Tiga Langkah Optimalkan Profil LinkedIn, Kerja Impian di Depan Mata!

Reporter : Mila I
Sabtu, 4 Juli 2020 08:57
Tiga Langkah Optimalkan Profil LinkedIn, Kerja Impian di Depan Mata!
Sudahkah LinkedIn-mu sempurna di mata perekrut?

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn. Hampir seluruh orang di dunia menggunakan LinkedIn untuk membangun jaringan bahkan untuk mencari kerja.

Tapi berbeda dari Instagram atau jejaring sosial lain, LinkedIn lebih bersifat profesional dan formal. Di LinkedIn kamu bisa berinteraksi dengan orang yang telah bekerja denganmu, ingin bekerja denganmu, atau hanya mungkin ingin mengetahui secara profesional.

Selain itu kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan dan membaca artikel terkait pekerjaan dari perusahaan kamu kagumi. Intinya LinkedIn adalah ruang untuk urusan pekerjaan dan minat profesional.

1 dari 5 halaman

Optimalkan Profil LinkedIn

Trik LinkedIn © Diadona

Karena sangat penting untuk reputasimu dan kerjaanmu, maka kamu perlu menunjukkan profil LinkedIn mu yang 'layak'. Bagaimana caranya?

 

2 dari 5 halaman

1. Pilih Foto Profesional

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah foto yang kamu gunakan. Pilihlah foto profesional yang layak dilihat oleh orang banyak. Jangan terlalu formal seperti pas-foto atau jangan terlalu santai seperti foto dalam instagram. Cukup tricky, tapi pastikan fotomu tepat!

3 dari 5 halaman

2. Tambahkan Kata Kunci

Seperti yang disebutkan di atas banyak orang yang memakai LinkedIn. Kalau kamu ingin segera 'ditemukan' coba pasanglah kata kunci yang sering dicari orang. Misalnya: talent acquisition, candidate experience, recruiting, talent, talent development, employer branding, and talent management.

4 dari 5 halaman

3. Tulis Ringkasan yang Singkat dan Jelas

Menuliskan ringkasan pada LinkedIn sangatlah penting, karena tidak semua orang punya waktu untuk membaca semua isi profilmu. Tuliskan ringkasan tentang dirimu dan apa yang kamu lakukan dengan apik. Cukup tuliskan dengan singkat, namun 'mematikan'.

5 dari 5 halaman

Menggunakan LinkedIn Sebagai Jobseeker

Trik LinkedIn © Diadona

Kalau kamu belum memiliki pekerjaan dan berniat mencari kerja, ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Ikuti Laman LinkedIn Perusahaan yang Kamu Minati

2. Terhubung dengan Karyawan Perusahaan yang Kamu Minati (siapa tahu dapat informasi kan?)

3. Gunakan search bar untuk mencari pekerjaan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Good luck!

Beri Komentar