Arti Kredibilitas dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 9 Juni 2020 13:19
Arti Kredibilitas dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Kredibilitas adalah kinerja seseorang yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan.

Kredibilitas adalah presepsi seseorang terhadap sifat orang lain, yang bisa dipercaya. Kata tersebut umumnya digunakan dengan kesaksian dari seseorang dalam suatu perusahaan ataupun lembaga selama konferensi.

Sedangkan melansir dari wikipedia, kredibilitas adalah kapabilitas atau kualitas seseorang untuk menimbulkan kepercayaan selama persidangan.

Sehingga berdasarkan uraian di atas, arti kredibilitas adalah seseorang yang dianggap benar terhadap suatu hal yang diperdebatkan.

Nah, untuk menambah wawasanmu tentang definisi kredibilitas, langsung saja merujuk pada ahlinya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Kredibilitas adalah..

Kredibilitas adalahKredibilitas adalah © pexels.com/@fauxels

Dalam Kamus Besar Berbahasa Indonesia, arti dari kredibilitas adalah perihal yang dapat dipercaya. Sehigga membangun kredibilitas bukan lah hal yang mudah.

Sebab, butuh usaha yang tinggi untuk meraihnya. Namun, menariknya jika seseorang memiliki kredibilitas yang tinggi, hal ini akan memberikan peluang untuk bergaul dengan orang lain.

Pengertian kredibilitas menurut para ahli pun juga dijelaskan oleh Jalaluddin Rahmat (2005;257) dalam bukunya yang berjudul Psikologi Komunikasi, menjelaskan bahwa kredibilitas adalah persepsi tentang sifat-sifat komunikator.

2 dari 6 halaman

Pengertian Kredibilitas Menurut Para Ahli

Arti kredibilitas memang memilki makna yang luas, namun kata tersebut biasanya digunakan untuk seseorang yang bisa dipercaya dan memiliki tanggung jawab atas suatu hal yang diperdebatkan.

Prof. Dr. H. Hafied Canggara, M.Sc. (2008;91) juga berpendapat, kredibilitas adalah persepsi yang dimiliki seseorang tentang kelebihannya, sehingga bisa diterima oleh khalayak.

Sedangkan menurut Aristoteles, kredibilitas adalah seorang kominkator yang memiliki kekuatan dari karakter pribadinya, sehingga mampu mengendalikan emosi pendengarnya.

Sehingga dari penjelasan para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa kredibilitas adalah persepsi seseorang yang berasal dari sifat-sifat yang melekat pada orang tersebut.

3 dari 6 halaman

Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas adalahKredibilitas adalah © pexels.com/@fauxels

Dalam sebuah perusahaan tentu membangun sebuah reputasi untuk mengembangkan ikatan yang kuat dengan konsumen atau lembaga. Biasanya hal ini disebut sebagai kredibilitas perusahaan.

Kredibilitas perusahaan adalah tingkat kepercayaan sebuah perusahaan di mata klien atau pelanggan, dan sumber daya keuangan.

Sehingga kredibilitas dalam perusahaan ini dianggap penting sebab mengkaitkan nama baik atau reputasi sebuah perusahaan sebagai nilai jual.

4 dari 6 halaman

Menurut Kotler dan Keller (2006) kredibilitas perusahaan bergantung pada tiga faktor, yakni:

1. Kepercayaan Perusahaan

Perusahaan yang tampak termotivasi untuk mejadi jujur, dan peka terhadap kebutuhan pelanggan.

2. Keahlian Perusahaan

Bagaimana perusahaan mampu membuat dan menjual produk dalam memberikan layanan.

3. Daya Tarik Perusahaan

Perusahaan terlihat disukai, menarik, bergengsi, dinamik, dan lain-lain.

Dengan begitu, perusahaan yang dapat dipercaya akan terlihat baik dalam setiap aktivitas yang dijalankannya. Sebab kepercayaan adalah penentu  utama kredibilitas dengan perusahaan lain.

5 dari 6 halaman

Kredibilitas Komunikator

Kredibilitas adalahKredibilitas adalah © shutterstock.com/leungchopan

Kredibilitas komunikator adalah tingkat kepercayaan seseorang kepada pembicara dalam suatu konferensi. Sehingga jika kredibilitas seseorang tersebut buruk, berarti segala omongan yang terucap tidak bisa dipercaya.

Menurut Hafied Canggara (2008;92) kredibilitas komunikator adalah seseorang yang bisa dipercaya berdasarkan kompentensi, sikap, kepribadian dan tujuannya.

Untuk menilai kredibilitas adalah dari cara menyampaikan sesuatu pesan kepada orang lain, sehingga bisa dipahami.

6 dari 6 halaman

Selain itu kredibilitas seseorang juga bisa dilihat berdasarkan apa kata orang yang sudah dipercaya. Kepercayaan tersebut muncul saat komunikator memberikan contoh yang baik seperti jujur, rendah hati, serta mampu menjadi penengah dalam berbagai konflik.

Intinya, kredibilitas adalah cara pandang seseorang yang bisa dipercaya oleh khalayak dalam menyelesaikan sebuah konflik.

Beri Komentar