Keramas Pakai Air Garam Ternyata Bermanfaat Banget loh, Udah Tahu Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 22 Januari 2021 14:15
Keramas Pakai Air Garam Ternyata Bermanfaat Banget loh, Udah Tahu Belum?
Ini nih sederet manfaatnya..

Hampir semua perempuan pasti pengen punya rambut yang indah, sehat, dan berkilau. Berbagai perawatan pun dilakukan untuk mewujudkannya.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada bumbu dapur yang diam-diam punya manfaat spesial untuk rambut loh! Sebuah penelitian menyatakan bahwa garam yang sudah dilarutkan dalam air ternyata memberi dampak baik untuk pertumbuhan rambut.

1 dari 4 halaman

Melansir dari Hair Guard, air garam biasnya memiliki konsentrasi mineral dan vitamin yang tinggi. Di dalamnya juga terdapat kandungan kalium dan selenium yang ternyata bermanfaat untuk mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala.

Ilustrasi Garam © Diadona

Mineral yang terserap ke kulit kepala akan menghasilkan efek antibiotik yang bisa mengatasi permasalahan kulit seperti eksim dan psoriasis. Keramas menggunakan air garam akan menyerap minyak berlebih di kulit kepala, sekaligus menghilangkan unsur-unsur berbahaya yang menempel di rambut maupun kulit kepala.

2 dari 4 halaman

Vitamin seperti magnesium, potasium, dan selenium yang terkandung pada air garam pun bisa menjaga kesehatan rambut. Aliran darah di kulit kepala lebih lancar, sehingga nutrisi yang masuk melalui folikel bisa membuat rambut jadi lebih sehat.

Selain itu keramas dengan air garam ternyata bermanfaat untuk menenangkan kulit dari kondisi gatal-gatal dan kering. Ketombe yang muncul akibat jamur pun bisa terhempas jika kamu keramas dengan air garam.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Menambahkan Garam pada Air © Diadona

Cara termudah untuk mengaplikasikannya yakni dengan menambahkan 3 sendok makan garam laut ke dalam air yang sudah dipanaskan. Tunggu sampai suhunya hangat atau mendekati normal, kemudian gunakan air tersebut untuk membilas rambut dan kulit kepala.

Kamu bisa mendiamkannya beberapa saat, sambil memberi pijatan ringan sekitar 6-8 menit. Jika sudah kamu bisa membilas rambut dengan air dingin.

Beri Komentar