempat bertahan dan dilarikan ke Rumah Sakit Payangan, Gianyar. Ketiganya dirawat intensif, namun sayang nyawa mereka tak bisa tertolong.

" Tiga orang korban saat itu masih bernapas, lalu saksi I Ketut Suwiarta dan karyawan lainnya menolong dengan cara mengangkat tiga korban yang masih bernapas untuk dibawa naik dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Payangan, Gianyar," kata Made Uder.

Hingga saat ini, penyebab kecelakaan lift tersebut masih dalam penyelidikan. Pihak kepolisian telah memeriksa sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti.

Kecelakaan lift ini merupakan peristiwa yang tragis dan menimbulkan duka mendalam bagi keluarga korban. Pemerintah dan pihak terkait diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan kerja, termasuk keselamatan penggunaan lift.

2 dari 2 halaman

Lift Sudah Miring Sebelum Jatuh

CCTV Lift Jatuh Ayuterra Resort Bali © Diadona

Berdasarkan hasil TKP, rel lift Ayuterra Resort sepanjang 60 meter itu telah berada dalam posisi miring. Bahkan sudut kemiringan rel lift mencapai 35 derajat. Saat ini fokus penyelidikan untuk mengetahui penyebab kerusakan dan memastikan standar keselamatan yang diterapkan oleh manajamen resort.

" Tabung lift hancur dan pecah, pagar pengaman yang terbuat dari kayu hancur dan lantai tembok pengaman rusak/hancur," kata Polsek Ubud, PMI Kabupaten Gianyar, dan BPBD Kabupaten Gianyar.

Paca insiden, tiga karyawan sempat selamat dengan luka parah. Ketiganya dilarikan ke Rumah Sakit Payangan. Keduanya dibawa dengan mobil ambulance. Namun, luka parah yang dialami ketiganya membuat nyawa 3 korban tersebut tak terselamatkan.

Beri Komentar