Anak Baru di Kantor? Ini Tips PDKT dengan Rekan Kerja agar Makin Akrab

Reporter : Mila
Kamis, 6 Mei 2021 14:57
Anak Baru di Kantor? Ini Tips PDKT dengan Rekan Kerja agar Makin Akrab
Jadi anak baru harus aktif, tanggap, dan pintar berbaur, ya.

Apakah kamu baru pindah kerja ke kantor baru? Pasti saat ini kamu sedang belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baru pula. Adaptasi mulai dari pekerjaannya, aturan dan budaya perusahaan, sampai dengan rekan kerja di divisi yang sama maupun berbeda.

Belajar adaptasi memang tidak mudah. Mengenal karakter masing-masing orang, terutama dalam tim kerjamu. Sebab dengan merekalah kamu akan bekerja sama. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui dan memahami sifat serta karakter mereka dengan baik.

Tapi jangan cemas, begini cara 'PDKT' dengan rekan kerja agar makin akrab.

1 dari 3 halaman

Mulai dengan Sikap Ramah

Membangun kesan pertama yang baik sangat penting apalagi saat baru bergabung di perusahaan baru. Kalau dari awal kamu sudah tidak bersahabat, tidak ada yang mau bekerja sama denganmu. Kamu malah akan dijauhi rekan kerja yang lain, karena dianggap sombong, belagu, tinggi hati.

Tapi sebaliknya, kalau sedari awal menunjukkan sikap baik, rendah hati, murah senyum, maka rekan kerjamu tidak akan ragu untuk memulai obrolan terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Bertanya Duluan

Saat memulai pekerjaan pertamamu, jangan ragu dan malu untuk bertanya. Biasanya ada rekan kerja atau senior yang enggan untuk memulai perbincangan duluan dengan anak baru. Jadi, kamulah yang harus aktif.

Salah satunya dengan bertanya seputar tugas dan tanggung jawabmu. Yang terpenting adalah jangan menutup diri. Berbaur lah, kemudian mengakrabkan diri, sehingga suasana cepat cair dan tidak ada lagi gap di antara kalian. 

3 dari 3 halaman

Saling Menghargai

Memberi saran, kritik, dan mencetuskan ide atau gagasan baru sangat dianjurkan dalam tim. Bukan hanya untuk rekan kerja senior, tetapi juga kamu yang masih baru. 

Tapi apabila terjadi beda pendapat, beda cara pandang dan pola pikir, jangan malah saling egois mempertahankan pendapatnya. Antar satu tim harus saling menghormati dan menghargai agar menjadi tim yang solid dan kompak.

Semoga kamu betah ya di kantor kamu yang baru!

Beri Komentar