Tampil Glowing secara Natural saat Hamil, Gimana sih Caranya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 25 November 2022 19:15
Tampil Glowing secara Natural saat Hamil, Gimana sih Caranya?
Ternyata kuncinya cuma satu~

Kondisi kehamilan memberikan pengaruh yang berbeda-beda pada setiap wanita. Di tengah perut yang sering mulas dan pergelangan kaki yang membengkak, ada beberapa wanita yang justru mengalami kondisi kulit terbaik dalam hidup mereka.

"Perubahan hormon bisa membuat kulit Anda menghasilkan lebih banyak sebum," ujar Kattie Matten, kepala pendidikan di perusahaan perawatan kulit mewah Rationale.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Tampil Glowing saat HamilIlustrasi Tampil Glowing saat Hamil © shutterstock.com/

Melansir dari Asia One, selama kehamilan terjadi peningkatan produksi estrogen dan progesteron yang bisa membantu kulit tampak lebih bercahaya dan berkilau.

Selain itu, terjadi pula peningkatan volume darah yang bisa membuat kulit jadi lebih merona dan meningkatkan pergantian sel kulit. Rambut juga bisa jadi lebih tebal karena adanya perubahan siklus kerontokan rambut.

2 dari 6 halaman

Di sisi lain, ada pula yang justru mengalami 'kerusakan' kulit akibat peningkatan hormon yang terjadi. Tanpa rangkaian perawatan kulit yang tepat, seseorang bisa jadi lebih sensitif dan mengalami masalah kulit baru.

Kulit kita bisa mengalami banyak perubahan selama kehamilan dan pascapersalinan berkat semua hormon baru yang dihasilkan. Beberapa masalah kulit yang paling umum termasuk perubahan produksi minyak, jerawat hormonal, hiperpigmentasi, dan kondisi peradangan seperti dermatitis perioral.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Tampil Glowing saat HamilIlustrasi Tampil Glowing saat Hamil © shutterstock.com/

Saat sedang hamil dan menyusui, ada banyak bahan dalam produk yang harus dihindari. Itulah sebabnya, produk perawatan kulit harus benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu kondisi kehamilan.

Biasanya, setelah trimester pertama, wanita hamil akan memiliki lebih banyak energi. Ia bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bercahaya, serta rambut dan kuku yang menjadi lebih kuat.

4 dari 6 halaman

Menurut April Roberts, pelatih kepala di merek perawatan kulit Sisley di Australia dan Selandia Baru, warna kulit dan pigmentasi tidak merata merupakan masalah umum yang dihadapi wanita usai melahirkan.

" Salah satu cara untuk mengurangi kondisi ini adalah dengan memasukkan produk perawatan kulit yang mencerahkan ke dalam rutinitas Anda dan memastikan Anda memakai pelindung harian untuk melindungi kulit Anda dari lingkungan," jelasnya.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Tampil Glowing saat HamilIlustrasi Tampil Glowing saat Hamil © shutterstock.com/g/

Merawat kulit dengan lembut selama hamil adalah hal yang penting agar penampilan tetap glowing dan bercahaya. Kuncinya ada pada hidrasi dan kebersihan yang terjaga.

" Hidrasi adalah kunci, daripada mencoba melakukan sesuatu yang terlalu aktif, karena hormon dapat membuat sensitif. Jangan lupakan SPF, karena melindungi kulit itu penting," ujar Kattie Matten.

" Pastikan Anda memasukkan vitamin ke dalam kulit agar bercahaya daripada eksfoliasi berlebihan, dan buat rutinitas pembersihan selama kehamilan dan seterusnya. Rutinitas pembersihan yang baik berarti kulit dapat berfungsi lebih baik dengan sendirinya," pungkasnya.

Beri Komentar