Mana yang Lebih Baik, Waxing atau Cukur Ketiak? Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 April 2024 14:03
Mana yang Lebih Baik, Waxing atau Cukur Ketiak? Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya!
Ingin menghilangkan bulu ketiak tapi bingung mau pilih cukuran waxing? Simak penjelasannya untuk tahu mana yang lebih baik dan aman.

Bulu ketiak sering kali membuat banyak orang, khususnya wanita, menjadi kurang pede dengan penampilan mereka. Untuk menggunakan baju yang terbuka, para wanita akan menghilangkan bulu ketiak agar penampilan mereka terlihat bersih. 

Terdapat dua metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, yaitu waxing dan cukuran. Walaupun tujuannya sama, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menurut kamu, mana yang lebih aman dan baik untuk ketiak kamu? Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, simak penjelasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Perbedaan Waxing dan Cukur Ketiak

Lebih Baik Waxing Atau Cukur Ketiak © Diadona

Waxing merupakan metode menghilangkan rambut dengan cara menggunakan cairan dan kertas khusus. Cairan tersebut terbuat dari madu dan gula yang akan dilekatkan pada rambut ketiak dan dicabut dengan kertas wax. Sementara, cukur atau shaving merupakan metode penghilang rambut dengan menggunakan alat cukur konvensional. 

Kelebihan dan Kekurangan Cukur atau Shaving

Lebih Baik Waxing Atau Cukur Ketiak © Diadona

Metode cukur ini dapat menghilangkan rambut ketiak dengan cepat, mudah, dan tak memerlukan keterampilan khusus. Tak memerlukan biaya yang mahal, dengan penggunaan pisau cukur kamu dapat menghilangkan rambut di ketiak tanpa rasa sakit. 

Namun, di samping itu, cukur atau shaving dapat menyebabkan ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam jika mencukur ketiak dengan cara yang salah. Selain itu, gesekan antara pisau cukur dengan ketiak akan menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Tak hanya itu saja, hasil dari cukur rambut ini juga tidak tahan lama karena pisau cukur hanya menghilangkan rambut di bagian permukaan saja. 

2 dari 3 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Waxing

Lebih Baik Waxing Atau Cukur Ketiak © Diadona

Berbeda dengan cukur atau shaving, metode ini dapat menghilangkan rambut ketiak hingga ke akarnya sehingga ketiak kamu akan terbebas dari rambut dalam waktu yang lama. Dengan waxing, kamu akan mendapatkan kulit yang lebih halus dan bersih karena waxing menghilangkan sel-sel kulit mati di area ketiak kamu. Selain itu, waxing juga bisa memperlambat pertumbuhan rambut baru, mengurangi ketebalan rambut, mengurangi risiko kulit gelap, dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih halus dan sedikit. 

Walaupun kulit kamu akan terbebas dari rambut dalam waktu yang lama, kamu memerlukan biaya yang lebih mahal daripada shaving. Selain itu, kamu perlu menahan rasa sakit atau ketidaknyamanan akibat tertariknya rambut dari cairan wax. Setelah waxing, kamu juga akan mengalami nyeri atau kemerahan pada area ketiak tergantung kondisi kulit. 

Waxing atau Cukur, Mana yang Lebih Baik?

Lebih Baik Waxing Atau Cukur Ketiak © Diadona

Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun ternyata waxing memiliki keunggulan yang lebih baik daripada cukur. Dengan waxing kamu akan mendapatkan hasil yang halus dan bersih. Walaupun memiliki harga yang lebih mahal, namun waxing lebih praktis dan tahan lama daripada cukur. 

3 dari 3 halaman

Nah informasi di atas dapat menjadi pertimbangan kamu ketika ingin menghilangkan rambut di ketiak. Kamu dapat memilih metode yang kamu inginkan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Pastikan kamu merawat kulit ketika setelah melakukan waxing ataupun cukur agar kulit ketiak kamu tetap bersih, cerah, dan harum. Gimana, lebih suka waxing atau cukuran nih?

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar