4 Tipe Keahlian Karyawan, Kamu Termasuk yang Mana nih?

Reporter : Mila
Rabu, 28 April 2021 08:57
4 Tipe Keahlian Karyawan, Kamu Termasuk yang Mana nih?
Kamu wajib memenuhi salah satu dari tipe keahlian itu demi menunjang kelancaran karier.

Keahlian karyawan adalah salah satu kriteria penilaian paling penting dalam proses rekrutmen. Ternyata, tipe keahlian karyawan tersebut bisa dianalogikan dengan bentuk-bentuk sederhana lho.

Kamu wajib memenuhi salah satu dari empat tipe keahlian itu demi menunjang kelancaran karir di dunia kerja. Apa saja? Langsung simak selengkapnya di bawah!

1 dari 4 halaman

Dash Shaped (-)

Tipe keahlian karyawan yang satu ini digambarkan dengan tanda strip (-). Bentuk ini menunjukkan bahwa karyawan mampu bekerja pada lebih dari satu bidang, tapi memang tidak memiliki spesifikasi keahlian secara mendalam pada bidang tertentu.

2 dari 4 halaman

I-Shaped (I)

Persis seperti huruf I yang berbentuk garis lurus, tipe keahlian ini menggambarkan karyawan yang hanya memiliki satu keahlian spesifik dan menekuninya secara mendalam.

Sayangnya, karyawan yang seperti ini punya pilihan karier yang terbatas. Kecenderungan tersebut bisa membatasi jumlah relasi dan pendapatan yang diperoleh.

3 dari 4 halaman

T-Shaped (T)

Orang yang termasuk dalam tipe keahlian karyawan T-shaped punya kemampuan kerja di berbagai bidang. Namun, orang tersebut memilih untuk fokus pada satu bidang saja.

Pilihan hidup itu biasanya dipengaruhi oleh passion selama berkecimpung di dunia kerja.

4 dari 4 halaman

M-Shaped (M)

Kadang kala M-shaped juga disebut dengan comb shaped karena jumlah garis vertikalnya bisa lebih dari tiga.

Analogi tersebut cocok digunakan untuk menjelaskan karyawan yang bisa bekerja di berbagai bidang sekaligus punya spesialisasi pada lebih dari satu bidang. Karyawan tipe ini memang terbilang langka, sehingga mereka menjadi aset berharga bagi perusahaan yang mempekerjakannya.

Kalau kamu termasuk tipe karyawan yang mana nih?

Beri Komentar