Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Moisturizer Punya 3 Jenis yang Berbeda loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 5 Agustus 2022 16:15
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Moisturizer Punya 3 Jenis yang Berbeda loh!
Yuk, kenali dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

Moisturizer merupakan salah satu basic skincare yang nggak boleh dilewatkan. Secara umum, moisturizer diformulasikan untuk melindungi kulit dan menjaganya tetap lembap dan ternutrisi.

Namun, kamu tau nggak sih kalau moisturizer ternyata punya beberapa tipe? Setiap tipe moisturizer memiliki kandungan berbeda yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Penasaran apa saja, simak ulasan selengkapnya yaa~

1 dari 4 halaman

1. Humectant

Tipe moisturizer yang pertama adalah Humectant. Moisturizer bertipe humectant ini seringkali disebut sebagai water-based moisturizer.

Moisturizer yang satu ini berfungsi menarik air yang dibutuhkan kulit agar kulit nggak mengalami dehidrasi. Moisturizer humectant cocok digunakan pada jenis kulit berminyak.

Tipe humectant pun punya dua jenis ingredient, yakni natural dan sintetic. Natural humectant biasanya mengandung aloe vera, seaweed, alpha hydroxy acid, dan glycerin. Sedangkan sintetic humectant mengandung sorbitol, butylene glycol, dan sodium PCA.

2 dari 4 halaman

2. Emmolient

Tipe moisturizer yang kedua adalah Emmolient. Tipe yang satu ini sudah banyak diperbincangkan, dan biasanya diperuntukkan bagi pemilik kulit kering.

Emmolient moisturizer memiliki fungsi untuk melembapkan kulit dengan cara mengisi bagian-bagian sel kulit yang kosong. Jika menilik dari kandungannya, emmolient moisturizer biasanya diperkaya dengan oil, vegetable oil, sunflower seed oil, jojoba oil, shea butter, dan lanolin.

3 dari 4 halaman

3. Occlusive

Tipe moisturizer yang ketiga adalah Occlusive. Moisturizer yang satu ini bekerja dengan cara mengunci kelembapan dalam kulit, sekaligus membuat lapisan di atas kulit untuk mencegah menguapnya kadar air dari kulit.

Occlusive moisturizer cocok untuk beberapa area kulit yang mudah kering, mengelupas, bersisik, atau mengalami iritasi. Biasanya diaplikasikan di area siku, lutut, atau bibir.

Moisturizer yang satu ini mengandung petroleum jelly, dimethicone (silikon), beeswax, cocoa butter, soybean oil, olive oil, dan mineral oil.

Beri Komentar