Sering Dialami, Makin Berumur Orang Jadi Lebih Susah Tidur Kenapa Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 19 Juni 2022 09:03
Sering Dialami, Makin Berumur Orang Jadi Lebih Susah Tidur Kenapa Ya?
Nggak kayak waktu kecil dulu, heran deh!

Beberapa orang yang saya pernah temui mengeluh, bahwa semakin bertambah umurnya ia, semakin dia sulit tidur. Dulu ketika masih bocah kecil, jam delapan malam atau sembilan malam pasti sudah tidur. Kalau dipikir-pikir, saya juga merasakan demikian ternyata. Tapi sebenarnya apakah emang faktor umur menentukan sulit atau nggaknya kita tidur?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita InsomniaIlustrasi Wanita Insomnia © 2019 https://www.diadona.id/medicalnewstoday.com

Ternyata, melansir dari Medlineplus.gov, Keluhan susah tidur saat umur sudah mulai matang benar adanya guys. Tapi kenapa ya?

Seiring bertambahnya, pola tidur seseorang akan cenderung berubah. Banyak orang yang menyadari bahwa ternyata menua merupakan alasan kenapa mereka sulit tidur. Mereka terjaga selama malam hari dan terbangun lebih dulu di pagi hari.

2 dari 5 halaman

Sebuah artikel dari WebMD pun juga membenarkan hal tersebut. Semakin tua kita, pola tidur kita berubah. Waktu tidur jadi sedikit, sering terbangun di tengah-tengah tidur, jarang sekali tidur nyenyak atau bahkan sampai bermimpi, tak seperti orang-orang yang masih sangat muda.

Ada beberapa hal yang menjadikannya alasan kenapa hal ini bisa terjadi. Pertama bisa karena memang kebiasaan tidur kita saja yang buruk. Waktu tidur nggak jelas, begitu juga dengan waktu bangunnya. Gak beraturan pokoknya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi InsomniaIlustrasi Insomnia © 2021 https://www.unsplash.com/Megan te Boekhorst

Terus bisa juga karena khawatir dan cemas. Semakin tua, banyak yang terjadi dalam hidup. Sebagian memang positif, tapi tentu saja tak sedikit yang mendapatkan pengalaman negatif. Akibatnya, susah tidur pun bisa menghantui.

Terakhir juga bisa karena terkena gangguan tidur atau sleep disorder. Tak hanya insomnia, tapi juga bisa apnea, sindrom kaki gelisah, gangguan tungkai periodik, dan gangguan perilaki REM.

4 dari 5 halaman

Jadi, bertambahnya umur buat kamu susah tidur itu emang udah umum, Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa mendapatkan tidur berkualitas, ya!

Beri Komentar