Cara buat CV ATS Friendly Gratis yang Menarik untuk Lamaran Kerja

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 25 November 2022 11:06
Cara buat CV ATS Friendly Gratis yang Menarik untuk Lamaran Kerja
Yuk simak dengan baik cara buat CV ATS Friendly untuk melamar pekerjaan di bawah ini!

Curriculum Vitae (CV) menjadi hal wajib yang kamu harus miliki untuk melamar suatu pekerjaan atau internship.CV sendiri merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan informasi terkait pendidikan, keahlian, riwayat pekerjaan dan biodata diri kamu. Ada berbagai macam bentuk CV yang kamu bisa buat untuk melamar pekerjaan.

Masih banyak yang belum mengetahui detail apa saja yang diperlukan untuk mengisi deskripsi diri di CV. Untuk membuat CV, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan serta cara membuat CV gratis dan menarik untuk lamaran kerja.

 

1 dari 3 halaman

Informasi Data Diri Lengkap untuk CV

 

Data diri yang dibutuhkan untuk mengisi CV yang menarik haruslah lengkap. Kamu bisa memulai dari biodata diri kamu seperti foto, nama, tempat dan tanggal lahir, domisili, jenis kelamin,dll. Untuk pengisian biodata diri, kamu bisa menyesuaikan data sesuai kriteria pekerjaan kamu. Jika dalam pekerjaanmu membutuhkan data mengenai tinggi dan berat badan, maka kamu wajib untuk mengisi data tersebut.

Kemudian, kamu bisa memberikan data terkait deskripsi diri kamu. Deskripsi diri ini berisi kepribadian kamu, etos kerja serta motivasi kamu dalam bekerja.

Selanjutnya, kamu bisa memberikan penjelasan riwayat pendidikan. Lalu deskripsi keahlian yang kamu miliki. Untuk mendukung deskripsi keahlian, kamu bisa memberikan data pendukung seperti tingkatan atau level kemampuan kamu. Kamu juga bisa menambahkan data seperti pencapaian yang didapat (lomba, olimpiade, penghargaan lainnya).

Jika semasa menempuh pendidikan kamu pernah mengikuti organisasi, maka kamu bisa menyertakan data tersebut di CV kamu. Data ini berguna untuk menilai kecakapan kamu dalam pekerjaan tim.

Data selanjutnya adalah riwayat pekerjaan, data ini juga berguna sebagai informasi pendukung keahlian dirimu. Jika kamu belum pernah bekerja, kamu bisa memasukan informasi internship atau magang yang sudah kamu jalani.

2 dari 3 halaman

Langkah – langkah Pembuatan CV

Langkah – langkah Pembuatan CVLangkah – langkah Pembuatan CV © freepik.com/drazen zigic

Untuk membuat CV, kamu bisa menggunakan Microsoft Word atau pembuatan CV online. Kamu juga bisa membuat desain CV secara manual atau menggunakan template.

Cara buat CV di Microsoft Word

Pembuatan CV di word bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan template atau kamu dapat membuat sendiri secara manual. 

Jika kamu ingin membuat CV dengan cara yang simpel dan cepat, kamu dapat menggunakan template CV yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Kamu hanya perlu mengisi kolom data yang sudah disediakan oleh template tersebut. Namun, kekurangannya adalah kamu tidak dapat banyak memodifikasi data sesuai keinginanmu.

Membuat CV secara manual di Microsoft Word memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, namun kamu dapat memodifikasi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga dapat menyesuaikan kriteria CV yang perusahaan kamu butuhkan.

Cara buat CV di Microsoft Word dengan Template

Microsoft Word memiliki fitur template yang dapat kamu dapat dimanfaatkan untuk pembuatan CV loh, kamu dapat menggunakan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka dokumen baru.

  • Jika kamu menggunakan Word 2007, klik Installed Template, untuk Word 2010 bisa klik menu Sample Template. Dan pada Word 2011, klik New From Template. Sementara di Word 2013, kamu akan langsung menemukan template CV.

  • Jika sudah, kamu dapat pilih Resume and Cover Letter, pilih template CV yang ingin digunakan.

