LOKALATE Ngonspirasi Summit 2022, Bentuk Nyata Dukungan LOKALATE untuk Anak Muda Bangun Ekonomi Kreatif di Indonesia Timur

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Januari 2022 16:05
LOKALATE Ngonspirasi Summit 2022, Bentuk Nyata Dukungan LOKALATE untuk Anak Muda Bangun Ekonomi Kreatif di Indonesia Timur
LOKALATE bersama Nutrifood ternyata sangat aware dengan potensi muda-mudi dan ekonomi kreatif di wilayah Indonesia Timur

LOKALATE menyadari tingginya potensi anak-anak muda di wilayah Timur Indonesia. Dan sebagai dukungan terhadap mereka serta perkembangan ekonomi kreatif Indonesia Timur, LOKALATE mengadakan LOKALATE Ngonspirasi Summit 2022. Acara apa sih itu? Yakni festival Kampus Indonesia Timur yang terdiri dari berbagai sesi acara yang menarik dan menginspirasi seperti pelatihan dan talkshow virtual.

Bertema “Unleashing Youth Potential in Eastern Indonesia”, Lokalate Summit diadakan selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (13-14/1). Acara ini digelar secara virtual. Pesertanya ada ribuan mahasiswa dan komunitas dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia Timur dan wilayah lainnya lho.

1 dari 5 halaman

LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 © LOKALATE

Acaranya seru dan menginspirasi banget. Hari pertama LOKALATE Ngopinspirasi Summit mengangkat topik ‘Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia’, dengan tiga narasumber yakni Dian Mariani (Human Resource Manager Nutrifood), Nina Agustriana (Head of Division Area Marketing Nutrifood). Yang tak kalah menginspirasi yakni hadirnya Isach Samuel Kbarek, putra asli Papua berprestasi, penerima beasiswa LPDP dan menempuh studi S2 di Marshall University Amerika Serikat serta peraih penghargaan The Most Inspiring Movement The New L-Men of the Year 2021.

Seperti temanya, ketiganya berbicara tentang gimana mempersiapkan diri menapaki tangga karier. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Dian Mariani selaku HRD Nutrifood, yakni pentingnya mencari tahu tentang perusahaan yang akan kita lamar.

2 dari 5 halaman

Dia juga memberikan tips kepada peserta agar dilirik oleh perusahaan idaman, salah satunya dengan akif mengikuti event perusahaan. Sebab biasanya, perusahaan akan lebih aware dengan keikutsertaan kandidat.

Penting juga buat mengetahui value perusahaan dan cari tahu irisannya dengan diri sendiri. Tujuannya biar kedua belah pihak sama-sama berkembang.

Sementara itu sebagai Head of Division Area Marketing Nutrifood, Nina Agustriana membocorkan tentang dunia marketing saat ini. Menurutnya, marketing tak lagi hanya sekadar mempromosikan produk, tapi juga personal branding. Dan kunci dari profesi ini adalah personal yang selalu mau belajar.

Senada dengan kedua narasumber, Isach Samuel Kbarek juga menekankan pentingnya soft skill. Sebab, soft skill tersebut akan mengarah pada social intelligence, salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 © LOKALATE

Pada hari kedua, LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 membahas “ The Future of Youth in Eastern Indonesia” yang dibawakan langsung oleh Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI) dan Mardi Wu (CEO Nutrifood), serta dimoderatori oleh Okky Alparessi, Pemenang The New L-Men of The Year 2021. Seperti temanya, sesi kedua ini membahas tentang potensi pemuda-pemudi di wilayah Indonesia Timur dalam membantu dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi industri kreatif yang luar biasa dengan potensi terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar dunia.

Sandiaga Uno mengajak kita semua buat bangkit dari segala tantangan di masa pandemi ini, termasuk merka yang beradadi Indonesia Timur.

“ Saya optimis, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta kolaborasi dari berbagai sektor, termasuk brand seperti Nutrifood dan LOKALATE, bersama-sama kita dukung kebangkitan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia. Mari kita Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online),” tambahnya.

4 dari 5 halaman

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga memuji Mardi Wu, CEO Nutrifood karena berasil menciptakan produk yang selalu jadi unggulan.

" Dari Nutrifood kita belajar gimana kita harus punya ciri khas dan keunikan maing-masing," puji Sandiaga Uno.

Mardi Wu percaya akan potensi anak-anak muda di Indonesia Timur sebagai generasi yang kreatif dengan potensi kepemimpinan yang besar. Dan melalui acara LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022, Nutrifood berharap semakin banyak anak muda di Indonesia Timur yang terinspirasi.

“ Kreativitas dan jiwa kepemimpinan ini perlu dilatih sejak muda apabila ingin mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing, baik dari potensi alam, budaya, kuliner, maupun sejarahnya yang kaya," ujarnya.

" Kami berharap semakin banyak muda-mudi yang berani bermimpi besar, percaya diri, dan mendapatkan tools yang tepat untuk meningkatkan kompetensi diri mereka sebagai calon pemimpin masa depan, baik sebagai entrepreneur maupun professional, hingga akhirnya dapat melahirkan berbagai inovasi yang dapat menjawab tantangan perkembangan zaman, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif.”

5 dari 5 halaman

Bertepatan dengan LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 hari ini, LOKALATE juga meluncurkan LOKALATE Kopi Pisang Bakar Epe. Sebagai mitra strategis co-branding Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI selama bertahun-tahun, LOKALATE yang merupakan brand kopi kekinian asli Indonesia selalu berinovasi menghasilkan berbagai varian kopi yang unik dan nikmat dengan cita rasa lokal, salah satunya dengan diluncurkannya LOKALATE Kopi Pisang Bakar Epe.

Jesaya Christian, Brand Manager LOKALATE mengatakan, “ Hadirnya varian baru LOKALATE Kopi Pisang Bakar Epe yang terinspirasi dari jajanan khas Makassar ini merupakan wujud komitmen LOKALATE dalam memperkenalkan rasa lokal khas Indonesia. Selain terbuat dari biji kopi pilihan dari Indonesia, LOKALATE Kopi Pisang Bakar Epe juga lebih rendah gula dan tinggi vitamin A, cocok untuk menemani para Sobat Melek dalam beraktivitas sehari-hari.”

Sebagai suatu perusahaan nasional, Nutrifood ternyata sangat aware dengan potensi muda-mudi dan menaruh perhatian yang tinggi terhadap wilayah Indonesia Timur yak. Gimana menurut kamu? 

Beri Komentar