Jangan Ditutupin Terus! Hilangkan Hiperpigmentasi dengan Kandungan Bahan Aktif Skin Care ini

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 6 April 2022 20:01
Jangan Ditutupin Terus! Hilangkan Hiperpigmentasi dengan Kandungan Bahan Aktif Skin Care ini
Kombinasi vitamin C dan niacinamide ampuh banget melawan bintik hitam, kulit kusam, warna kulit tidak merata dan kantung mata yang menjadi ciri-ciri hiperpigmentasi.

Selain jerawat, keberadaan noda hitam di wajah adalah salah satu masalah kulit yang paling nyebelin. Noda hitam ini bikin warna kulit jadi nggak merata dan meski kadang bisa disamarkan dengan make up tebal, tetap saja keberadaannya bikin galau. Harus dihilangkan dong, masak ditutupin terus?

Noda hitam merupakan salah satu bentuk hiperpigmentasi kulit. Kondisi hiperpigmentasi lainnya yakni munculnya kantung mata, warna kulit tidak merata, dan kulit kusam. Kamu nggak sendirian karena ini adalah masalah kulit nomor satu bagi banyak perempuan di seluruh dunia. Selain itu pada beberapa orang, hiperpigmentasi susah dihilangkan.

1 dari 6 halaman

Perawatan Wajah untuk Hiperpigmentasi © Diadona

Tapi apa sih hiperpigmentasi itu?

Hiperpigmentasi adalah suatu istilah buat menggambarkan kondisi kulit yang lebih gelap. Bercak gelap ini bisa muncul dalam berbagai ukuran dan berkembang di bagian tubuh mana aja. Dilansir dari Healthline, ada beberapa jenis dari hiperpigmentasi ini, tapi tiga bentuk yang umum diantaranya:

  • Melasma, yang nampaknya muncul akibat perubahan hormonal dan bisa berkembang semasa kehamilan. Bisa muncul di mana aja, tapi seringnya sih di perut dan di wajah.
  • Bintik matahari. Seperti namanya nih, hiperpigmentasi ini berkaitan dengan paparan sinar matahari yang berlebihan dari waktu ke waktu dan biasa muncul di area yang memang sering terkena matahari. Contohnya, di tangan dan di wajah.
  • Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi : terjadi sebagai akibat peradangan, salah satunya dalam bentuk flek hitam bekas jerawat.

Secara umum sih ciri-ciri hiperpigmentasi diantaranya :

  • Keberadaan area gelap di kulit dengan ukuran yang bervariasi. Bercak ini bisa berkembang dalam berbagai ukuran dan muncul di mana saja di area tubuh
  • Warna kulit yang tidak merata
  • Warna kulit kusam
  • Munculnya kantung mata

Hiperpigmentasi sendiri adalah kondisi kulit yang umum kok dan bisa mempengaruhi semua jenis kulit. Nah, mengapa hiperpigmentasi bisa muncul?

Hiperpigmentasi terjadi karena peningkatan melanin. Melanin ini adalah pigmen alami yang ngasih warna pada rambut, mata dan kulit kita. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah produksinya, namun yang paling utama adalah karena paparan sinar matahari, pengaruh hormonal, umur atau adanya peradangan kulit.

2 dari 6 halaman

Paparan Sinar Matahari

Ini nih penyebab nomor satu adanya hiperpigmentasi. Melanin bertindak sebagai tabir surya alami kulit yang melindunginya dari paparan UV yang berbahaya. Tapi ketika sinar matahari yang mengenai wajah berada dalam jumlah berlebih, proses perlindungan melanin jadi terganggu yang menyebabkan produksi melanin berlebihan.

Peradangan Kulit

Trauma pada bagian dermal atau epidermal seperti jerawat, infeksi, luka atau reaksi alergi menyebabkan peningkatan produksi melanin. Hasilnya, terjadilah hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Hormonal

Contohnya saat kehamilan yang bisa mengubah kadar hormon perempuan trus mempengaruhi produksi melanin.

3 dari 6 halaman

Hiperpigmentasi di wajah emang bisa disembunyikan dengan make up atau filter instagram. Tapi mau sampai kapan? Perawatan kulit adalah cara terbaik buat menjaganya berada dalam kondisi yang baik. Trus tahukah kamu kalau kulit yang cantik nggak cuman bikin kita pede, tapi juga mempengaruhi gimana cara kita melihat diri kita sendiri, lho!

Vitamin C adalah salah satu bahan aktif dalam produk kecantikan yang udah diketahui punya banyak manfaat ajaib. Vitamin C mampu membuat kulit tampak lebih cerah, bikin kulit jadi lembab trus membantu peningkatan produksi kolagen. Ngomongin soal hiperpigmentasi nih, vitamin C juga bisa memudarkannya karena bisa bekerja sebagai penghambat produksi melanin.

Vitamin C menghambat sintesis melanin dengan menurunkan aktivitas enzim tirosinase. Enzim ini nih yang bertanggung jawab dalam langkah pertama produksi melanin dalam tubuh. Selain itu ada bahan NIACINAMIDE yang bekerja dengan menghambat transfer melanin ke keratinocyte dan mengurangi produksi melanin dan memperkuat skin barrier.

Menjawab kekalutan kamu karena hiperpigmentasi yang bandel, Garnier mengeluarkan produk baru Ampoule Serum dengan kombinasi kandungan 3% Vitamin C & Niacinamide untuk samarkan hiperpigmentasi dengan cepat tidak sampai 1 minggu.

