Pengertian Tenaga Kerja, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 10 Juli 2020 10:50
Pengertian Tenaga Kerja, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Menurut Para Ahli
Pengertian tenaga kerja ialah seorang penduduk yang memiliki usia kerja.

Pengertian tenaga kerja adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja saat sebelum dan setelah selesainya masa hubungan kerja.

Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003, bahwa pengertian tenaga kerja adalah seseorang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhannya sendiri ataupun untuk masyarakat sekitar.

1 dari 6 halaman

Berbicara tenaga kerja tentunya akan membahas masalah ketenagakerjaan yang banyak dialami orang-orang. Untuk itu beberapa faktor diantaranya ialah seperti pendidikan yang rendah, pertumbuhan ekonomi, dan kesempatan mendapatkan kerja yang minim.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Tapi mengatasi masalah seperti ini tidak semudah membalikan tangan, sebab kondisi ini selalu muncul di beberapa negara yang tidak hanya di indonesia.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian tenaga kerja, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Tenaga Kerja © Diadona

Selain dari penjelasan di atas, adapun pengertian tenaga kerja menurut para ahli yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan, diantaranya:

1. Dr. Payaman Simanjuntak

Pengertian tenaga kerja adalah seseorang yang sudah atau sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan, dan yang melaksanakan kegiatan lain seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga.

2. Dumairy

Menurut Dumairy, pengertian tenaga kerja ialah penduduk yang memiliki umur didalam batas usia kerja, yang bertujuan agar definisi yang diberikan bisa menggambarkan kenyataan yang sebenarnya.

3 dari 6 halaman

3. Eeng Ahman & Epi Indriani

Pengertian tenaga kerja merupakan seluruh jumlah penduduk yang dianggap mampu bekerja serta sanggup bekerja jika ada permintaan kerja.

4. Suparmoko dan Icuk Ranggabawono

Menuru Suparmoko dan Icuk Ranggabawono, pengertian tenaga kerja adalah penduduk yang sudah memasuki usia kerja dan memiliki pekerjaan, atau sedang mencari pekerjaan.

5. Sumitro Djojohadikusumo

Pengertian tenaga kerja adalah semua orang yang bersedia dan memiliki kesanggupan untuk bekerja, termasuk mereka yang menganggur, tapi terpaksa menganggur karena tidak adanya kesempatan kerja.

4 dari 6 halaman

Pengertian Tenaga Kerja, Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja

Pengertian Tenaga Kerja © Diadona

Pada umumnya, tenaga kerja ialah salah satu faktor produksi yang penting bagi setiap negara. Sehingga tanpa adanya tenaga kerja, faktor produksi alam dan produksi modal tentu tidak bisa digunakan secara optimal.

Selain itu, tenaga kerja dibagi lagi menjadi dua kelompok yakni angkatan kerja serta kesempatan kerja. Lalu, apa sih pengertian dari tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja?

Pengertian tenaga kerja merupakan penduduk dalam usia kerja yang siap melakukan pekerjaan, mencari pekerjaan, atau mereka yang mengurus rumah tangga. Sedangkan, angkatan kerja adalah penduduk yang sudah bekerja/belum bekerja/mencari pekerjaan.

Sementara pengertian dari kesempatan kerja adalah suatu keadaan yang menggambarkan ketersediaan pekerjaan (lapangan kerja) untuk diisi oleh para pencari kerja. 

5 dari 6 halaman

Pengertian Pasar Tenaga Kerja

Pengertian Tenaga Kerja © Diadona

Pengertian pasar tenaga kerja adalah salah satu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli tenaga kerja, untuk mengkoordinasi pertemuan antara para pencari kerja atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja.

Selain itu, manfaat dari pasar tenaga kerja ialah untuk membantu suatu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan, serta membantu para pencari kerja guna mengurangi penggangguran.

6 dari 6 halaman

Dengan begitu, fungsi dari pasar tenaga kerja adalah sebagai sarana penyaluran tenaga kerja, untuk mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan, dan sarana pertemuan antara pencari kerja serta pencari tenaga kerja.

Sayangnya kelemahan dari pasar tenaga kerja adalah adanya tindakan penipuan dan kekerasan terhadap calon tenaga kerja.

Itulah pengertian tenaga kerja, fungsi, dan manfaatnya yang merujuk dari pendapat para ahli. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memahami materi ini ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar