Marketing Zaman Old vs Zaman Now, Apa Bedanya ya?

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 27 November 2020 06:45
Marketing Zaman Old vs Zaman Now, Apa Bedanya ya?
Jika kamu mencari posisi di perusahaan yang cocok untuk bakat dari semua jenis latar belakang keilmuan, maka pekerjaan pemasaran/marketing adalah jawabannya.

Tim pemasaran terbuka untuk lulusan dari semua jurusan. Selama kamu memiliki hasrat untuk merancang strategi untuk memenuhi kebutuhan pasar, peluangmu untuk dipekerjakan akan semakin besar.

Beberapa orang yang pernah belajar pemasaran di perguruan tinggi sudah membayangkan pekerjaan yang akan mereka hadapi jika bergabung dengan tim pemasaran. Namun, beberapa orang yang tidak memiliki pengalaman, mungkin tidak memahami tugas yang akan diberikan.

Untuk lulusan baru yang ingin memasuki dunia pemasaran, atau profesional yang ingin memulai karir baru di bidang pemasaran, lihat ulasan deskripsi pekerjaan pemasaran dulu dan kini. Pahami tantangan yang akan dihadapi, sebelum kamu melangkah lebih jauh.

1 dari 7 halaman

Pemasaran Tradisional

Bisnis adalahBisnis adalah © unsplash.com/@campaign_creators

Komposisi tim pemasaran selalu terdiri dari para profesional dengan berbagai posisi seperti Brand Manager, Business Development Strategist, Community Marketing Coordinator, hingga Promotion Director. Para ahli di bidang pemasaran ini mencoba mendekati pasar sasaran di tengah keramaian atau ruang publik lainnya. Sedangkan calon konsumen lainnya juga dapat dijangkau melalui media yang terbatas pada radio, televisi, dan surat kabar.

Berikut job description tim marketing yang sudah dikerjakan sejak lama:

2 dari 7 halaman

Riset Pasar

Ilustrasi Bisnis WomenIlustrasi Bisnis Women © unsplash.com/@brookecagle

Pekerjaan pemasar adalah melakukan penelitian, survei, dan mewawancarai calon pelanggan. Data ini digunakan untuk menentukan posisi produk, harga, pesanan, dan keputusan penting lainnya. Salah satu strategi yang dirancang tim pemasaran untuk mengumpulkan data pasar adalah dengan menyebarkan kuesioner di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan.

3 dari 7 halaman

Menciptakan Pengalaman Konsumen

Ilustrasi Bisnis WomenIlustrasi Bisnis Women © unsplash.com/@brookecagle

Tim pemasaran ditugaskan untuk memikirkan cara agar merek tertanam di benak konsumen. Jika merek telah menjadi top of mind di kepala pelanggan, mereka akan segera memilih produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Salah satu strategi pemasaran adalah dengan melakukan pendekatan agar konsumen memiliki pengalaman menggunakan produk, memahami kelebihannya dan menikmati manfaatnya. Jadi, tim pemasaran juga terlibat dalam memulai dan membuat acara atau lokakarya, dan aktivitas lain yang memperkuat pemahaman konsumen tentang merek.

4 dari 7 halaman

Strategi Periklanan

Ilustrasi MarketingIlustrasi Marketing © 2020 https://www.unsplash.com/Campaign Creators

Satu lagi cara untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat adalah dengan memasang iklan dimana-mana. Namun, anggaran yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi semuanya. Jadi, tugas tim marketing adalah mencari cara, memilih lokasi yang strategis agar iklan produk ditampilkan di tempat berkumpulnya target pasar.

5 dari 7 halaman

Pemasaran Digital

Ilustrasi MarketingIlustrasi Marketing © 2020 https://www.unsplash.com/Campaign Creators

Di era teknologi, dinamika dunia pemasaran juga semakin berkembang. Saat ini, " kerumunan" yang disasar sebagai pasar potensial tidak hanya ada di kehidupan nyata, tetapi juga di dunia maya. Jadi strategi pemasaran yang digunakan berbeda. Hal ini juga mendorong terciptanya jenis pekerjaan baru seperti Social Media Manager, SEO Specialist, Digital Brand Manager, hingga Content Marketing Specialist.

Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan yang dilakukan tim marketing saat ini.

6 dari 7 halaman

Pengoptimalan Mesin Telusur (Search engine optimization/SEO)

Ilustrasi MarketingIlustrasi Marketing © 2020 https://www.unsplash.com/Headway

Bagaimana kamu membaca pikiran target pasar kamu hari ini? Salah satunya dengan mengetahui kebiasaan masyarakat dalam menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di dunia maya. Kemudian, tim pemasaran bertugas memproduksi konten yang berisi informasi produk dan layanan perusahaan yang muncul di bagian atas mesin pencari.

7 dari 7 halaman

Pemasaran Konten

Ilustrasi MarketingIlustrasi Marketing © 2020 https://www.unsplash.com/Diggity Marketing

Sekarang, dalam tugas membuat pemasaran konten, pemasar harus menemukan cara paling menarik, kreatif, dan ringkas untuk mengkomunikasikan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Isi konten tidak untuk menjual produk dan layanan secara terbuka. Tetapi tim pemasaran berusaha untuk memberikan nilai kepada konsumen dan membangun hubungan yang kuat antara merek dan pelanggan.

Meski dunia sudah berkembang sedemikian rupa, para pemasar tidak bisa fokus melakukan digital marketing sendirian. Pemasar juga perlu memahami cara lama di mana strategi pemasaran dirancang untuk mendekati pelanggan dunia nyata secara langsung, tanpa melalui media. Pasalnya, ada kalanya orang juga merindukan " sentuhan" manusia yang sebenarnya.

Beri Komentar