Cara Beternak Kambing Etawa dan Jenis Lainnya Bagi Pemula, Mudah dan Pasti Untung

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 7 Oktober 2020 15:23
Cara Beternak Kambing Etawa dan Jenis Lainnya Bagi Pemula, Mudah dan Pasti Untung
Daging dan susu kambing selalu diburu, belum lagi ketika momen Idul Adha dan Aqiqoh. Kenapa nggak mencoba peruntungan dengan cara beternak kambing saja?

Cara beternak kambing dianggap mudah, menghasilkan keuntungan yang lumayan dan modal yang nggak terlalu besar. Coba deh perhatikan saat menjelang Idul Kurban, kambing laris manis deh tuh di pasaran.

Jangan lupakan momen Akikah juga yang mengharuskan seorang muslim menyembelih kambing berdasarkan jenis kelamin anak. Wah, cuan banget nggak sih? Daging kambing juga punya nilai jual yang tinggi dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan.

Investasi dengan cara beternak kambing bisa dibilang minim spekulasi. Yah, kecuali kambing tersebut mati atau sakit sih. Tapi beneran nggak sih memelihara kambing tuh semudah yang dibayangkan?

Yuk simak ulasan dari berbagai sumber berikut ini

1 dari 3 halaman

Cara Beternak Kambing Etawa

Cara Beternak Kambing © Diadona

Kambing etawa sebenarnya kambing impor yang didatangkan dari India pada 1953 silam. Yang berkembang sekarang ini adalah peranakan etawa yang merupakan hasil persilamgan antara kambing kacang lokal dengan kambing etawa. Bulu badannya belang karena memang hasil percampuran, sedangkan badannya kambing etawa jantan bisa mencapai berat 90 kg sementara betina bisa berbobot 63 kg lho!

Sekarang ini mulai banyak yang mencari cara beternak kambing etawa karena punya nilai jual yang tinggi. Kebutuhan daging dan susunya juga terus meningkat, padahal jumlah peternakannya tak terlalu banyak. Kambing ini juga sering dikonteskan karean perawakannya yang bagus dan gagah.

Dan cara beternak kambing etawa ini termasuk gampang karena etawa mudah beradaptasi. Yuk simak langkah-langkahnya:

Memilih Bibit

Biasanya kambing jantan yang bagus untuk induk punya postur punggung yang lurus, kaki kokoh dan nggak memiliki penyakit atau cacat fisik. kambing ini setidaknya kudu berumur lebih dari 1.5 tahun.

Sedangkan untuk kambing betina harus punya kaki yang lurus dengan tubuh profesional. Kambing betina harus punya dua puting yang kenyal ketika diraba serta bersikap jinak bebas penyakit.

Dalam hal memilih bibit dalam cara beternak kambing etawa, ada baiknya kamu menyerahkannya pda peternak kambing yang udah kamu percayai.

Kandang

Kandang etawa untuk cara beternak kambing membutuhkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup. Kotoran kudu mudah dibersihkan dari kandang untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang jadi penyebab penyakit. Jangan lupakan area makan dan minum untuk kambing yang mudah dijangkau.

Beberapa syarat lain dalam cara beternak kambing etawa, yakni:

  • Kandang tipe panggung bagus banget untuk mencegah kambing terkena kotoran
  • Wadah pakan diletakan setinggi bahu kambing
  • Jarak kandang sekitar 10 meter dari rumah
  • Kambing jantan dan betina dikandangkan terpisah, kecuali saat akan dikawinkan.

2 dari 3 halaman

Pakan

Begitu mendapatkan bibit kambing, segera berikan vitamin biar mereka bisa beradaptasi dengan habitat baru. Bila kamu adalah peternak pemula, kamu bisa memberikan pakan dengan komposisi 3 : 1 bekatul dan konsentrat. Atau bsia juga nih dengan memberikan bekatul : bungkul kelapa dan bungkil kacang dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Kambing etawa memakan dedaunan dan kacang-kacang yang kaya protein dan mineral, misalnya daun pohon lamtoro, daun nangka, daun pepaya atau lainnya. Sebaiknya berikan pakan daunan ini berselang-seling dengan pakan bekatul dan diberikan sebanyak dua kali yakni pagi dan sore hari.

Selain itu ada banyak juga toko pertanian dan peterrnakan yang menyediakan aneka jenis pakan buatan yang udah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Air minum kambing bisa ditambahkan garam yodium untuk melengkapi pemenuhan nutrisnya.

