Biar Makin Melejit di Tahun Depan, Manfaatkan Natal Sebagai Momentum Tingkatkan Kariermu

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 24 Desember 2020 08:57
Biar Makin Melejit di Tahun Depan, Manfaatkan Natal Sebagai Momentum Tingkatkan Kariermu
Ini adalah kesempatanmu untuk bisa bersinar di Tahun 2021.

Bagi sebagian orang, Natal adalah momentum tepat untuk rehat dari pekerjaan dan pergi berlibur. Tapi sebenarnya, gak ada salahnya kalau kamu menggunakan momen ini untuk memikirkan ulang tentang pengembangan kariermu.

Momen Natal bisa jadi momentum paling pas untuk membuat karier melejit di tahun 2021 mendatang. Seperti apa caranya? Melansir The Guardian, Lembaga Personal Career Management memberi beberapa kiatnya. Langsung aja simak di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Manfaatkan Pesta Natal Kantor

Waktu Hari Natal, beberapa kantor punya acara makan malam atau pesta. Gunakan kesempatan ini untuk bicara dan atau berkenalan dengan orang-orang yang biasanya sulit diakses. Perkenalkan dirimu dan tanyakan apakah kamu bisa menemuinya di kesempatan lain. Bila mungkin, kamu juga bisa minta nasehat karier pada mereka.

 

2 dari 4 halaman

Jalin Kembali Koneksi Lama

Natal juga bisa jadi momen terbaik untuk menjalin komunikasi kembali dengan kenalan atau klien lama. Kamu bisa mengundang mereka makan siang atau minum kopi.

Dalam kesempatan ini, cobalah kamu berdiskusi atau tanyakan hal-hal yang membebani pikiranmu. Siapa tahu, kesempatan baru dan menantang datang dari mereka setelah Natal.

3 dari 4 halaman

Siapkan Waktu untuk Evaluasi Karier

Kalau kamu merasa gak cocok sama lingkungan kerja yang sekarang dan ingin pindah, jangan terburu-buru. Ada banyak alternatif sebelum menyebar CV dan resume kerja. Kamu bisa mulai mengobrol dengan bagian personalia untuk melihat adanya kesempatan baru.

Bila ada posisi kosong, cek semua tanggung jawabnya, siapa tahu cocok denganmu. Kamu juga bisa mulai membekali diri dengan keterampilan baru untuk menempuh karier yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Update CV dan Profil Linkedin

Kamu bisa menggunakan libur Natal untuk memperbarui CV, resume, dan profil Linkedin. Pastikan juga untuk mengaktifkan fitur Job Search di Linkedin. Lalu, tambahkan pengalaman dan atau keterampilan baru dalam CV.

Semoga tips ini bisa membantu ya!

Beri Komentar