Sebenernya Kapan sih Waktu yang Tepat Buat Beli Make Up Baru?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 31 Agustus 2020 11:15
Sebenernya Kapan sih Waktu yang Tepat Buat Beli Make Up Baru?
Bisa bebas beli kapan aja atau mending nungguin habis ya?

Make up adalah suatu hal yang nggak bisa dipisahin dari kehidupan kita. Apalagi buat cewek-cewek, setidaknya ada 1-3 item yang wajib ada di dalam tas supaya gampang dibawa kemana-mana.

Bicara soal makeup, picodi.com telah melakukan survei mengenai preferensi orang Indonesia terhadap kosmetik. Dari survey itu pula diketahui kapan wanita Indonesia biasa membeli makeup.

1 dari 5 halaman

Survey online yang dilakukan pada bulan Juni 2020 ini menunjukkan bahwa sekitar 36% responden mengaku membeli makeup kapanpun saat diinginkan. Kemudian, 35% lainnya mengaku membeli makeup saat sedang ada diskon, dan 29% sisanya baru membeli saat makeup sudah habis.

Bicara soal pembelian makeup, sebenernya ada tenggat waktu masing-masing untuk tiap makeup loh. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggantinya dengan yang baru? Yuk, simak ulasan berikut.

2 dari 5 halaman

1. Maskara

Ilustrasi Pemakaian Maskara © Diadona

Maskara memiliki struktur yang cair, sehingga lebih cepat mengandung bakteri dan bisa menyebabkan infeksi jika sudah kedaluwarsa. Nah, untuk itu kamu boleh banget tuh belik maskara setiap 3 bulan sekali, apalagi kalau udah menimbulkan bau yang berbeda.

2. Eyeliner

Ada 2 jenis eyeliner yang sering dijumpai yakni yang berbentuk liquid maupun berupa pensil. Untuk yang tipe liquid, sebaiknya kamu menggantinya setiap 3 bulan sekali. Sedangkan untuk yang pensil, bisa tahan lebih lama kok, tapi jangan lupa selalu diraut setiap kali mau menggunakannya ya..

3 dari 5 halaman

3. Foundation

Ilustrasi Foundation © Diadona

Biasanya, foundation bisa bertahan selama setahun. Tapi foundation untuk kulit sensitif dan berminyak, sebaiknya perlu diganti setiap 6 bulan sekali. Apalagi kalau foundation udah berubah warna, tekstur, bahkan bau, kamu harus cepet-cepet ganti sama yang baru ya!

4. Concealer

Konsistensi dari concealer bisa berubah loh. Biasanya, bisa diganti setiap setahun sekali, tapi kalau untuk concealer powder kamu bisa menggantinya setiap 2 tahun sekali.

4 dari 5 halaman

5. Lipstik

Ilustrasi lipstik © Diadona

Lipstik biasanya bisa bertahan sampai kira-kira 2 tahun. Tapi, jika lipstik udah mulai mengering dan berubah warna, nggak ada salahnya untuk beralih ke yang baru kok.

6. Lip gloss

Berbeda dengan lipstik, lip gloss justru hanya bisa bertahan paling lama setahun atau bahkan kurang dari itu. Saat tektur lip gloss mulai berubah, ada baiknya kamu segera beli yang baru deh.

5 dari 5 halaman

7. Bedak, Blush On, Bronzer, Eyeshadow

Ilustrasi Make Up © Diadona

Produk-produk yang satu ini agaknya lebih aman. Jika dirawat dengan baik, make up padat seperi bedak, blush on, bronzer, bahkan eyeshadow mampu bertahan hingga 2 tahun kok.


Nah itu dia, batas kedaluwarsa untuk masing-masing make up. Jadi, udah tau kan kapan harus membuang make up lama dan menggantinya dengan yang baru?

Beri Komentar