  • Klik Create maka template CV Word yang sudah dipilih akan muncul sebagai dokumen baru. Setelah itu kalian dapat mengeditnya sesuai dengan data diri kamu.

Cara buat CV di Microsoft Word secara manual

Seperti penjelasan sebelumnya, jika kamu ingin membuat CV sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Kamu dapat dengan manual membuat CV di Microsoft Word, berikut cara pembuatannya.

  • Buka Microsoft Word, dan buat dokumen baru.

  • Kamu dapat mengatur margin dengan membuka tab Layout dan klik Margin. Untuk ukuran margin terbaik adalah " 1" untuk margin bawah dan " 0,63" untuk margin samping. Klik ok jika sudah.

  • Selanjutnya mengatur bagian header CV, bagian ini mencakup nama pengguna, jabatan saat ini, nomor telepon, email. Pastikan nama ditulis dalam ukuran huruf 14-16 pt. Pilih juga font yang formal dan terbaca jelas.

  • Setelah selesai membuat header, spasi dua kali untuk membuat summary atau ringkasan CV mengenai dirimu. Buat kata " Summary" sedikit lebih besar dan tebal. Dibawah judul tersebut, kamu bisa menulis ringkasan diri secara singkat dan padat. 

  • Kemudian, lakukan sama seperti langkah sebelumnya dan masukkan informasi pribadi secara berurutan mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, dan skill.

  • Kamu dapat mengatur penempatan informasi pribadi dengan menyisipkan tabel untuk setiap bagian. Kamu bisa kreasikan desain tabel, misalnya membuat garis putus-putus.

  • Isi semua data diri dengan jelas, jika sudah klik Save.

Cara buat CV Online

Untuk pembuatan cv online, kamu bisa menggunakan beberapa website penyedia templat pembuatan CV. Template ini sudah siap digunakan dan kamu hanya perlu mengisi data-data dirimu sesuai template tersebut. Ada beberapa template CV yang perlu membayar untuk menggunakannya, namun banyak juga template yang dapat digunakan secara gratis.

Kamu bisa mengakses www.canva.com untuk membuat CV secara manual maupun template. Keunggulan Canva adalah kamu bisa memodifikasi sendiri desain CV kamu karena fitur yang disediakan canva cukup lengkap. Canva juga menyediakan beberapa template yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan tentunya gratis.

Selain Canva, kamu juga dapat menggunakan website lain untuk pembuatan CV. Beberapa website yang menjadi rekomendasi seperti www.cvmaker.com dan www.jobseeker.com

Cara buat CV di HP

Langkah-langkah pembuatan CV diatas bisa kamu lakukan dengan menggunakan Laptop atau PC. Kamu juga dapat menggunakan HP untuk pembuatan CV, namun tidak bisa menggunakan Microsoft Word. Kamu bisa menggunakan website CV online untuk membuat CV dengan HP. Kamu hanya perlu memasukkan data – data yang sudah tersedia pada template CV online.

 

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Jenis CV ATS Friendly

Rekomendasi Jenis CV ATS FriendlyRekomendasi Jenis CV ATS Friendly © freepik.com/ijeab

CV ATS Friendly merupakan format CV yang didesain untuk dapat disortir melalui software atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). Software ATS ini seringkali digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses seleksi kandidat dan rekrutmen.

Biasanya sistem ATS ini dapat langsung melakukan seleksi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sudah diatur sebelumnya. 

Penggunaan CV ATS ini dapat mempermudah perekrut dalam melakukan seleksi calon karyawan dalam jumlah yang sangat besar, karena perekrut tidak perlu melihat satu-satu isi CV dari calon karyawan tersebut. Software ATS dapat langsung menyaring kebutuhan perusahaan yang sudah ditentukan, seperti IPK, pengalaman kerja, serta skill atau keterampilan yang dibutuhkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian CV dan cara pembuatannya di Microsoft Word atau online. Kamu sudah siap untuk melamar pekerjaan? Jika belum, yuk segera terapkan cara ini untuk membuat CV  kamu. Jangan lupa juga untuk membaca informasi menarik lainnya yang dapat kalian akses di website diadona.id

Penulis: Rafli husein

 

Beri Komentar