6 Cara Ampuh Selamatkan Dirimu dari Rekan Kerja yang Toxic

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 10 Juli 2020 11:34
6 Cara Ampuh Selamatkan Dirimu dari Rekan Kerja yang Toxic
Kalau keberadaan orang toxic gak bisa kamu hindari, yuk buat perlindungan untuk diri sendiri aja.

Rekan kerja toxic yang dimaksudkan di sini ialah, seseorang di tempat kerjamu yang selalu memberi hal negatif padamu. Bisa dengan kalimat-kalimat yang bernada pesimis terus, atau selalu mengajakmu untuk bergosip buruk tentang orang lain di kantormu, atau bahkan menggosipkan bosmu.

Sampai rasanya tak ada hal positif yang bisa diambil darinya, selain mengeluh, bersedih, dan mengeluh kembali. Nah, agaknya tipe orang toxic seperti ini akan selalu ada, dan kamu tak bisa memprediksikan di mana kamu akan bertemu denga tipe orang ini. Maka, jika kamu apes dan bertemu dengan orang tipe ini di tempat kerjamu, baiknya buatlah perlindungan untuk dirimu sendiri, begini caranya.

1 dari 6 halaman

1. Pisahkan Emosional

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari rekan kerja yang toxic adalah dengan membuat dirimu secara emosional terpisah dengannya. Banyak orang toxic menggunakan trik pikiran untuk menggerakkan orang lain secara emosional dan ketika kamu jatuh ke dalam perangkap itu, itu hanya akan membuat situasi menjadi sulit. Misalnya, orang itu mungkin sangat mendukung ketika kamu bersamanya, tetapi kemudian diam-diam dia akan merusakmu di depan bos kalian.

Ketika kamu mengetahuinya, bukankah itu membuat kamu marah atau sedih karena kamu tidak pernah mengharapkan perilaku seperti itu darinya? Kemarahan atau kesedihan tidak lain adalah emosi. Jadi, ketika kamu berhenti bereaksi seperti itu, segala sesuatu mungkin menjadi lebih dapat ditoleransi.

2 dari 6 halaman

2. Bergaul dengan Orang Lain

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Tidak semua rekan kerja adalah orang toxic. Jadi, belajarlah bergaul dengan rekan kerja lain yang membuatmu merasa nyaman. Salah satu ciri perilaku klasik orang-orang toxic adalah mengasingkan korban. Jadi, pastikan kamu tidak menyerah pada rencana jahat mereka.

3 dari 6 halaman

3. Jangan Coba Buktikan Mereka Salah

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Cara terbaik untuk menangani rekan kerja toxic adalah dengan ada di atas mereka. Sering kali kamu mungkin tergoda untuk membuktikan kesalahan mereka tetapi melakukan hal itu hanya akan membuat mereka lebih termotivasi untuk mempermalukanmu. Ingat, kamu tidak memiliki kendali atas perilaku orang lain, tetapi kamu pasti dapat mengendalikan tindakanmu sendiri, bukan? Jadi, jangan mencoba memperbaikinya karena orang-orang seperti itu tidak dapat diterima.

4 dari 6 halaman

4. Ketidaktahuan adalah Kebahagiaan

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Mungkin sangat sulit untuk mengabaikan kegiatan beracun rekan kerja. Inilah latihan yang bisa kamu coba untuk membangun tingkat kesabaranmu, yang akan membantumu mengabaikan orang-orang seperti itu. Setiap kali kamu menemukan seorang rekan yang toxic bersikap kasar kepadamu, ulangi saja kata-kata ini dalam hati, “ Terima kasih Tuhan, saya tidak seperti dia."

Bayangkan berada di sepatunya. Apakah kamu ingin memperlakukan orang lain sebagaimana rekan kerjamu yang beracun memperlakukan dirimu? Tentu saja tidak. Segera setelah kamu menyadari bahwa kamu adalah orang yang lebih baik daripada rekan kerja manipulatifmu, akan lebih mudah bagimu untuk mengabaikannya.

5 dari 6 halaman

5. Jangan Pernah Bagikan Detail Pribadi

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Orang-orang yang toxic juga kebanyakan adalah manipulator hebat. Berbagi informasi pribadi dengan orang-orang semacam itu seperti memberi mereka senjata untuk menghancurkanmu. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu bicarakan dengan kolega tersebut karena kamu tidak pernah tahu informasi apa yang mungkin ia gunakan untuk membuatmu merasa kehilangan motivasi atau stres. Jadi, jaga agar semua interaksi tetap sederhana dan profesional.

6 dari 6 halaman

6. Ini Semua Hanya Sementara

Ilustrasi Rekan Kerja Toxic © Diadona

Kapan pun keadaan menjadi sulit, ingatlah tidak ada yang permanen. Ini hanya tempat kerjamu dan kamu memiliki kehidupan lebih dari ini. Juga, kamu tidak akan menghabiskan seluruh hidupmu bekerja dengan orang yang sama, kan? Semakin banyak kamu memikirkan hari di mana kamu berada dengan rekan kerja yang tepat, akan semakin mudah untuk berurusan dengan rekan kerja yang toxic.

Beri Komentar