Sudah Tahu Standar Kecantikan di Berbagai Negara? Yuk, Simak Faktanya!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 1 Maret 2024 09:31
Sudah Tahu Standar Kecantikan di Berbagai Negara? Yuk, Simak Faktanya!
Selain di Indonesia, standar kecantikan memiliki arti yang berbeda di berbagai negara. Yuk cari tahu fakta standar kecantikan di berbagai negara.

Dalam dunia kecantikan, seringkali standar kecantikan dijadikan penilaian dalam sebuah penampilan. Hal ini membuat banyak orang, khususnya perempuan menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Alhasil banyak para perempuan ingin mengubah bentuk dirinya agar sesuai dengan standar kecantikan.

Setiap negara pasti memiliki perbedaan pada standar kecantikan. Bagi masing-masing negara, standar kecantikan memiliki definisi dan arti yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu mengetahui standar kecantikan dari beberapa negara agar kamu mengerti definisi cantik itu sangatlah luas.

Berikut beberapa ulasan tentang standar kecantikan di berbagai negara.

 

1 dari 6 halaman

Korea Selatan

Standar Kecantikan di Korea Selatan © Diadona© promediateknologi.id

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menjadikan standar kecantikan sebagai penilaian penampilan bagi para kaum wanita. Standar kecantikan di negara ini yaitu kulit yang cerah, halus, dan bebas dari noda. Selain itu, mata yang besar, hidung mancung, bibir tipis, dan dagu yang berbentuk V juga membuat penampilan wanita Korea Selatan menjadi lebih mempesona. 

Standar kecantikan di negara Korea Selatan yang cukup tinggi, para wanita rela mengeluarkan uang yang cukup mahal untuk perawatan wajah dan kulit. Sehingga tak heran jika para wanita di Korea Selatan akan mengubah penampilannya dengan operasi plastik, slimming, atau beauty treatment lainnya. 

Klinik kecantikan yang sangat banyak dan produk-produk yang canggih membuat para wanita tertarik dengan beauty treatment di Korea Selatan hanya untuk sesuai dengan standar kecantikan yang ada di Korea Selatan.

Jepang

Standar Kecantikan di Jepang © Diadona© photo/stage48/Itano Tomomi

Standar kecantikan di negara Jepang memperlihatkan wanita berdasarkan kontur wajah, bentuk kaki, warna kulit, dan struktur gigi. Dengan kontur wajah yang kecil, kaki yang jenjang, dan gigi yang gingsul, para wanita di Jepang dikenal dengan wajah yang imut dan polos. 

Gigi gingsul menjadi standar kecantikan yang unik dari negara Jepang. Dengan adanya gigi gingsul, wanita di Jepang akan terlihat lebih muda saat tersenyum. Sehingga tak heran jika banyak wanita Jepang yang membuat gigi taringnya agar menyerupai gigi gingsul. 

Jadi, buat kamu yang memiliki gigi gingsul, kamu tidak perlu merasa kurang cantik ya, Diazens.  

2 dari 6 halaman

Brazil

Standar Kecantikan di Brazil © Diadona© stock.adobe.com

Berbeda dengan yang lain, standar kecantikan di negara Brazil yaitu bentuk tubuh yang berisi dan berbentuk kurva. Para wanita Brazil mengagumi bentuk tubuh yang berisi, berotot, dan bagian pinggul yang berbentuk melengkung serta payudara yang besar. 

Selain itu, standar kecantikan di negara Brazil juga menganggap warna kulit yang eksotis atau berwarna coklat keemasan itu sangat menarik. Sehingga jika kamu memiliki warna kulit yang eksotis, kamu tidak perlu khawatir dan merasa kurang cantik. Karena kamu akan disukai oleh masyarakat Brazil. 

Perancis

Standar Kecantikan di Prancis © Diadona© tstatic.net

Kesan alami dan gaya yang effortless sering dianggap sebagai standar kecantikan di negara Perancis. Kulit yang sehat dan bercahaya, rambut yang tampak seperti tidak dirawat, dan makeup yang minimalis adalah ciri khas dari kecantikan wanita Perancis.

Selain itu, jika di negara lain bintik hitam atau freckles perlu ditutupi namun di negara Perancis hal tersebut berkebalikan. Para wanita Perancis menyukai adanya bintik hitam atau freckles di wajah mereka. Sehingga mereka tidak akan menghilangkan dan justru akan membuat bintik hitam di wajah mereka untuk memenuhi standar kecantikan yang ada di Filipina.

