Mengenal Sosok Dian Inggrawati, ASN Tunarungu Kemensos Juara Lomba Inspirational ASN 2020

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 22 Desember 2020 15:09
Mengenal Sosok Dian Inggrawati, ASN Tunarungu Kemensos Juara Lomba Inspirational ASN 2020
Kisah yang sungguh menginspiratif.

Penghargaan ini diberikan kepada Dian Inggrawati, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Sosial sebagai Inspirational ASN 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Tentu sangat membanggakan dan bisa menjadi contoh bagi ASN lainnya di Kemensos. Dian adalah ASN yang berkerja di bagian Organisasi Hukum dan Humas di BP3ES," ujar Kepala Bidang Penelitian Pendidikan dan Penyuluhan Sosial (BP3ES) Prof Syahabuddin di Jakarta, Senin (14/12/2020).

1 dari 4 halaman

Keterbatasan Komunikasi Sejak Lahir

Dian Inggrawati © Diadona

Meski memiliki keterbatasan komunikasi sejak lahir, Dian selalu bekerja secara profesional dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

" Untuk menjalankan tugas dan berkomunikasi, Dian menggunakan bahasa isyarat karena terlahir tuna rungu. Ia tidak pernah menyerah dan banyak meraih penghargaan internasional mewakili Indonesia," kata Syahabuddin.

Dian Inggrawati mengaku tidak menyangka bisa meraih penghargaan tersebut. Dalam kompetisi ini ia berhasil menyisihkan 732 peserta dari seluruh Indonesia.

2 dari 4 halaman

Terharu saat Pegang Piala

" Saya senang sekali dan agak gugup saat pengumuman, karena bikin terharu sambil pegang piala anugerah ASN bawakan nama Kemensos Hadir," kata Dian.

Dian tak ingat kapan dirinya mendaftarkan diri mengikuti kompetisi yang diadakan Kemenpan RB. Namun, yang diingat Dian adalah mendaftar secara online dan bersemangat mengikuti kompetisi.

" Jadi, pada saat mencoba ikut daftar melalui online. Saya punya pengalaman inspirasi dan luar biasa serta bisa memiliki banyak prestasi," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Saingan Berat

Dian Inggrawati © Diadona

Setelah semua persyaratan terpenuhi, ia berhasil lolos tahap 2. Secara bertahap Dian mempersiapkan diri dan memperkuat keyakinannya untuk meraih yang terbaik hingga mencapai tahap wawancara online.

" Di sesi wawancara saya dikabari pihak panitia dan dinyatakan lolos 10 besar. Saya pun banyak berdoa karena saingan sangatlah berat. Mereka yang masuk dalam 10 besar mempunyai berbagai prestasi masing-masing," kata Dian.

4 dari 4 halaman

Tak Mudah Menyerah

Selain itu, Dian mengaku semua prestasinya telah diserahkan kepada Kementerian Sosial RI.

" Saya berharap bisa menjadi penyemangat seluruh ASN lainnya untuk tidak menyerah dan terus berkarya demi kemajuan Indonesia," kata Dian.

Moga kisah inspiratif Dian Inggrawati bisa jadi contoh teladan bagi kita semua ya.

Beri Komentar