Yuk, Kenalan dengan Kandungan Tretinoin yang Ampuh Atasi Jerawat Sekaligus Jaga Kulit Awet Muda

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 2 September 2022 16:15
Yuk, Kenalan dengan Kandungan Tretinoin yang Ampuh Atasi Jerawat Sekaligus Jaga Kulit Awet Muda
Gimana sih cara kerja Tretinoin?

Dunia kecantikan utamanya skincare, terus mengalami perkembangan. Muncul kandungan-kandungan baru yang ternyata memiliki manfaat tidak terduga bagi kulit.

Belakangan ini, lagi gencar-gencarnya produk yang mengandung retinoid atau retinol. Kandungan ini terkenal banget untuk perawatan anti-aging.

Nah, ternyata retinoid punya salah satu turunan yang kini juga sedang hype. Inilah Tretinoin, kandungan yang sering direkomendasikan para ahli dermatologi untuk mengatasi jerawat.

Lantas, seperti apa manfaat Tretinoin dan bagaimana cara kerjanya pada kulit? Simak ulasan berikut ini yaa~

1 dari 5 halaman

Mengenal kandungan Tretinoin

Tretinoin merupakan salah satu satu turunan vitamin A (retinoid) yang disebut-sebut paling kuat dan paling sering direkomendasikan ahli dermatologi untuk mengatasi jerawat. Tretinoin dikenal pula dengan sebutan ATRA atau all-transretinotic acid.

Tretinoin bekerja dengan cepat dan efektif dalam menghilangkan jerawat dari kulit, dengan cara meningkatkan pergantian sel kulit, sekaligus membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Biasanya, Tretinoin diformulasikan dalam bentuk krim, tapi ada pula yang berbentuk liquid, gel, dan jelly.

2 dari 5 halaman

Cara kerja Tretinoin pada kulit

Tretinoin bersifat komedolitik, yaitu bisa mencegah penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan jerawat dan peradangan. Ahli dermatologi bernama Dr. Anna KArp, menjelaskan bahwa Tretinoin bekerja dengan meningkatkan regenerasi sel agar sel-sel kulit mati bisa terkelupas.

Tretinoin juga mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati di dalam pori-pori, sehingga bisa mencegah pembentukan komedo. Saat sel-sel kulit mati terkelupas dan pori-pori menjadi bersih, maka pori-pori bisa terlihat mengecil.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Tretinoin perlu dengan resep dokter

Meski manfaatnya benar-benar luar biasa, penggunaan Tretinoin nggak bisa sembarangan. Menurut dokter kulit bersertifikat, David Lortscher, Tretinoin terbukti lebih kuat 20 kali lipat daripada retinol.

Banyak penelitian telah mengonfirmasi jika Tretinoin adalah gold standard untuk mengatasi jerawat, pori-pori tersumbat penyebab komedo, garis-garis halus, serta hiperpigmentasi. Secara umum, Tretinoin bisa memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya terlihat awet muda.

4 dari 5 halaman

Menurut para ahli, Tretinoin sebenarnya aman bagi siapa saja, tapi sebaiknya dihindari oleh pemilik jenis kulit sensitif, rosacea, atau pada ibu hamil. Tretinoin juga punya efek samping berupa membuat kulit jadi kering.

Itulah sebabnya, penggunaan Tretinoin harus dengan resep dokter. Kamu juga harus menggunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi saat memakai produk dengan kandungan Tretinoin.

Beri Komentar