3 dari 6 halaman

India

Standar Kecantikan di India © Diadona© telegraphindia.com

Rambut yang panjang dan hitam dianggap sebagai standar kecantikan di negara India. Para wanita India akan memanjangkan rambutnya agar dirinya dianggap cantik, sehingga tak heran jika kamu mungkin jarang melihat wanita India yang berambut pendek.

Selain itu, wanita di India suka memakai banyak perhiasan dan suka merias wajah yang terlihat bold. Dengan wajah yang simetris, mata besar dan ekspresif, standar kecantikan di negara India berbeda dengan negara lainnya. Dan juga, yang tidak boleh terlupakan, wanita India juga suka memakai henna di tubuhnya. 

Amerika Serikat

Standar Kecantikan di Amerika Serikat © Diadona© stock.adobe.com

Para wanita di Amerika Serikat memiliki warna kulit yang putih pucat. Tapi siapa sangka, mereka justru lebih menyukai warna kulit gelap sebagai standar kecantikan di Amerika Serikat. Banyak wanita di Amerika Serikat banyak yang ingin mengubah warna kulitnya dengan berjemur di bawah terik matahari. 

Sebenarnya, negara Amerika Serikat memiliki standar kecantikan yang bervariasi sehingga tidak ada dominasi standar kecantikan bagi para wanita, namun kulit yang sehat menjadi poin penting dari penampilan kamu.

4 dari 6 halaman

Filipina

Standar Kecantikan di Filipina © Diadona© istockphoto.com

Standar kecantikan di Filipina memiliki kemiripan dengan negara Brazil. Kulit yang sawo matang atau berwarna coklat keemasan lebih menarik daripada warna kulit putih. Selain itu, bentuk tubuh yang berisi dan berbentuk kurva juga dianggap lebih menarik.

Tak hanya itu saja, rambut panjang yang hitam dan sehat sering dianggap sebagai lambang kecantikan di Filipina. Gigi yang runcing juga akan membuat wanita di Filipina menjadi semakin cantik. Alhasil, para wanita di Filipina akan memelihara rambut mereka dengan baik dan meruncingkan gigi mereka untuk memenuhi standar kecantikan di negara Filipina. 

New Zealand 

Standar Kecantikan di New Zealand © Diadona© vultrobjects.com

Tradisi Ta-Mako merupakan tradisi suku Maori yang menjadikan tato sebagai standar kecantikan bagi perempuan di sana. Tak hanya para wanita saja, para pria juga akan membuat tato untuk menandakan seseorang termasuk dalam kelompok suku Maori. 

Dalam membuat tato tersebut, mereka biasanya menggunakan tinta hitam atau biru tua untuk menggambarkannya. Tak hanya sebagai standar kecantikan saja, tetapi tato tersebut juga sebagai kartu identitas.

5 dari 6 halaman

Myanmar

Standar Kecantikan di Myanmar © Diadona© myedisi.com

Bagi para wanita di Myanmar, khususnya suku Kayan, memiliki leher yang panjang merupakan standar kecantikan di negara Myanmar. Salah satu tradisi yang dilakukan untuk membuat leher mereka panjang yaitu memberi cincin kuningan di leher mereka. 

Semakin tinggi cincin kuningan tersebut maka mereka akan dianggap semakin cantik dan elegan. Tak hanya sebagai standar kecantikan saja, tetapi leher panjang dianggap sebagai simbol kesejahteraan, sehingga mereka tidak dapat melepaskan cincin kuningan tersebut. 

Afrika 

Standar Kecantikan di Afrika © Diadona© static.promediateknologi.id

Standar kecantikan di negara Afrika memiliki keunikan dari pada negara yang lainnya. Adanya tradisi yang mengharuskan melubangi bibir dan telinga agar dapat dimasukkan piringan atau lempengan. Dengan semakin lebarnya bibir, dan daun telinga yang semakin panjang maka akan semakin cantik.

Selain sebagai tanda kecantikan dan keanggotaan suku, melobangkan bibir dan telinga memiliki arti sebagai simbol kedewasaan. Dan ternyata hal ini tidak hanya dilakukan oleh para wanita saja, tetapi juga para pria turut serta dalam tradisi tersebut.

6 dari 6 halaman

Nah itu dia beberapa standar kecantikan yang ada di beberapa negara. Penting untuk diingat bahwa setiap negara memiliki standar kecantikan dan arti yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu memahami bahwa standar kecantikan tidak selalu yang bertubuh ramping, wajah tirus, kulit putih, atau yang lainnya.

Jadi, jangan salah paham lagi ya, Diazens!

 

Editor: Eunike Jeannette Siregar

 

Beri Komentar