Kulit Kepala Juga Perlu Eksfoliasi, Begini Cara dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 16 November 2022 16:11
Kulit Kepala Juga Perlu Eksfoliasi, Begini Cara dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!
Buruan cobain deh~

Mendengar kata eksfoliasi, pasti sebagian orang langsung teringat pada perawatan kulit terutama wajah. Nyatanya, eksfoliasi nggak cuma untuk kulit wajah loh, tapi juga perlu dilakukan pada kulit kepala.

Eksfoliasi pada kulit kepala bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mengangkat build-up hair products, mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah gatal, serta mencegah munculnya ketombe. Menurut dr Erum Ilyas, MD, ahli dermatologi di Pennsylvania, seiring berjalannya waktu, resido dari penggunakan produk perawatan rambut memang akan menumpuk pada kulit kepala.

1 dari 4 halaman

Eksfoliasi pada kulit kepala jadi salah satu hal yang penting banget. Selain menghindarkan dari permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, rutin eksfoliasi kulit kepala juga menjadi kunci rambut sehat dan indah.

Lantas, seperti apa cara eksfoliasi kulit kepala yang tepat?

2 dari 4 halaman

Cara eksfoliasi kulit kepala

Ilustrasi Merawat RambutIlustrasi Merawat Rambut © shutterstock.com/g/

Langkah pertama yakni dengan menyikat lembut kepala menggunakan sikat kecil yang memang khusus untuk rambut. Bersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan pastikan terbebas dari kotoran sebelum kamu memakai produk eksfoliasi. Produk eksfoliasi pun biasanya dipakai ketika rambut dalam keadaan basah.

Selanjutnya, sisir rambut pakai jari dan lanjutkan dengan mengaplikasikan scalp treatment menggunakan tangan atau sikat halus. Kemudian, pijat kulit kepala dengan perlahan untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

3 dari 4 halaman

Manfaat eksfoliasi kulit kepala

Ilustrasi Merawat RambutIlustrasi Merawat Rambut © shutterstock.com/g/

Eksfoliasi kulit kepala diklaim bisa membantu rambut jadi lebih berkilau dan sehat dari dalam, tapi juga bisa memperkuat akar rambut, sekaligus mempercepat proses pertumbuhan rambut. Dengan pengangkatan sel kulit mati melalui proses eksfoliasi, akan lebih mudah terjadi regenerasi sel kulit baru. Selain itu, sirkulasi darah akan lebih lancar, sehingga anak rambut yang baru bisa tumbuh lebih kuat dan nggak bercabang.

Di sisi lain, rutin eksfoliasi juga bisa membuat hasil styling rambut jadi lebih tahan lama. Jika kamu sering melakukan blow dry, hasilnya juga lebih cantik dan awet. Kulit kepala yang bersih membuat rambut lebih mudah ditata dan cenderung lebih lama dalam mempertahankan bentuknya.

4 dari 4 halaman

Meski mudah dilakukan dan banyak manfaatnya, kamu cuma perlu melakukan eksfoliasi kulit kepala setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Kalau kamu kesulitan melakukannya secara mandiri di rumah, bisa banget untuk mendapatkan perawatan ini di salon.

Gimana, tertarik mencoba?

Beri Komentar