Hati-hati! Stop Gunakan Skincare Hanya Memberikan Efek Buruk Pada Kulit

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 3 Mei 2021 16:58
Hati-hati! Stop Gunakan Skincare Hanya Memberikan Efek Buruk Pada Kulit
Hati-hati hal ini yang akan terjadi kalau kamu stop gunakan skincare

Berhenti menggunakan skincare berbeda dengan menunda menggunakan skincare untuk sementara waktu. Menunda menggunakan skincare bisa disebut sebagai skin fasting yang berfungsi untuk menyembuh kulit wajah dari produk yang tidak cocok dengan kulit kamu atau menghentikan sejenak penggunaan skincare karena hendak menggunakan produk yang baru. Apabila seperti itu kamu bisa berhenti sejenak menggunakan skincare dalam beberapa hari.

Di sisi lain, berhenti menggunakan skincare atau tidak menggunakan skincare dalam jangka waktu lama hanya akan membuat kulit kamu tampak tidak sehat dan tidak terawat. Tidak menutup kemungkinan kulit kamu akan mengalami hal-hal buruk yang akan Diadoan sebutkan dibawah ini. 

Memang benar menggunakan skincare adalah preferensi masing-masing. Tapi kalau tidak menggunakan skincare hanya membuat kulit kamu tidak semakin baik, dan merugikan diri sendiri, bagaimana? Maka dari itu, berikut ini beberapa dampak yang bisa harus kamu ketahui dari berhenti menggunakan skincare.

1 dari 4 halaman

Menumpuknya Kotoran Pada Permukaan Kulit

Mencuci MukaMencuci Muka © 2021 freepik.com

Jika kamu tidak membersihkan kulit kamu setelah beraktivitas sebegitu lamanya di luar, kotoran di kulit kamu tidak hilang begitu saja hanya dengan dicuci menggunakan air. Menggunakan face wash bisa membersihkan kulit kamu hingga ke pori-pori yang mana pori-pori kamu bisa menjadi lebih sehat dan sirkulasi untuk oksigen masuk ke kulit bisa terjadi. 

2 dari 4 halaman

Kulit Menjadi Berminyak dan Kering

Kulit berminyak dan keringKulit berminyak dan kering © 2021 freepik.com

Ketika kamu tidak membersihkan wajah kamu dengan skincare maka tanpa kamu sadari kulit kamu akan jauh lebih berminyak dan akan kering. Hal itu dikarenakan kulit kamu kurang hidrasi yang cukup untuk menyeimbangkan kadar air dan sebum di dalam kulit. Selain itu, kulit kamu juga akan tampak kusam dan mulai iritasi. iritasi ini terjadi karena rusaknya skin barrier yang terjadi. 

3 dari 4 halaman

Mulai Muncul Jerawat

Muncul JerawatMuncul Jerawat © 2021 freepik.com

Jerawat perlahan-lahan mulai muncul karena rusaknya skin barrierskin barrier rusak ini karena kurangnya perawatan pada kulit kamu yang menyebabkan iritasi. Iritasi menyebabkan munculnya jerawat. Jika kamu enggan membersihkan wajah kamu dan menggunakan pelembab, maka produksi minyak kamu akan semakin banyak. Semakin banyak produksi minyak maka menunjukkan semakin dehidrasi kulit kamu.

4 dari 4 halaman

Muncul Tanda-tanda Penuaan Dini

Penuaan DiniPenuaan Dini © 2021 freepik.com

Garis halus, flek hitam, keriput dan lain sebagainya adalah tanda-tanda penuaan dini yang akan terjadi apabila kamu tidak menggunakan sunscreen dan melakukan eksfolisasi kulit secara rutin. Sunscreen melindungi kulit kamu dari radikal bebas dan paparan sinar UV yang bisa membuat kulit kamu rusak. Sedangkan eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang tidak bisa dilakukan oleh face wash.

Beri Komentar