Yuk Mulai Pakai Anti Aging di Usia 25 Tahun, Hindari Penuaan Dini Agar Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda

Reporter : Kurnia
Senin, 27 Juni 2022 15:22
Yuk Mulai Pakai Anti Aging di Usia 25 Tahun, Hindari Penuaan Dini Agar Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda
pastikan penuaan dini gak menghantuimu di usia 30 tahun, ya

Mendapatkan kulit cantik dan sehat tentu tidak bisa diperoleh begitu saja ya, Diazens. Terlebih lagi jika ingin awet muda dan kulit sehat tanpa melakukan perawatan apapun untuk wajah.

Ada ragam jenis perawatan dan produk yang perlu diaplikasikan, seperti anti aging misalnya. Lantas, kapan sih waktu yang tepat untuk menggunakan produk anti aging itu?

1 dari 5 halaman

25-30 Tahun

Benarkah pada usia 25 sampai awal 30 tahun adalah waktu yang terbaik untuk menggunakan produk-produk anti aging?

Pada dasarnya, tidak ada patokan khusus untuk mengatakan ini waktu yang tepat menggunakan produk anti aging.

Namun, di usia 20-an ke atas, kulit terutama bagian wajah akan mulai menunjukkan tanda-tanda adanya kerutan. Mulai dari sekitar mata, antara alis serta dahi, pipi lebih cekung, garis senyum dalam, serta kulit mengendur. Tak hanya di wajah, bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti tangan dan leher biasanya juga menjadi lokasi tanda-tanda penuaan muncul.

2 dari 5 halaman

Penuaan DiniPenuaan Dini © 2021 freepik.com

Hasilnya, tentu saja kulit wajah tidak lagi terlihat sehat dan awet muda. Untuk itu, pentingnya penggunaan produk anti aging untuk menjaga kesehatan kulit perlu diperhatikan.

Menurut dr. Riska Larasati yang dikutip dari laman aladokter.com, produk anti-aging sebaiknya digunakan di awal usia 30 tahun. Pada saat itu, tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan pigmentasi kulit yang tidak rata mulai muncul. 

21 Tahun

Sedangkan menurut dr. Singgih E Prasetyo, penggunaan produk anti aging bisa mulai digunakan pada usia 21 tahun, Diazens. Penggunaan anti aging di usia ini dimaksudkan untuk mencegah penuaan dini karena pada usia ini kulit mulai mengalami kehilangan kolagen.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wajah IritasiIlustrasi Wajah Iritasi © reed.com

Tidak Ada Patokan Paten

Menggunakan produk anti aging untuk menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan awet muda pada dasarnya tidak ada patokan yang paten. Hanya saja, para ahli menyarankan agar lebih sadar dengan kondisi dan keadaan kulit tubuh dan wajah.

Kondisi setiap wanita tentu saja beda, tingkat stress hingga aktivitas menjadi salah satu acuan penting bagi kesehatan kulit, loh. Tidak menjaga kesehatan, kebersihan, gaya hidup tidak sehat, dan enggan melakukan perawatan tentu saja menjadi factor yang cukup besar dan berpengaruh terhadap kesehatan juga kecantikan kulit.

Untuk itu, ketika Diazens sudah memasuki usia 21 tahun ke atas, perlu sekali untuk memerhatikan tanda-tanda kulit yang mulai menua seperti: kerutan di sekitar mata, adanya garis halus antara alis serta dahi, pipi lebih cekung, kemudian garis senyum dalam, serta kulit wajah yang mulai mengendur.

4 dari 5 halaman

ilustrasi wajah wanitailustrasi wajah wanita © medicalnewstoday.com

Mencegah Penuaan Dini Tidak Hanya Menggunakan Produk Anti Aging

Selain menggunakan produk anti aging untuk mencegah terjadinya penuaan dini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan, seperti

  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi terutama sayur dan buah
  • Banyak minum air putih
  • Cukup istirahat
  • Olahraga teratur
  • Hindari gaya hidup tidak sehat seperti menjadi perokok dan alkohol
  • Melakukan senam wajah untuk melenturkan otot-otot wajah sehingga tidak mudah keriput
  • Kelola stres dengan baik
  • Terakhir, pastikan untuk menggunakan pelembab wajah dan tabir surya

Beri Komentar