Mengenal Teknik Moisture Sandwich, Cara Terbaik untuk Menghidrasi Kulit Kering

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 23 Juli 2021 09:15
Mengenal Teknik Moisture Sandwich, Cara Terbaik untuk Menghidrasi Kulit Kering
Emang gimana sih cara kerja teknik ini?

Dunia kecantikan terus mengalami perubahan dan perkembangan. Terbukti dari munculnya banyak istilah baru yang berkaitan dengan perawatan kulit.

Melansir dari Byrdie, ada satu istilah yang sedang ramai diperbincangkan netizen, yakni Moisture Sandwich. Pendiri dan CEO Dieux Skin yakni Charlotte Palermino pun menjelaskan tren kecantikan yang satu ini.

Sesuai namanya, Moisture Sandwich mengacu pada proses pelapisan produk perawatan kulit. Teknik ini bertujuan untuk menjebak air di kulit dan sebisa mungkin mengurangi hilangnya air di lapisan transepidermal.

1 dari 5 halaman

Cara kerjanya yakni dengan mengaplikasikan produk yang lebih ringan dan berair pada kulit lembap, kemudian dilapisi dengan produk yang lebih tebal. Cara ini akan membuat kandungan air bisa terperangkap lebih lama, sehingga kulit jadi lebih sehat dan terhidrasi.

Meski tujuan utamanya untuk menghidrasi kulit, teknik ini punya praktik/cara yang berbeda pada masing-masing area. Teknik Moisture Sandwich ini diterapkan secara berbeda pada area bibir dan kulit wajah.

2 dari 5 halaman

Moisture Sandwich pada area bibir

Ilustrasi Memakai Lip BalmIlustrasi Memakai Lip Balm © shutterstock.com/id/g/belchonock

Untuk menerapkan teknik ini pada bibir, lebih dulu basahi bibir dengan air. Kemudian oleskan pelembap sederhana, lalu lapisi lagi dengan lip balm. Dengan membasahi bibir, pelembap lebih mudah terserap. Sedangkan penambahan lip balm akan mengunci kelembapan dan hidrasi dalam bibir.

3 dari 5 halaman

Moisture Sandwich pada kulit wajah

Ilustrasi Memakai MoisturizerIlustrasi Memakai Moisturizer © shutterstock.com/id/g/aslysun

Teknik Moisture Sandwich pada kulit wajah sebaiknya diterapkan seusai mandi ketika kondisinya masih lembap usai terkena air. Pertama aplikasikan moisturizer, kemudian lanjutkan dengan face oil. Namun kamu perlu berhati-hati dalam mengaplikasikan teknik ini karena bisa memperburuk jerawat yang ada.

4 dari 5 halaman

Manfaat melakukan teknik Moisture Sandwich

Memasukkan teknik Moisture Sandwich dalam rutinitas perawatan kulit bisa memberi beragam manfaat. Secara utama teknik ini memang untuk menghidrasi dan melembapkan kulit, namun bisa juga memberi manfaat untuk pengaplikasian skincare lainnya.

Kulit akan semakin terlindungi, lebih terhidrasi, serta lebih glowing. Penyerapan skincare akan lebih maksimal, serta pengaplikasian makeup akan lebih paripurna.

5 dari 5 halaman

Sebagai tips, ada beberapa bahan yang perlu diperhatikan lagi cara kerjanya. Seperti retinol, exfoliating acid, dan sejenisnya bisa berpotensi menimbulkan jerawat bagi kulit yang rentan berjerawat dan sensitif.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Beri Komentar