Bukannya Jadi Cantik, Kandungan Skincare ini Justru Menyebabkan Beruntusan pada Wajah!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 9 Maret 2020 12:00
Bukannya Jadi Cantik, Kandungan Skincare ini Justru Menyebabkan Beruntusan pada Wajah!
Cantik memang butuh banyak modal.

Sebagian perempuan masih banyak yang mengeluh karena adanya beruntusan di kulit wajah, karena beruntusan yang terjadi pada wajah seringkali membuat penampilan seseorang tidak percaya diri.

Namun, penyebab adanya beruntusan di kulit wajah bukan hanya dari polusi lho. Justru penggunaan produk skincare yang tidak cocok pada kulit, bisa membuat kulitmu menjadi beruntusan!

Melansir dari Theshonet, berikut 5 kandungan skincare yang bisa menyebabkan beruntusan pada wajah apabila tidak digunakan sesuai jenis kulit dan petunjuk penggunaan!

1 dari 5 halaman

1. Coconut Oil

Kandungan Skincare yang Berbahaya © Diadona

Coconut oil atau minyak kelapa memang diklaim menjadi salah satu bahan natural yang memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan wajah dan juga tubuh.

Namun ternyata, coconut oil memiliki sifat comedogenic, dimana kalau coconut oil digunakan secara rutin akan memuncullkan komedo yang mengakibatkan kulit terasa beruntusan. Hal ini terjadi karena minyak kelapa bisa menyumbat pori-pori pada kulit.

2 dari 5 halaman

2. Salicylic Acid

Kandungan Skincare yang Berbahaya © Diadona

Salicylic acid biasa digunakan sebagai kandungan pada skincare yang dikhususkan untuk pemilik kulit cenderung berjerawat, karena memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta membuat jerawat lebih cepat kering.

Namun kamu perlu untuk memperhatikan penggunaan skincare dengan kandungan ini, apabila terlalu sering menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid, bisa membuat wajah kering sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan mengakibatkan terjadinya beruntusan.

3 dari 5 halaman

3. Alkohol

Ilustrasi Skincare Wanita © Diadona

Ternyata penggunaan alkohol yang terlalu sering menyentuh kulit dan digunakan dalam kadar yang tinggi, bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering, yang mengakibatkan munculnya beruntusan pada wajah.

Untuk itu, apabila kamu mengetahui adanya kandungan alkohol pada skincare mu lebih baik kamu mulai menggunakanya dengan jumlah yang sedikit, agar reaksinya tidak terlalu parah sehingga menyebabkan beruntusan pada wajah.

4 dari 5 halaman

4. Butiran Eksfoliator

Ilustrasi Wanita Memakai Masker Kecantikan © Diadona

Butiran-butiran yang terdapat pada produk skincare dengan jenis cleanser biasanya digunakan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Namun ternyata, butiran-butiran yang biasa disebut dengan scrubs ini juga bisa menimbulkan jerawat-jerawat kecil atau beruntusan lho!

Hal ini terjadi apabila kulitmu sedang memiliki jerawat, akibat tergesek oleh butiran-butiran eksfoliator atau scrubs bisa saja peradangan menjadi semakin parah.

5 dari 5 halaman

5. Menthol

Ilustrasi Daun Mint © Diadona

Menthol atau mint ternyata memiliki manfaat bagi kulit untuk mengeringkan jerawat pada kulit. Namun apabila digunakan terlalu banyak, mint yang dapat mengeringkan jerawat juga ternyata dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif.

Alhasil, kulit bisa saja menjadi kering dan timbul beruntusan yang cukup mengganggu penampilan.

Meskipun kandungan tersebut sering digunakan dalam skincare, tapi kamu juga perlu hati-hati dalam melihat komposisinya, agar wajahmu tidak menjadi beruntusan.

Beri Komentar