Kambing etawa bisa beranak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. Tapi bisa kok mengusahakan biar beranak lebih dari itu, yakni dengan megawinkannya saat udah masuk di umur musim kawin, yakni umur 11 atau 12 bulan.

Tanda birahi pada kambing etawa ditunjukkan dengan menurunnya nafsu makan, gelisah, ekor dikibaskan terus menerus dan sering buang air kecil. Masa ini terjadi selama dalam siklus waktu dua sampai tiga minggu selama 1 sampai 2 hari.

Kambing etawa betina hamil selama 5 bulan, dengan dua bulan selanjutnya adalah masa melahirkan dan istirahat. Dalam cara beternak kambing etawa, masa ini membutuhkan perhatian yang tinggi dalam membersihkan kambing dan kandangnya karena rawan terkena kudisan atau cacingan.

Kapan waktunya mereguk hasil dai cara beternak kambing? Tergantung pada target pasar. Kalau peternak menyasar warung sate kambing, biasanya kambing sudah muali panen saat berumur 8 sampai 12 bulan. Dan pemerahan susu bisa dilakukan setalah 4-7 hari melahirkan. Frekuensi pemerahan bisa dilakukan 2 kali sehari, pagi-pagi dan sore hari.

3 dari 3 halaman

Cara Beternak Kambing yang Baik

Cara Beternak Kambing © Diadona

Cara beternak kambing yang baik pasti bakalan menghasilkan ternak yang unggul dari segi kualitas dan kuantitas. Apakah sulit? Beberapa peternak mungkin mengalami berbagai kendala. Secara umum, beberapa panduan umum dalam beternak kambing diantaranya:

Pemilihan Bibit

Melansir Alam Tani, memilih bibit kambing sebaiknya sesuai dengan tujuan budidaya. Susu atau daging? Baru deh selanjutnya tentukan jenis kambing yang akan dibudidayakan dan ketahui dengan benar gimana cara memilih bibit yang baik.

Persiapan Kandang

Ada dua tipe kandang yang digunakan dalam cara beternak kambing, yaitu tipe koloni yang bisa menampung hingga 10 ekor kambing, dan tipe individual yang hanya diisi satu ekor saja. Tipe yang terakhir ini biasanya diperuntukkan saat pemeliharaan intensif.

Perkembangan Kambing

Di desa, cara beternak kamnbing biasnaya dilakukan dengan metode tradisional di mana kegiatan ini dilakukan bukan sebagai mata pencaharian utama. Biasanya kambing dilepas di area yang memiliki sumber pakan, trus digiring ke kandang pada sore harinya. Cara beternak kambing dengan metode ini bisa dibilang irit tenaga karena kambing mencari makan sendiri.

Sedangkan cara beternak kaming intensif dan semi intensif dilakukan ketika kambing kudu terus berada di kandang dan peternak yang memberikan pakan.

Makan dan Minum Kambing

Kambing suka banget pakan hijauan seperti daun dan jadi dassar pakan mereka. Misalnya, daun lamtoro, gamal, daun nangka dan lainnya. Berapa jumlahnya?

Pakan kambing diberikan sebanyak 3 persen dari berat badannya ketika pakan dalam keadaan kering. Bila dalam kondisi basah, pakan seberat 10 -15 persen dari berat tubuh.

Nggak cuman tumbuhan hiaju saja, kambing juga perlu makanan konsentrat yang diproduksi pabrik atau bisa dengan membuatnya sendiri. Kandungan protein konsentrat paling enggak sekitar 16 persen dan penting dilakukan saat kambing sedang hamil tua atau setelah beranak.

Sanitasi

Sanitasi atau kebersihan kandang penting banget dalam cara beternak kambing. Makanya, kandang kudu bersih dari kotoran agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cek kesehatan kambing sebelum masuk ke kandang. Hilanhgkan parasir dengan membrikan obat cacing, plus mandikan kambing saat akan masuk ke kandang pertama kalinya.

Reproduksi Kambing

Kabing betani siap kawin pada umur 6 sampai 10 bulan. Tapi ada baiknay sih kawinkan saat berumur 10 sampai 12 bulan saja, atau saat bobotnya sudah berada di 55 - 60 kg. Kambing yang berkualiatas bisa beranak minimal 3 kali dalam setahun.

Cara beternak kambing bisa dibilang susah-susah gampang. Biar nggak merugi, kamu harus perhatikan apa aja yang penting dalam pertumbuhan kambing, jangan cuman dikasih makan saja. Tertarik beternak?

Beri Komentar