Tak Hanya Sinar Matahari, Paparan Sinar Gadget Juga Berisiko untuk Kesehatan Kulit Wajah

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 2 Februari 2022 08:15
Tak Hanya Sinar Matahari, Paparan Sinar Gadget Juga Berisiko untuk Kesehatan Kulit Wajah
Yuk, proteksi kulit baik di luar maupun di dalam ruangan.

Menjalani aktivitas di luar ruangan saat ini menjadi hal yang sangat dirindukan bagi sebagian orang, namun kondisi pandemi masih membuat aktivitas kita terbatas. Beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung sebenarnya berisiko pada kondisi kulit.

Namun, hal ini bukan berarti beraktivitas di dalam ruangan lebih memiliki sedikit risiko lho! Terutama bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan gadget atau smart device yang memilki paparan sinar Bluelight.

Saat ini sudah banyak edukasi yang bisa kita temukan terkait paparan sinar matahari dan dampak buruknya bagi kesehatan kulit wajah. Namun belum banyak yang menyinggung dampak besar dari paparan sinar Bluelight yang sama membahayakannya untuk kesehatan kulit wajah.

1 dari 4 halaman

Perbedaan Sinar UVA, UVB dan Bluelight

Ilustrasi Terpapar Sinar Matahari © Diadona

Matahari memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan hidup manusia, mulai dari menjadi sumber tenaga listrik hingga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, paparan sinar matahari secara langsung bisa juga memberikan dampak buruk khususnya pada kondisi kulit kita.

Pancaran matahari memiliki 2 jenis sinar berbeda yang berdasarkan pada panjang gelombangnya, jenis sinar matahari yang umumnya kita ketahui adalah UVA dan UVB. Sinar UVA memiliki gelombang yang lebih panjang sementara UVB gelombangnya lebih pendek. Semakin pendek tingkat gelombang yang dihasilkan maka akan semakin pendek pula tingkat radiasi dan semakin panjang gelombangnya maka semakin besar pula dampak buruk yang dapat mempengaruhi kondisi kulit kita.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Main Ponsel © Diadona

Ternyata paparan sinar ini nggak cuma dihasilkan dari alam saja, tapi juga dari pantulan sinar yang dihasilkan oleh gadget yang kita gunakan sehari-hari. Bluelight atau sinar biru adalah pancaran cahaya buatan yang dihasilkan dari perangkat digital seperti TV, laptop, smartphone dan beragam gadget lainnya. Penggunaan gadget yang terlalu lama tidak hanya merugikan kondisi mata tetapi juga kondisi kulit karena bluelight memiliki kemampuan menembus lapisan dermis kulit.

Jika sebelumya UVA dan UVB memiliki dampak yang menurunkan kualitas kulit kita mulai dari kulit menjadi kering hingga paling terburuk adalah kanker kulit, sama halnya dengan Bluelight yang mampu berdampak pada penuaan dini, menghambat regenerasi kulit, dan terjadilah pigmentasi.

3 dari 4 halaman

Proteksi Kulit dari Paparan Sinar di Luar Maupun Dalam Ruangan

Y.O.U Triple UV Elixir © Diadona

Kesadaran akan bahaya bluelight yang dihasilkan gadget ini belum begitu besar jika dibandingkan dengan bahaya UVA dan UVB. Faktanya, jika sebelumnya kita hanya menggunakan sunscreen sebagai proteksi kulit saat beraktivitas di luar ruangan, maka saat ini penggunaannya pun bisa ditingkatkan saat kita berada di dalam ruangan yang selalu terpapar oleh bluelight saat menggunakan gadget.

Dari fakta tersebut ternyata ancaman UVA, UVB dan sinar biru ini sangat berpotensi merugikan kulit kita yah! Oleh karena itu, penting banget untuk selalu menggunakan sunscreen yang memiliki SPF tinggi serta kandungan bahan alami yang dapat sekaligus memberikan lebih banyak manfaat dari efek paparan sinar. Sebagai opsi, Y.O.U Triple UV Elixir SPF 50+ PA++++ bisa dijadikan andalan untuk menemani aktivitas di luar maupun dalam ruangan.

4 dari 4 halaman

Y.O.U Triple UV Elixir © Diadona

Tak hanya SPF-nya yang tinggi, produk ini juga memiliki manfaat menutrisi kulit dan menjaga kelembapan dengan kandungan Allantoin, Niacinamide, Vitamin E, dan Centella Asiatica. Selain itu, teksturnya yang ringan dan berbahan dasar air memiliki keunggulan yang cepat meresap dan nyaman tanpa meninggalkan residu putih pada kulit, serta kandungan Menthol yang memberikan efek dingin dan menyegarkan.


So, tunggu apa lagi? Segera cobain Y.O.U Triple UV Elixir SPF 50+ PA++++ dan rasakan manfaat terbaiknya!

Beri Komentar