Tips Merawat Kesehatan Kulit Seusai Olahraga, Udah Tau Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 3 September 2020 16:15
Tips Merawat Kesehatan Kulit Seusai Olahraga, Udah Tau Belum?
Ini loh perawatan kulit yang wajib kamu cobain..

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Namun tak bisa dipungkiri, olahraga-olahraga tertentu bisa menghasilkan banyak keringat yang kadang sampai membasahi tubuh.

Meski mengeluarkan keringat tentu aja baik tubuh, tapi kamu juga tetap perlu memastikan kulit tetap terjaga kesehatannya. Seusai berolahraga pun kamu tetap harus merawat tubuh dengan tepat loh.

Kira-kira perawatan yang tepat usai berolahraga tuh kayak gimana sih? Nah, biar nggak bingung, simak ulasan berikut ya..

1 dari 4 halaman

1. Hindari memegang wajah

Ilustrasi Perempuan Berolahraga © Diadona

Sehabis berolahraga, tubuh pasti berkeringat. Dan tangan adalah bagian tubuh yang terhindar dari keringat, kuman bahkan bakteri. Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah menggunakan tangan ya, untuk meminimalisir adanya perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

2. Gunakan tisu atau handuk bersih untuk menyeka keringat

Jika keringat udah mulai bermunculan begitu banyak, pasti kamu pengen cepet-cepet menyeka keringat kan? Nah, sebagai saran, mendingan kamu menyeka keringat menggunakan tisu deh, atau bisa juga dengan menggunakan handuk bersih.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan toner dan bersihkan wajah dengan lembut

Ilustrasi Menggunakan Toner © Diadona

Setelah memastikan kulit bebas dari keringat, kamu tetap perlu membersihkan wajah loh. Pilihlah toner dan bersihkan wajah dengan lembut ya. Menyeka wajah dengan kasar hanya akan menimbulkan peradangan yang bisa menumbuhkan jerawat.

4. Mandi dengan air hangat

Nah, seusai melakukan olahraga yang berat, biasanya orang-orang akan memilih mandi dengan air dingin biar terasa segar. Tapi ternyata, mandi dengan air hangat justru lebih disarankan loh. Mandi dengan air hangat nggak cuma merilekskan otot-otot yang menegang, tapi bisa juga menghindarkan kulit dari kondisi yang kering dan kasar.

3 dari 4 halaman

5. Pakai pelembap

Ilustrasi Menggunakan Pelembab © Diadona

Nah, setelah mandi, kamu masih tetap perlu merawat kulit loh. Gunakan pelembap yang ringan dan oleskan pada kulit wajah untuk menjaganya tetap lembut meski usai berolahraga.

6. Hindari penggunaan make up

Jika memang seusai olahraga kamu masih akan beraktivitas dan perlu menggunakan make up, kayaknya perlu beberapa saat untuk rehat deh. Setidaknya biarkan wajah tetap 'tenang' kira-kira selama 1 jam setelah berolahraga. Sebab, menggunakan make up setelah olahraga berisiko menimbulkan jerawat pada wajah.

4 dari 4 halaman

7. Pakai tabir surya jika diperlukan

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Sebelum mengaplikasikan make up tadi, akan lebih baik jika kamu memakai tabir surya. Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya akan mencegah timbulnya jerawat baru.


Nah, itu dia tips merawat wajah usai melakukan olahraga. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar