Cara Membuat Iklan di Facebook, Mudah dan Cepat untuk Mempromosikan Suatu Bisnis

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 24 September 2020 07:36
Cara Membuat Iklan di Facebook, Mudah dan Cepat untuk Mempromosikan Suatu Bisnis
Inilah cara membuat iklan di internet yang baik dan benar, agar dilirik orang.

Sebagai seorang pelaku pebisnis, kamu tidak hanya pandai dalam memperhitungkan rugi dan untung saja, tentunya kamu juga dituntut untuk berfikir kreatif agar produk-produkmu bisa diterima oleh masyarakat.

Sehingga, salah satu solusi yang efektif dalam memasarkan produk tersebut ialah dengan mempraktikkan cara membuat iklan. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu capek-capek untuk mencari massa di seluruh Indonesia melalui jaringan Internet.

Lalu, bagaimana caranya? Tidak usah khawatir, berikut akan kami lampirkan ulasan tentang cara membuat iklan di media sosial bagi para pebisnis yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat IklanCara Membuat Iklan © shutterstock.com/BigTunaOnline

Membuat iklan melalui internet merupakan salah satu media promosi yang penting untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, kamu diwajibkan mengetahui cara membuat iklan yang menarik agar bisnis yang kamu jalani bisa menarik banyak orang sehingga angka penjualan yang didapat pun akan semakin tinggi.

Banyak cara yang dilakukan untuk memasang iklan di internet, salah satunya ialah di Facebook. Nah, penasaran bagaimana cara membuat iklan di Facebook? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buat Halaman Bisnis

Langkah pertama cara membuat iklan di Facebook ialah kalau kamu sudah memiliki halaman Facebook bisnis, maka kamu bisa langsung menuju Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk mengatur iklan. Namun jika belum, buat halaman Facebook bisnis terlebih dahulu.

Tahap-tahap selanjutnya akan menggunakan cara membuat iklan di Facebook ialah menggunakan Ads Manager.

2. Pilih Tujuan

Setelah login di Facebook Ads Manager, kemudian klik tab Campaign lalu klik Create untuk memulai kampanye iklan Facebook baru. Pada tahap ini Facebook menawarkan 11 tujuan pemasaran yang tergantung pada iklan apa yang ingin kalian capai, yaitu:

- Reach
- Traffic
- Messages
- Engagement
- Conversions
- Video views
- Conversions
- App installs
- Store traffic
- Lead generation
- Brand awareness

Pilih opsi yang paling cocok berdasarkan tujuan kamu dalam cara membuat iklan ini. Patut diperhatikan juga bahwa tujuan pemasaran yang berorientasi konversi (seperti penjualan) bisa kamu bayar per action, tapi untuk tujuan exposure (seperti traffic dan view) kamu harus membayar untuk impressions.

2 dari 3 halaman

3. Beri Nama Kampanye Iklan

Cara Membuat IklanCara Membuat Iklan © shutterstock.com/garagestock

Cara membuat iklan di Facebook berikutnya adalah scroll ke bawah untuk menamai kampanye iklan di Facebook kalian. Selain itu ada juga opsi untuk mengoptimalkan budget iklan kalau kamu sudah menjalankan banyak iklan di Facebook.

Akan tetapi, jika kamu memilih tujuan pemasaran Engagement, maka kamu juga harus memilih apakah harus fokus di post engagement, page like atau event responses. Jadi pilih sesuai keinginanmu saat ini.

4. Atur Akun Iklan

Tahap ini khusus untuk kamu yang pertama kalinya membuat iklan di Facebook. Caranya, klik tombol 'Set Up Ad Account', lalu kamu diminta untuk mengisi rincian data guna membuat akun iklan. Jangan lupa masukkan negara, pilihan mata uang dan zona waktu kemudian klik Continue.

5. Pilih Audiens

Kalau sudah mengatur akun iklan, cara membuat iklan di Facebook selanjutnya adalah membangun segmen audiens yang ingin diincar. Mulai dengan memilih usia, gender, bahasa dan lokasi target.

Saat memilih audiens target, perhatikan indikator ukuran audiens yang ada di sisi kanan layar supaya bisa mendapat bayangan seperti apa potensi jangkauan iklan kalian.

Setelah itu kamu bisa melakukan targeting yang lebih mendetail. Kamu akan melihat dua kolom yang bisa membantu memilih audiens yang spesifik sesuai keinginan.

Pada kolom 'Detailed targeting' kamu bisa memasukkan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi, minat dan perilaku. Sedangkan di kolom 'Connections' kamu bisa menargetkan atau mengecualikan orang yang sudah memiliki hubungan dengan halaman Facebook bisnis atau aplikasi event yang kamu kelola.

3 dari 3 halaman

6. Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Cara Membuat IklanCara Membuat Iklan © shutterstock.com/Rawpixel.com

Setelah memilih audiens, cara membuat iklan selanjutnya yaitu scroll ke bawah untuk memilih di mana kamu ingin menampilkan iklan tersebut. Kalau kamu masih pemula, lebih baik pilih opsi Automatic Placements.

Dengan memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan kalian di Facebook, Instagram, dan Audience Network di mana iklan tersebut ditampilkan dengan optimal.

7. Atur Budget dan Jadwal

Cara membuat iklan di Facebook berikutnya yaitu kamu bisa mengatur ingin membayar berapa banyak untuk iklan tersebut. Sebab, Facebook tidak mematok harga tertentu dan kamu pun bisa membayar tergantung kemampuan dan budget yang dimiliki.

Jika sudah selesai dengan pengaturan dan indikator audiens, selanjutnya klik Continue.

8. Buat Iklan

Tahap terakhir dalam tutorial cara membuat iklan di Facebook ialah membuat iklan. Pertama, pilih format iklan kamu, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan.

Pilihan format yang tersedia akan bergantung pada tujuan pemasaran yang telah kamu pilih sebelumnya. Sehingga gunakan preview yang ada di bagian bawah untuk memastikan iklan kamu terlihat bagus dan menarik di semua platform penempatan yang dipilih.

Kalau sudah puas dengan pilihan dan tampilan iklan kamu, maka cara membuat iklan di Facebook selanjutnya yaitu klik tombol Confirm untuk mengirimkan order kalian dan tunggu sampai mendapatkan email dari Facebook yang mengatakan iklan kamu sudah diterima.

Itulah cara membuat iklan di Facebook dengan benar bagi para pebisnis, agar mudah dilirk oleh konsumen lainnya. Semoga berhasil!

Beri Komentar