Shopee PHK Karyawan karena Efisiensi, Jamin Tak Akan Ganggu Operasional Bisnis dan Belanja

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 20 September 2022 11:55
Shopee PHK Karyawan karena Efisiensi, Jamin Tak Akan Ganggu Operasional Bisnis dan Belanja
PHK tersebut terpaksa dilakukan menyusul kerugian yang cukup besar dan kenaikan pendapatan yang lebih lambat

Shopee, salah satu raksasa e-commerce di Indonesia melakukan layoff terhadap 187 karyawannya. Keputusan ini diambil sebagai langkah efisiensi perusahaan. Shopee mengalami kerugian yang cukup besar dan kenaikan pendapatan yang lebih lambat sehingga terpaksa hari melakukan pemutusan hubungan kerja pada Senin, (19/9) kemarin.

Dilansir dari berbagai sumber, sumber internal Shopee Indonesia menyatakan ada sekitar 3 persen karyawan yang di-PHK. Hanya saja sumber tersebut tak menyebutkan berapa jumlahnya.+

1 dari 3 halaman

Ilustrasi ShopeeIlustrasi Shopee © shutterstock.com/id/g/bundid+vc

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan kalau keputusan sulit ini diambil sebagai langkah
adaptasi kondisi saat ini.

" Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

Lebih lanjut, dia menerangkan kalau langkah efisiensi ini sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan, yang merupakan dua komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi.

" Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," ucapnya.

Berikut ini bebrapa fakta terkait dengan PHK Shopee terhadap karyawannya

2 dari 3 halaman

PHK di Tengah Pandemi CoronaPHK di Tengah Pandemi Corona © shutterstock

Mendapatkan Gaji dan Pesangon

Shopee akan membayarkan pesangon dengan tambahan satu bulan gaji kepada karyawan yang di-PHK.

“ Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji,” kata Radynal.

Asuransi Kesehatan dari Shopee bisa Dimanfaatkan Sampai Akhir Tahun

Nggak hanya itu, mereka juga masih bisa menikmati fasilitas asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan hingga akhir tahun nanti, dengan seluruh manfaatnya.

3 dari 3 halaman

PHK Tak Akan Ganggu Operasional Bisnis dan Belanja di Shopee

PHK terhadap karyawan Shopee dipastikan nggak akan mempengaruhi operasi bisnis dan layanan kepada semua pengguna Shopee.

Saat ini Shopee telah melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia. Dengan angka tersebut, kehadiran Shopee telah memberikan peluang bagi banyak pelaku usaha untuk bertumbuh.

" Pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen dari Shopee Team. Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh Shopee Team sejauh ini," tuturnya.

" Kami akan terus melanjutkan misi kami untuk melayani jutaan penjual, pembeli, dan UMKM untuk menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui platform kami," pungkasnya.

Pejabat C-Level tak Akan Digaji

Sea Group, perusahaan induk dari disebut ngga kkaan ngasih gaji kepada pejabatnya di tingkat C-Level untuk mengetatkan pengeluaran perusahaan. Kebijakan ini diambil berkaitan dengan PHK yang terjadi pada karyawan mereka di Shopee Indonesia.

" Kita sekarang dapat melihat bahwa ini bukan badai yang berlalu dengan cepat: Kondisi negatif ini kemungkinan akan bertahan hingga jangka menengah," berikut tulisan dalam memo yang dikirimkan secara internal oleh Chairman & CEO Sea Group Forrest Li seperti dikutip dari Bisnis, Senin, 19 September 2022.

Dalam memo yang sama juga disampaikan kalau C-Level nggak akan mengambil kompensasi sampai perusahaan mandiri.

Semoga karyawan Shopee yang di-PHK segera mendapatkan pekerjaan kembali ya!

Beri Komentar