Lingkungan Kerja yang Buruk Ternyata Bisa Memengaruhi Pola Pengasuhan di Rumah, Hati-Hati Moms!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 12 Juni 2020 10:15
Lingkungan Kerja yang Buruk Ternyata Bisa Memengaruhi Pola Pengasuhan di Rumah, Hati-Hati Moms!
Ngerasain nggak sih Moms?

Hampir sebagian besar orang pasti pernah merasakan lingkungan kerja yang kurang mengenakkan. Perlakuan bos atau bahkan rekan kerja kadang bisa cukup buruk dan memberikan dampak yang kadangkala nggak kita sadari.

Tapi tahu nggak sih, lingkungan kerja yang buruk ternyata bisa memengaruhi pola pengasuhan wanita sebagai ibu di rumah lho. Penelitian tentang hal ini telah dilakukan oleh tim dari Carleton University.

1 dari 2 halaman

Mengutip dari Times of India, ibu yang bekerja diminta untuk menceritakan pengalaman dan lingkungan kerja yang dilaluinya setiap hari. Kemudian, pasangannya pun diminta untuk menceritakan bagaimana pola pengasuhan yang diterapkan sang istri saat berada di rumah.

Ilustrasi Orangtua Memarahi Anak © Diadona

Hasil survei menunjukkan bahwa wanita yang bekerja di lingkungan kerja 'beracun' cenderung menjadi ibu yang otoriter saat di rumah. Mereka menggunakan pola pengasuhan yang cenderung lebih ketat, sebagai upaya pembuktian bahwa mereka pun bisa terampil mengasuh anak.

2 dari 2 halaman

Dr. Kathryne Dupre mengungkapkan bahwa lingkungan kerja yang buruk akan menurunkan performa kerja seseorang, meningkatkan stres, serta timbulnya gangguan pada pemrosesan informasi dan pengambilan keputusan. Lingkungan kerja yang buruk biasanya ditandai dengan perilaku tidak sopan, komentar merendahkan dari atasan maupun rekan kerja, pengakuan keberhasilan atas kerja keras orang lain, bahkan merendahkan kemampuan rekan kerja.

Pengaruh buruk lingkungan kerja mungkin nggak terlihat secara langsung, tapi justru pelan-pelan merusak kesehatan mental seseorang. Untuk itu, jangan sampai pengaruh buruk ini justru membuat para ibu mengasuh si kecil dengan cara yang salah ya.

Beri Komentar