Oh iya kalau kamu sering mendengar informasi bahwa kedua bahan ini nggak boleh dicampur, sebenarnya itu hanya mitos belaka lho! Dikutip dari Healthline, Dr. Meena Singh yang merupakan dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit dari KMC Hair Center menjelaskan dari mana mitos tersebut berasal.

“ Ini berasal dari penelitian kuno yang menggunakan niacinamide bentuk murni dan asam askorbat. Keduanya digabungkan pada suhu yang sangat tinggi sehingga terbentuklah asam nikotinat, penyebab iritasi kulit,” terangnya.

Padahal dalam kehidupan sehari-hari, skincare yang menggabungkan kedua bahan tersebut akan disimpan di suhu kamar sehingga pembentukan asam nikotinat nggak mungkin terjadi. Dan faktanya nih gabungan dua bahan tersebut bagus banget lho untuk melawan hiperpigmentasi.

4 dari 6 halaman

Perawatan Wajah untuk Hiperpigmentasi © Diadona

Dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, Garnier Vitamin C Ampoule Serum sudah teruji secara klinis mampu menyamarkan hiperpigmentasi dengan cepat dan membuat kulit lebih cerah.

Sebanyak 99 persen penggunanya bilang kalau produk ini mampu memberikan hasil di atas ekspektasi sejak pemakaian pertama. Didesain dengan kemasan yang mudah diaplikasikan, aman, serta lebih premium dalam format dosis / kapsul. Disarankan untuk menggunakan 1 kapsul untuk 1x pakai. Pemakaian secara rutin pada pagi dan malam hari akan membantu proses penghambatan melanin dengan lebih cepat. Tekstur dari ampoule ini juga sangat ringan, cepat menyerap, dan tidak lengket.

Dua dari tiga orang menyebut Garnier Bright Complete Vitamin C Ampoule Serum ini beneran mampu mengurangi atau memudarkan hiperpigmentasi mereka.

Lalu apa bedanya nih Garnier Bright Complete Serum dengan Bright Complete Ampoule Serum? Ampoule punya konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada serum, sehingga tentu punya kecepatan kerja lebih baik dan lebih efektif mengatasi permasalahan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan keduanya secara bersamaan dalam rangkaian.

Cuman dengan enam hari dengan hasil yang terbukti, Garnier Bright Complete Ampoule Serum bisa membantu kamu tampil lebih percaya diri. No make up tebal untuk menyamarkan, no filter instagram buat menyembunyikan bintik hitam. Udah saatnya nih kulit wajah kamu punya perawatan terbaik yang pantas didapatkan.

5 dari 6 halaman

Perawatan Wajah untuk Hiperpigmentasi © Diadona

Di siang hari, gunakan rangkaian perawatan Bright Complete Anti Acne Foam, lanjut dengan Bright Complete Ampoule Serum, Bright Complete Booster Serum dan Bright Complete Serum Cream SPF 36 serta Bright Complete Super UV untuk perlindungan maksimal terhadap sinar matahari.

Perawatan Wajah untuk Hiperpigmentasi © Diadona

Menjelang tidur jangan lupa lakukan double cleansing dengan Micellar Water vitamin C, lanjut dengan Bright Complete Anti Acne Foam dan lengkapi dengan Bright Complete Ampoule Serum, Bright Complete Booster Serum dan tutup rangkaian dengan Bright Complete Serum Cream SPF 36.

6 dari 6 halaman

Ada Bercak Hitam di Wajah, Hiperpigmentasi Bukan ya?

Salah satu prosedur valid untuk mengetahui apakah bercak gelap di wajah adalah hiperpigmentasi atau bukan adalah dengan melakukan konsultasi medis. Dokter kulit bakalan memeriksa kulit kamu, menentukan jenis kondisinya sekaligus mencari tahu apa sih kira-kira penyebab hiperpigmentasi yang kamu alami.

Tapi sayangnya, ini bukan pilihan yang mudah buat semua orang. Padahal mengetahui jenis dan penyebab bercak hitam adalah langkah tepat untuk menghilangkan dan mencegahnya, kan?

Uniknya, kamu bisa mencari tahu apakah kamu punya masalah hiperpigmentasi cuman dengan ponsel yang kamu miliki dan jaringan internet lho! Wah, gimana caranya? Thank to Garnier yang udah bikin teknologi deteksi masalah kulit wajah cuman dengan foto selfie melalui Garnier Skin Coach.

Perawatan Wajah untuk Hiperpigmentasi © Diadona

Caranya gampang banget kok. Cukup klik http://garnier.co.id/skin-coach atau scan QR di atas Lalu ambil foto selfie terbaikmu untuk mendapatkan analisa kulit wajah. Cek di bagian 'Noda Hitam' dan lihat skornya. Kalau hasil skor kamu kurang dari 4, tandanya kamu memiliki masalah dengan hiperpigmentasi. Lalu kamu juga bakalan diarahkan untuk mendapatkan produk perawatan terbaik sesuai dengan kondisi kulit kamu. Gampang banget kan?

Share pengalaman kulit kamu melawan hiperpigmentasi dengan mengupload foto kondisi kulit selama menggunakan Garnier Vitamin C Ampoule Serum. Gunakan hashtag #DontFakeItJustFixIt #GarnierIndonesia #GarnierAmpouleSerum di media sosial kamu dan jangan lupa tag @GarnierIndonesia. Yuk mulai perjalanan kamu melawan hiperpigmentasi!

Beri Komentar