10 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat agar Wajah Tampak Bersih dan Sehat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Maret 2024 13:04
10 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat agar Wajah Tampak Bersih dan Sehat
Ingin wajah kamu tidak berjerawat? Kamu harus tau tips mencegah timbulnya jerawat.

Jerawat merupakan masalah umum yang seringkali membuat frustasi bagi banyak orang. Selain dapat memengaruhi penampilan fisik, jerawat juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu rasa percaya diri seseorang. 

Penyebab dari timbulnya jerawat dapat bervariasi dan banyak faktornya. Seringkali jerawat muncul karena faktor eksternal, seperti kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor, produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel kulit mati, atau ketidakcocokan pada suatu produk. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena perubahan hormonal, stres, penggunaan obat-obat tertentu, atau faktor genetik.

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, kamu perlu mengambil langkah yang tepat untuk mencegah munculnya jerawat. Berikut tips yang dapat membantu kamu menghindari jerawat dan menjaga kulit kamu tetap bersih dan sehat.

 

1 dari 5 halaman

1. Membersihkan wajah secara teratur

Tips Cegah Jerawat - Membersihkan wajah secara teratur © Diadona

Membersihkan wajah secara teratur bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. Cuci wajah dua kali sehari menggunakan sabun cuci muka yang lembut. Hindari memakai scrub wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit kamu menjadi iritasi. 

Untuk mencegah timbulnya jerawat, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan agar kotoran dan keringat dapat terangkat. Pastikan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Selain itu, kamu juga perlu minum air yang cukup agar kulit kamu tetap terhidrasi.

2. Hindari menyentuh wajah

Tips Cegah Jerawat - Hindari menyentuh wajah © Diadona

Menjaga tangan untuk tidak menyentuh wajah dapat membantu mencegah jerawat. Seringkali tangan kamu terpapar oleh kotoran, minyak, atau bakteri yang bisa menempel di wajah saat kamu menyentuhnya. Ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat. 

Kamu perlu menghentikan kebiasaan menyentuh wajah untuk mengurangi risiko infeksi dan iritasi kulit. Setelah beraktivitas apapun, kamu wajib mencuci tangan sebelum kamu ingin menyentuh wajah kamu. Jadi, cobalah untuk menjaga tangan kamu tetap bersih dan hindari menyentuh wajah untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah kamu.

2 dari 5 halaman

3. Batasi penggunaan makeup

Tips Cegah Jerawat - Batasi penggunaan make-up © Diadona

Buat kamu para cewek, membatasi penggunaan makeup bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. Seringkali makeup mengandung bahan kimia dan minyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit bahkan menyebabkan jerawat. 

Dengan mengurangi penggunaan makeup, kamu memberi kesempatan pada kulit kamu untuk bernafas dan mengurangi risiko iritasi. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan makep secara tepat dan pastikan kamu membersihkan wajah dengan baik setelah pemakaian makeup untuk mencegah timbulnya jerawat.

4. Hindari produk berminyak

Tips Cegah Jerawat - Hindari produk berminyak © Diadona

Hindari produk berminyak bisa membantu kamu untuk mencegah jerawat. Produk seperti krim wajah atau pelembap yang berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. 

Kamu dapat memilih produk yang berlabel " non-comedogenic" atau tidak menyumbat pori-pori. Dengan menghindari produk berminyak, kamu bisa membantu menjaga kulit tetap bersih dan mencegah timbulnya jerawat.

5. Jaga kebersihan bantal dan tempat tidur

Tips Cegah Jerawat - Jaga kebersihan bantal dan tempat tidur © Diadona

Menjaga kebersihan bantal dan tempat tidur juga penting banget untuk mencegah timbulnya jerawat. Bantal dan tempat tidur bisa menjadi sarang bakteri, keringat, dan minyak dari kulit kamu.

Jadi, pastikan untuk mencuci bantal secara teratur minimal seminggu sekali. Jangan lupa juga untuk sering mencuci sprei dan sarung bantal. Dengan menjaga kebersihan tempat tidur, kamu bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah kamu.

3 dari 5 halaman

6. Hindari Stres

Tips Cegah Jerawat - Hindari Stres © Diadona

Menjauhi stres juga bisa menjadi kunci untuk mencegah timbulnya jerawat. Saat kita stres, tubuh kita dapat memproduksi hormon stres yang bisa bikin kulit menjadi lebih berminyak dan rentan terhadap jerawat. 

Jadi, penting banget untuk kamu dapat mengelola stres dengan baik. Ketika sedang stres kamu dapat berolahraga, meditasi, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan mengurangi stres, kamu dapat mencegah timbulnya jerawat dan membantu kulit tetap sehat.

7. Pola diet yang baik

Tips Cegah Jerawat - Pola diet yang baik © Diadona

Makanan yang kita konsumsi juga dapat berpengaruh besar untuk wajah kamu. Beberapa makanan, seperti makanan berlemak, berminyak, atau yang tinggi gula, bisa membuat timbulnya jerawat. Untuk itu, kamu perlu mengubah pola makan kamu untuk mencegah timbulnya jerawat.

Dengan makan-makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein yang seimbang, kamu dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah kamu. Pastikan juga untuk minum air yang cukup supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik. Dengan menjaga pola diet yang sehat, kamu bisa membantu kulit tetap bersih dan bebas dari jerawat.

4 dari 5 halaman

8. Hindari paparan sinar matahari langsung

Tips Cegah Jerawat - Hindari paparan sinar matahari langsung © Diadona

Paparan sinar UV bisa membuat kulit kamu menjadi lebih rentan terhadap jerawat. Selain itu, sinar matahari juga bisa membuat kulit kamu menjadi kering dan mengiritasi yang akhirnya bisa memicu timbulnya jerawat. Sehingga sangat penting untuk melindungi kulit kamu dengan sunscreen untuk melindungi kulit kamu dari panasnya sinar UV dan mencegah timbulnya jerawat.

Kamu juga dapat mengenakan topi atau kacamata hitam untuk perlindungan tambahan. Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan waktu yang tepat untuk melindungi kulit kamu dan mencegah timbulnya jerawat. 

9. Menggunakan pelembap

Tips Cegah Jerawat - Menggunakan pelembap © Diadona

Selain kamu perlu minum yang cukup, kamu juga perlu menggunakan pelembap untuk mencegah timbulnya jerawat. Bukan cuma untuk kulit yang kering aja, pelembap juga dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah. 

Kamu perlu memilih pelembap sesuai dengan masalah kulit kamu. Kamu dapat memilih pelembap yang oil-free untuk mencegah timbulnya jerawat. Jadi, setelah membersihkan wajah, pastikan kamu tidak lupa memakai pelembap supaya kulit tetap sehat dan bebas jerawat.

10. Konsultasikan dengan ahli kulit

Tips Cegah Jerawat - Konsultasikan dengan ahli kulit © Diadona

Jika jerawat kamu menimbulkan masalah yang serius, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit. Kamu perlu dengan segera mengatasi masalah jerawat kamu untuk mencegah timbulnya jerawat baru atau iritasi wajah. 

Kamu tak perlu ragu untuk menceritakan masalah kulit kamu agar kamu dapat menemukan solusi terbaik. Pastikan kamu memilih dokter dan perawatan yang tepat untuk mencegah timbulnya jerawat dan iritasi pada wajah kamu. Dan yang penting, kamu tidak boleh menunda jadwal konsultasi kamu ya!

5 dari 5 halaman

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, kamu dapat menghindari jerawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Pastikan kamu selalu melakukan perawatan kulit dengan penuh perhatian dan ambil langkah yang tepat ya~

 

Editor: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar