Pengertian Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 10 Juli 2020 10:17
Pengertian Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian etika profesi ialah sikap hidup dalam menjalankan kehidupan saat mengemban profesi.

Pengertian etika profesi adalah sikap hidup yang berupa keadilan dalam memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan keahlian saat melaksanakan tugas kepada masyarakat.

Sehingga fungsi dari etika profesi adalah sebagai alat kontrol kontrol sosial bagi masyarakat umum terhadap suatu profesi tertentu, serta mencegah campur tangan pihak lain di luar organisasi, dalam keanggotaan suatu profesi.

Sedangkan tujuan dari etika profesi ialah untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi, membantu meningkatkan mutu suatu profesi, dan menjunjung tinggi martabat suatu profesi.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang pengertian etika profesi dan jenisnya, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Etika Profesi Menurut Para Ahli

Pengertian Etika Profesi © Diadona

Dari penjelasan di atas, adapula pengertian etika profesi menurut para ahhli berikut ini yang bisa menambah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. Kaiser

Pengertian etika profesi merupaka sikap hidup untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan adil dan keahlian dalam melaksanakan tugas-tugasnya berupa kewajiban terhadap masyarakat.

2. Anang Usman, SH., MSi

Menurut Anang Usman, SH., MSi, pengertian etika profesi ialah sikap hidup dalam memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan terhadap para anggota masyarakat yang membutuhkannya.

2 dari 5 halaman

3. Suhrawardi Lubis

Pengertian etika profesi merupakan sikap hidup seseorang dalam memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan kewajiban terhadap masyarakat.

4. Sawyer

Etika profesi adalah pernyataan yang berorientasi pada pedoman untuk haluan perilaku dalam melaksanakan tanggung jawab profesionalnya.

5. Lubis

Sedangkan menurut Lubis, pengertian etika profesi merupakan sikap hidup yang berupa kesediaan dalam memberikan pelayanan profesional terhadap masyarakat dengan keterlibatan penuh dalam rangka melaksanakan tugas.

3 dari 5 halaman

Pengertian Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi

Pengertian Etika Profesi © Diadona

Sebagai salah satu profesi dalam dunia ekonomi, maka wajib hukumnya memahami kode etik untuk menjaga mutu serta kepercayaan para pengguna jasa.

Oleh karena itu, kode etik profesi akuntan lah yang mengatur kaidah serta norma dalam lingkup profesional. Lalu apa itu kode etik profesi dalam bidang akuntansi?

Pengertian kode etik profesi dalam bidang akuntansi ialah ilmu yang membahas perilaku baik dan buruk seseorang yang bisa dipahami oleh pikiran manusia terhadap pekerjaan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus sebagai akuntan.

4 dari 5 halaman

Sehingga, jika tanpa kode etik, seorang akuntan dapat saja langsung diberhentikan. Itulah sebabnya Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) mengeluarkan kode etik yang harus dipatuhi oleh akuntan.

Adapun prinsip etika profesi akuntansi yang harus dipahami adalah perilaku profesional, tanggung jawab profesi, standar teknis, kepentingan publik, integiras, kerahasiaan, objektivitas, dan kompetensi.

5 dari 5 halaman

Pengertian Etika Profesi Secara Umum

Pengertian Etika Profesi © Diadona

Pengertian etik profesi secara umum adalah sikap etis yang dimiliki seorang profesional sebagai sikap hidup dalam mengembang tugasnya dan menerapkan norma-norma lainnya pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

Sehingga kode etik profesi sangat korelasi dengan bidang pekerjaan tertentu yang berhubungan langsung dengan konsumen. Selain itu konsep etika tersebut harus disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berada di lingkup kerja.

Dengan kata lain, kode etik profesi dibuat guna seorang profesional bertindak sesuai dengan aturan serta menghindari tindakan yang tidak sesuai kode etik profesi itu sendiri.

Itulah pengertian etika profesi dan definisi etika profesi menurut para ahli. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang masih kurang faham dengan materi ini ya, guys.

Beri Komentar