Selain Pakai Sampo, 5 Bahan Alami ini Ternyata Juga Ampuh Hempaskan Ketombe

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 6 April 2021 17:15
Selain Pakai Sampo, 5 Bahan Alami ini Ternyata Juga Ampuh Hempaskan Ketombe
Sesekali perlu dicoba nih, dijamin aman kok..

Salah satu permasalahan yang sering menimpa rambut dan kulit kepala adalah munculnya ketombe. Kadangkala, munculnya ketombe dibarengi dengan rasa gatal yang bisa menimbulkan iritasi.

Selama ini, ketombe hanya bisa dilawan dengan sampo yang sesuai. Padahal nyatanya, ketombe juga bisa dihempaskan dengan berbagai bahan alami loh.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ada 5 bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi ketombe. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Minyak Serai

Ilustrasi Minyak SeraiIlustrasi Minyak Serai © shutterstock.com/id/g/Junjira Limcharoen

Melansir dari Medical News Today, minyak serai ternyata memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa mencegah timbulnya ketombe. sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015 pun menemukan fakta bahwa tonik rambut yang mengandung 10% minyak serai bisa mengurangi ketombe sampai 18% setelah 2 minggu pemakaian.

Meski demikian, pemakaian minyak serai nggak bisa sembarangan karena bisa menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit. Sebaiknya, campurkan minyak serai dengan air atau bahkan langsung dengan sampo sebelum dioleskan pada kulit kepala.

2 dari 6 halaman

2. Jahe

Ilustrasi JaheIlustrasi Jahe © shutterstock.com/id/g/pilipphoto

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang ternyata bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, jahe juga punya kandungan antiseptik yang bisa mengatasi ketombe.

Ada 2 cara yang bisa kamu praktikkan, yakni menggunakan minyak jahe atau campuran jahe parut dengan minyak zaitun atau minyak wijen. Balurkan ramuan tersebut pada kulit kepala, diamkan 15-25 menit, lalu bilas air bersih. Kamu bisa mengulangi sampai 2 kali dalam seminggu untuk terbebas dari ketombe.

3 dari 6 halaman

3. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak KelapaIlustrasi Minyak Kelapa © @istockphoto

Minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO) memiliki kandungan utama asam laurat yang bersifat antibiotik, anti bakteri, dan anti jamur. Dengan kandungan tersebut, tentunya minyak kelapa bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit kering yang jadi penyebab munculnya ketombe.

Cara pemakaiannya juga gampang banget kok. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit kepala kira-kira 5 menit sebelum keramas. Lakukan cara ini secara rutin untuk melembapkan kulit kepala dan mencegah datangnya ketombe.

4 dari 6 halaman

4. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi Lidah Buaya © Aradbranding.com

Selama ini lidah buaya dipercaya untuk menenangkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut, tapi ternyata ada manfaat lain yang gak kalah penting loh. Lidah buaya ternyata memiliki kandungan enzim proteolitik yang bisa memperbaiki sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Lidah buaya yang diaplikasikan pada area tersebut mampu melembapkan kulit, sekaligus mengurangi penumpukan kulit mati yang berpotensi jadi ketombe. Lakukan perawatan ini secara rutin agar kulit kepala selalu bersih dan terbebas dari ketombe.

5 dari 6 halaman

5. Tea Tree Oil

Ilustrasi Tea Tree OilIlustrasi Tea Tree Oil © shutterstock.com/id/g/AmyLv

Tea tree oil memang kerap jadi andalan untuk mengatasi jerawat, tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyebab timbulnya ketombe. Sebuah penelitian di Universitas Toronto mengungkap fakta bahwa tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang efektif dalam melawan jamur penyebab ketombe.

Tea tree oil juga bisa menyerap minyak berlebih sehingga rasa gatal di kulit bisa dihindari. Namun pemakaiannya nggak bisa secara langsung, karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Caranya yakni dengan mencampurkannya dengan minyak lain seperti minyak kelapa, baru dibalurkan di kulit kepala.

Beri Komentar