Kapan sih Waktu yang Tepat Buat Ganti Sisir?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 18 Februari 2021 18:15
Kapan sih Waktu yang Tepat Buat Ganti Sisir?
Ini loh tanda-tanda kamu perlu segera ganti sisir.

Sisir adalah salah satu benda yang rutin kita gunakan setiap hari. Ada yang menggunakannya satu sampai dua kali sehari, tapi ada juga yang sering menggunakannya untuk merapikan rambut.

Dengan kondisi yang sering dipakai, tentu sisir menjadi salah satu benda yang mudah menyimpan debu dan bakteri. Itu sebabnya, sisir juga perlu dicuci atau bahkan diganti loh..

Lantas, kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti sisir? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Tergantung masalah rambut yang dialami

Ilustrasi Menyisir Rambut © Diadona

Dawn Clemens, seorang hairstylist asal Amerika Serikat, menyebut jika sisir sebaiknya diganti sesering mungkin sesuai masalah rambut yang dialami. Apalagi jika kamu berhadapan dengan masalah ketombe, maka sebaiknya ada sisir cadangan yang kamu gunakan.

Melansir dari Byrdie, sisir cadangan itu perlu banget loh. Sebab, menyisir rambut berketombe dengan sisir yang sama berulang kali, hanya akan membuat ketombe kembali lagi ke rambut.

2 dari 4 halaman

2. Jika sisir mulai berubah bentuk dan fungsi

Ilustrasi menyisir rambut © Diadona

Seorang hair expert dan cosmetologist bernama Ghanima Abdulla menyarankan agar segera mengganti sisir jika sikat-sikatnya mulai mengalami perubahan bentuk. Biasanya, jika sikat sisir mulai bengkok maka bisa merusak batang rambut dan membuatnya jadi lebih rapuh. Sedangkan jika sikat sisir patah, maka bisa menyakiti kulit kepala dan membuat rambut terasa seperti ditarik saat disisir.

Sabit Hantal, seorang hairstylist sekaligus founder SH Fifth Avenue Salon juga menyarankan agar sisir segera diganti jika fungsinya tidak lagi maksimal. Misalnya saat kamu merasa kesulitan menata rambut dengan sisir, sampai-sampai butuh bantuan hairdryer atau catokan, kayaknya lebih baik segera ganti sisir deh!

3 dari 4 halaman

3. Idealnya diganti 6-12 bulan sekali

Ilustrasi Menyisir Rambut © Diadona

Dawn Clemens menyarankan agar setidaknya sisir diganti kira-kira 6-12 bulan sekali. Apalagi jika sisir terbuat dari plastik atau karet, maka penggantian harus dilakukan secara rutin.

Sebenarnya masa pakai sisir tergantung pada kualitas sikat, jenis sisir, tektur rambut, serta produk perawatan rambut yang digunakan. Meski nggak ada aturan tepat mengenai kapan sebaiknya sisir diganti, ada baiknya tetap rutin dilakukan untuk melindungi keindahan dan kesehatan rambut.

Beri Komentar